• Editor

Haris 'The Surfer'

“Semua motor buatan saya, harus lolos uji kelayakan jalan. Caranya ya dipakai surfing dulu..."

Adalah Haris Fatchurohman, builder Smokebelt Garage di Surabaya yang tak hanya piawai dalam membangun motor, tapi juga lihai dalam melakukan beberapa aksi stunt ride. Seperti surfing alias berdiri di atas motor tanpa pegang setang, atau bahkan tiduran di atas motor!

Bukan sekadar show-off dan hobi. Sebab menurutnya, 'surfing' ini juga berguna untuk mengetahui, apakah motor yang dibangunnya sudah memiliki geometri pas, sehingga tak hanya nyaman dibesut, tapi juga stabil dan lincah dalam bermanuver. Bahkan, ini sudah semacam proses QC (quality control) buat motor-motor buatan Smokebelt Garage.

“Semua motor rakitan saya, harus lolos uji kelayakan jalan. Caranya ya dipakai surfing dulu. Kalau terasa enggak seimbang, akan saya koreksi lagi setting roda dan kontruksi lainnya. Baru kalau semuanya sudah terasa sempurna, saya akan panggil owner-nya untuk ditanyakan kenyamanannya,” jelas Harris yang belajar stuntride sejak masih kecil menggunakan BMX dan skateboard.

Dengan cara ini, tak hanya konsumen yang terpuaskan. “Saya pribadi pun puas kalau motor seimbang. Ada something yang sulit untuk diungkapkan… Lebih pada kepuasan batin,” tutup Harris.


Smokebelt Garage

Jl. Kusuma No. 32B (Berbek), Waru

HP: 0897-9947-370


Naskah: Indramawan

Foto: Smokebelt Garage