• Editor

HD Softail Evo 1995 Ini Tampil Makin Lanang Setelah Diubah Jadi Bobber

"Pengerjaan HD Softail Evo 1995 Bobber ini tanpa merusak rangka orisinal." (Jonathan Evan - Minority Custom Motorcycle)

OTOPLUS-ONLINE I Mas Lanang, pemilik Harley-Davidson Softail Evo tahun 1995 ini pengin menyegarkan tampilan besutannya yang sudah berusia seperempat abad lebih itu.

Untuk itu dia ingin meng-custom motornya dan mempercayakan pengerjaan pada bengkel Minority Custom Motorcycle (MCM) di Surabaya yang digawangi Jonathan Evan.

Dari hasil obrolan disepakati untuk mengubah HD Softail Evo ini jadi bobber, dengan ban besar depan-belakang. "Kita pasangkan ban yang lebih besar, yaitu ukuran 500x16 depan-belakang agar motor terlihat lebih gagah," jelas Jonathan Evan yang akrab disapa Mas Jon.

Kemudian Mas Jon juga mengganti fender (sepatbor) belakang dengan model custom ducktail. "Tujuannya agar terlihat seperti bobber Jepang, dan dengan penambahan sissy bar untuk mengaitkan tas atau barang saat touring," imbuhnya.

Sementara untuk komponen bodi lainnya yaitu tangki, masih pakai orinya. "Cuma kita cat ulang saja dengan warna hijau yang segar, dan penambahan motif sederhana sehingga motor terkesan fresh," lanjut Mas Jon yang juga mengkrom ulang beberapa komponen lain.

Satu hal lagi menurut Mas Jon, keuntungan meng-custom HD Softail Evo ini rangka tidak perlu diubah sedikitpun, karena bawaannya sudah terlihat seperti chopper, dengan shockbreaker belakang orisinal yang tersembunyi.

"Jadi kita tinggal mengulik penempatannya saja agar motor terlihat gagah tanpa merusak rangka orisinal. Lalu kita ganti lampu depan menjadi lebih kecil agar terlihat simple, serta setir dan beberapa bagian yang kita custom ulang," kata Mas Jon.

Yang menarik dari custom project ini menurut Mas Jon adalah, bagaimana Mas Lanang selaku customer mempercayakan seluruh proses pengerjaan pada MCM.


Baca juga: H-D Sportster 883 Bisa Tampil Nakal ala Chopper Bobber dengan Rangka dan Bodi Orisinal


"Sehingga kami bebas mengaturnya sesuai style kami, sehingga kami sama-sama puas karena motor ini sekarang tampak segar dan semakin 'lanang' (laki)" pungkas Mas Jon.


Data modifikasi

Setir custom: MCM Lampu depan: aftermarket Silencer knalpot: aftermarket Ban depan-belakang: Shinko 500x16 Cat custom: MCM Jok custom: MCM Sissy bar custom: MCM Fender belakang custom: MCM


Basis motor: Harley-Davidson Softail Evo tahun 1995

Pemilik: Lanang

Bengkel: Minority Custom Motorcycle, Surabaya

IG: @minority_custom


Teks: Indramawan

Foto: Minority Custom Motorcycle