top of page
  • Gambar penulisEditor

Hyundai Bangun Fasilitas Produksi Oksigen Medis untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Dukungan oksigen medis dari Hyundai Motor ini akan diberikan secara gratis ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Seremoni serah terima dukungan dari Hyundai Motor bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (29 Juli 2021)


OTOPLUS-ONLINE I Untuk membantu Pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) membangun fasilitas produksi oksigen medis di area pabriknya senilai USD 600 ribu.


Proses produksi oksigen medis ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2021 ini, dan diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun.


Dengan jumlah itu diharapkan dapat digunakan oleh kurang lebih 2.400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.



Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir tahun 2021, dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi tersebut jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.


Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM.


Penerima bantuan oksigen dari Hyundai Motor akan mencakup bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit. Dukungan oksigen dari Hyundai Motor ini akan diberikan secara gratis.



Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi lainnya berupa peralatan medis yang juga sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini, yaitu mencakup 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai USD 200 ribu ini akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.


“Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tetapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar virus Covid-19. Selanjutnya, kami percaya bahwa Hyundai Motor dan Indonesia akan mengatasi situasi sulit ini bersama-sama,” tutur Young Tack Lee, President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters.

Wujud respon Hyundai Indonesia terhadap ajakan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan memenuhi kebutuhan pasokan oksigen di masa Pandemi ini

Sementara itu, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan apresiasinya.


“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hyundai Motor, dimana solidaritas dan persahabatan memang menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi yang berkelanjutan ini," tutur Luhut.


"Saya juga sangat menghargai Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini, dan memberikan bantuan ini sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia guna membantu masyarakat yang memerlukan. Saya sangat percaya bahwa Hyundai Motor dengan Indonesia akan terus bersahabat dan saling membantu melewati pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) secara resmi mengumumkan komitmennya untuk membangun fasilitas produksi oksigen di area pabriknya.


Pada hari yang sama, Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi memimpin rapat gabungan dengan kementerian terkait seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan mengumumkan bahwa mereka akan mendukung penuh pembangunan fasilitas produksi oksigen Hyundai Motor, termasuk dalam hal perizinan.


Sejak awal pandemi Covid-19 di Indonesia, HMMI senantiasa memberikan bantuan dan kontribusi untuk menekan penyebaran Covid-19, termasuk menjadi salah satu pionir pelaksanaan rapid test drive-thru, hingga penyediaan APD untuk tenaga medis saat mengalami keterbatasan pasokan.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto Foto: Hyundai



bottom of page