top of page
  • Gambar penulisEditor

H-D Sportster 883 Bisa Tampil Nakal ala Chopper Bobber dengan Rangka dan Bodi Orisinal

Minority Custom Motorcycle (MCM) meracuni pemilik Harley agar berani custom, tanpa harus merusak motor.

OTOPLUS-ONLINE I Custom project Sporster 883 ini bermula dari keinginan Jonathan Evan untuk keluar dari pakem kebanyakan modifikasi Harley-Davidson di Surabaya, yang menurutnya masih sekedar pasang aksesori plug and play.

"Sepengetahuan saya, orang Surabaya banyak yang punya H-D, tapi belum ada yang all-out main custom. Kebanyakan masih bermain variasi plug and play, dan sekadar pasang aksesoris," tutur pemilik bengkel Minority Custom Motorcycle (MCM) Surabaya ini pada OTOPLUS-ONLINE.

Karena itulah, Jon menjadikan H-D Sportster 883 tahun 2000 miliknya sendiri sebagai basis dalam proyek ini. "H-D ini kami buat, untuk menunjukkan bahwa di Surabaya, ada H-D yang berani di-custom habis, bukan sekadar pasang aksesori plug and play," tandas Jon.

Jon mengusung konsep chopper bobber kali ini, dan masih mempertahankan shockbreaker sebagai tumpuan kenyamanan saat berkendara.


Berikutnya rangka dibiarkan utuh alias 100% orisinal, tidak ada yang diubah. Kecurigaan OTOPLUS-ONLINE bahwa motor ini digunakan Jon untuk 'meracuni' pemilik Harley agar berani custom pun semakin kuat. Dan Jon memang akui itu.

"Kami memang berusaha memancing orang yang punya H-D, bahwa dengan rangka tetap ori, motor bisa dicustom sedemikian rupa, sehingga tampak gagah dan nakal!" senyum Jon.

Menurutnya, kalau ditanya proses mana yang paling sulit pengerjaannya, justru di bagian ini. "Bagaimana caranya tanpa melakukan pengerusakan rangka, dan tetap memakai bodi orisinal, tapi motor bisa terlihat keren dan nakal," mantap Jon.


Perubahan paling terlihat pada kaki-kaki. Seperti ban depan yang diganti menjadi ring 21 ala chopper, dengan teromol handmade. Tongkrongan chopper makin kuat setelah, fork depan ditinggikan 15cm, dan shockbreaker belakang dipendekkan 5cm.


Sementara ban belakang memakai ring 16 dengan pelek monoblok dari H-D Fatboy. "Selain itu, kami juga ubah sistem penggerak belt menjadi rantai," tutur Jon.


Agar ciri motor tidak hilang, tangki dan sepatbor belakang menggunakan komponen ori bawaan H-D Sporster 883 tahun 2000 ini. "Hanya kami berikan finishing ulang dengan cat yang lebih menarik," tunjuk Jon.


Bahkan demi mempertahankan ciri Sportster 883, Jon mengaku sempat beberapa kali ganti setang kemudi, karena kurang memperlihatkan aura dari motor ini sendiri.


Akhirnya dibuat sendiri setang handmade bikinan MCM dari bahan stainless tebal. "Saya rasa paling pas karena aura nakal dari motor ini jadi keluar, dan didukung oleh komponen lain sperti knalpot dan jok yang kami buat sendiri secara handmade, lampu kecil, dan lain-lain.


Agar tarikan lebih ringan, Jon mengganti karbu lama dengan HSR. "Dengan ban depan lebih kurus, performa motor terasa sangat ringan di bagian depan sehingga mudah untuk handling," tutup Jon.


Data modifikasi:

Ban depan: Shinko ring 21 Ban belakang: Shinko ring 16 Lampu: aftermarket Setang setir: MCM

Knalpot: MCM Filter karbu: MCM Jok: MCM Paint: MCM Instagram: @minority_custom


Teks: Indramawan

Foto: MCM

bottom of page