• Editor

HNBG 2020 Virtual Edition Jadi Standar Acuan Kegiatan Internal Komunitas Honda


MPM Honda Jatim gelar acara Nonton Bareng Honda National Bikers Gathering (HNBG) Virtual Edition 2020 serentak di Surabaya dan Malang (5/12/2020).

Honda National Bikers Gathering (HNBG) 2020 yang digelar secara virtual oleh Astra Honda Motor (AHM) (5/12/2020) kemarin menjadi ajang pelepas rindu bikers Honda se-Indonesia. Kenapa bisa begitu, karena tahun ini Honda Bikers Day (HBD) yang telah menjadi agenda rutin kopdar dan silaturahmi ribuan bikers pembesut motor Honda, tidak bisa terselenggara sebagai akibat pandemi COVID-19.

Fariz Hadi Wibowo selalu Community Development MPM Honda Jatim.


"Tapi bukan berarti Honda National Bikers Gathering Virtual Edition ini jadi pengganti Honda Bikers Day. Bahkan bisa saja ke depan nanti, dua event ini digelar. Bisa saja, Honda National Bikers Gathering ini digelar di tengah semester, dan kemudian Honda Bikers Day tetap di akhir semester," buka Fariz Hadi Wibowo selalu Community Development MPM Honda Jatim.

Karena digelar virtual, selain aman dari resiko tertular COVID-19, HNBG tap menghibur dengan materi acara, seperti talkshow, live music, pemutaran video, dan lain-lain. Sehingga diharapkan menjadi standar acuan bagi komunitas dalam mengelar kegiatan selama pandemi.


Namun yang jelas menurut Fariz, Honda National Bikers Gathering Virtual Edition 2020 yang diinisiasi oleh Asosiasi Honda Jakarta sebagai paguyuban Honda se-Jakarta dan didukung oleh AHM ini diharapkan bisa dijadikan standar acuan bagi komunitas atau klub Honda dalam menggelar kegiatan internal seperti anniversary atau rakerda sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Demi menghindari kerumunan besar dan menjaga jarak, kapasitas 60 - 70 orang di Rider's Cafe MPM Honda Jatim sebagai lokasi gelaran Nonton Bareng HNBG 2020 hanya diisi separuhnya saja, yakni 30 peserta perwakilan komunitas Honda.


"Sebab selain digelar secara virtual untuk menghindari gerombolan massa dalam jumlah besar, penyelenggaraannya pun telah memenuhi ketentuan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan)," jelas Fariz sambil menunjukkan fasilitas alat pengukur suhu badan, dan hand sanitizer yang ada di lokasi gelaran Nonton Bareng Honda National Bikers Gathering Virtual Edition 2020, yang ada di Rider's Cafe MPM Honda Jatim, Jalan Simpang Dukuh, Surabaya.

Nono Samadiman selaku sesepuh komunitas dan klub Honda di Surabaya yang juga pernah menjadi Ketua Honda Bikers Day 2011.


Menanggapi hal ini, Nono Samadiman selaku sesepuh komunitas dan klub Honda di Surabaya yang juga pernah menjadi Ketua Honda Bikers Day 2011 menyambut baik digelarnya HNBG 2020 ini. "Selain menjadi pelepas rindu, kegiatan seperti ini juga menunjukkan kepedulian Honda terhadap komunitas dan klub binaannya. Ke depan, kami menghimbau agar materi acara bisa dibikin lebih interaktif lagi, supaya semangat, ikatan emosional dan euforia peserta bisa lebih hidup lagi," ujar Nono.

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjut dengan Ikrar Honda Bikers,


Sebagai info, acara Nonton Bareng Honda National Bikers Gathering Virtual Edition 2020 yang digelar MPM Honda Jatim ini dilakukan serentak di dua kota, yakni Surabaya dan Malang. Di luar itu, ada sekitar 10 paguyuban yang menggelar secara mandiri bersama komunitasnya.

Photo capture kegiatan selama Honda National Bikers Gathering Virtual Edition 2020 berlangsung.


Dimulai jam 19.00 malam dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjut dengan Ikrar Bikers Honda, acara juga dimeriahkan talkshow, live music, dan hiburan lain, sebelum diakhiri pada jam 20.30 dengan pengumuman pemenang lomba. Pada kesempatan ini Honda Community Jatim berhasil menjuarai beberapa kategoril lomba yang digelar tingkat nasional ini.


Baca juga: MPM Honda Jatim Gelar Acara Pemanasan Honda National Bikers Gathering 2020


Teks & Foto: Indramawan