• Editor

Ganti Sendiri Baterai Remote Keyless Pakai Uang Logam

Pakai pecahan Rp 100 atau Rp 500 yang berbahan kuningan.

Ketika remote keyless pada posisi ‘on’ dan lampu merah berkedip-kedip, itu tandanya baterai mulai melemah. Jangan dibiarkan, karena keyless ignition bakal bermasalah ketika remote tidak berfungsi. Bakal susah kan?

Menurut Supriyono, dari bagian teknikal Suzuki Indrapura, Surabaya, banyak konsumen yang kurang paham makna kedipan itu.


“Termasuk juga bagaimana cara penggantian baterainya. Padahal itu bisa dilakukan sendiri. Mudah dan murah!” tutur Supriyono.


Mudah sebab remote bisa dibuka sendiri pakai uang koin,

dan murah karena harga baterai remote sangat terjangkau. “Bisa didapat di lapak-lapak tukang ganti baterai jam,” sahut Supriyono.

Namun Supriyono mengingatkan agar hati-hati saat buka remote, karena casing dari bahan plastik. Sementara uang koin dari logam. “Jadi kalau belum terbiasa, sebaiknya uang koin dilapis plastik biar bibir casing tidak luka. Tapi kalau sudah biasa, bisa langsung dibuka,” wanti Supriyono.


Oh ya, uang koin logam yang bisa dipakai adalah pecahan Rp 100 atau Rp 500 yang berbahan kuningan.


“Sebab kebetulan ukurannya pas dengan coakan pada bibir sebelah samping kiri casing remote,” kata Supriyono.


“Jadi uang logam tinggal disisipkan ke coakan casing remote, dan putar ke kanan pelan-pelan, sampai kotak terbuka. Setelah itu tinggal dicocokkan baterainya dan pasang kembali.”


Dan untuk menutup kembali casing, yang harus diperhatikan adalah, kedua bagian casing dipaskan dulu di bagian atas.

“Sebab di bagian atas, pada salah satu keping casing ini, ada microchip (berbentuk kotak kecil dengan nomor ID yang tak boleh hilang). Sementara pada keping yang satunya, di bagian atas ada coakan berbentuk kotak, yang pas dengan microchip itu ketika dua keping ini ditangkupkan,” tutup Supriyono.

Selamat mencoba!


Naskah & Foto: Indramawan