top of page
  • Gambar penulisEditor

Honda Kembangkan Mobil Pintar yang Bisa Menyetir Sendiri

"Kolaborasi dengan Cruise memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas, dan kehidupan sehari-hari masyarakat yang Honda perjuangkan lewat Visi Honda 2030..." (Takahiro Hachigo, President & Representative Director Honda Motor Co, Ltd.)

OTOPLUS-ONLINE I Tiga raksasa di bidang otomotif, yakni Honda, General Motors dan Cruise, akan berkolaborasi untuk pengembangan Autonomous Vehicle Mobility Service (MaaS), atau kendaraan otonom di Jepang.


Kolaborasi tersebut merupakan langkah lanjutan dari perjanjian pengembangan dan komersial yang ditandatangani Oktober 2018. Berdasarkan perjanjian ini, Cruise akan mengirimkan kendaraan uji otonom pertama ke Jepang, dan memulai pengembangan untuk pengujiannya di tahun ini.

Cruise Origin, nama dari MaaS tersebut merupakan model kendaraan tanpa setir, kaca spion, dan pedal, yang dapat mengemudi sendiri. Kendaraan ini memiliki pintu di kedua sisi samping yang terbuka dari tengah. Melihat sisi interiornya, kursi penumpang menghadap ke arah dalam, sehingga membuat ruang kabin menjadi lebih luas. Terutama untuk ruang kaki yang lebih besar.

Cruise Origin beroperasi dengan rangkaian sensor berlapis, dan Artificial Intelegence (AI), dalam memproses keputusan yang lebih cepat dari otak manusia. Hal tersebut membuat Cruise Origin mampu untuk melihat di malam hari, dan dalam kondisi cuaca yang buruk.


Rencananya, Honda Mobility Solutions Co., Ltd., yang didirikan pada Februari 2020, akan menjadi operator bisnis MaaS tersebut di Jepang. Dan Ammann, CEO Cruise mengatakan, misi Cruise adalah menyediakan transportasi yang lebih aman, bersih, dan mudah diakses tidak terbatas di Amerika Serikat saja.


“Ini adalah perubahan besar yang dibutuhkan hampir di semua lokasi di dunia. Dan ini adalah langkah kecil namun simbolis, bersama Honda dalam perjalanan global kami,” ucap Dan Ammann.

Sementara Takahiro Hachigo, President & Representative Director Honda Motor Co, Ltd mengatakan, kolaborasi dengan Cruise memungkinkan terciptanya nilai baru untuk mobilitas, dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Yang Honda perjuangkan lewat visi Honda 2030, yakni melayani orang-orang di seluruh dunia, dengan kegembiraan dalam mengembangkan potensi hidup mereka.


“Melalui kolaborasi aktif dengan mitra yang memiliki minat, dan aspirasi yang sama, maka Honda akan terus mempercepat realisasi bisnis MaaS, kendaraan otonom kami di Jepang,” pungkasnya.


Teks: Setiawan AS

Foto: Honda Motor Co, Ltd., GM & Cruise

bottom of page