• Editor

Hyundai Staria Dari A Sampai Z

Staria merupakan multi purpose vehicle terbaru Hyundai Motor Company yang merupakan sosok model masa depan dari Hyundai untuk Purpose Built Vehicle (PBV).

OTOPLUS-ONLINE I Mewujudkan metode desain 'inside-out' Hyundai menekankan pada keluasan interior serta kegunaannya. STARIA merupakan respon dari Hyundai terhadap perubahan kebutuhan konsumen dengan menawarkan fitur-fitur inovatif, penuh makna, dan mendefinisikan kembali pengalaman perjalanan di dalam mobil yang sejalan dengan visi perusahaan, 'Progress for Humanity'.

STARIA hadir dengan pilihan 2 hingga 11 konfigurasi kursi dan tersedia dalam dua varian: STARIA dan STARIA Premium yang meningkatkan mobilitas ke level berikutnya dengan peningkatan fitur dan sentuhan akhir eksklusif untuk tampilan dan nuansa yang lebih mewah.

“Staria mewakili upaya terbaru kami untuk memelopori evolusi mobilitas, dan memenuhi kebutuhan gaya hidup yang terus berkembang saat kita beradaptasi dengan cara hidup yang baru,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President dan Global Chief Marketing Officer. MPV ini akan tersedia mulai semester kedua 2021 di negara-negara tertentu, apakah Indonesia salah satunya?

Desain Eksterior yang Premium dan Futuristik

Staria tersedia dalam delapan warna eksterior: Abyss Black Pearl, Creamy White, Graphite Grey Metallic, Moonlight Blue Pearl, Shimmering Silver Metallic, Dynamic Yellow, Olivine Grey Metallic dan Gaia Brown Pearl


Desain Staria terinsipirasi kurva cahaya yang menerangi langit saat matahari terbit jika diamati dari luar angkasa, sehingga menghadirkan bentuk seperti pesawat ruang angkasa. Desain eksterior yang mulus dari Staria didefinisikan oleh layaknya sebuah gerakan dari depan ke belakang.


Bagian depan Staria dilengkapi dengan Daytime Running Lights (DRL) horizontal dan sebuah lampu pendukung yang melebar di bagian depan kendaraan, serta gril radiator dengan kesan yang tebal dan lebar dengan pola yang unik. Siluet tampilan depan yang bersih semakin diperkuat dengan sepasang lampu depan yang rendah. Hyundai menggunakan warna eksterior yang sama untuk semua bagian depan kendaraan untuk memaksimalkan gaya modern dan orisinil dari Staria.


Staria tipe Premium mendapat aksen warna krom kuningan eksklusif yang diaplikasikan pada emblem, gril, bezel lampu depan, bemper depan dan belakang, roda, kaca spion samping, dan gagang pintu untuk menekankan tampilan premium dan modern dari kendaraan ini.


Posisi beltline atau garis bahu yang rendah dan jendela panoramic di bagian samping kendaraan meningkatkan visibilitas secara keseluruhan dan nuansa yang lebih terbuka. Pendekatan desain yang luas dan terbuka ini terinspirasi oleh pendekatan arsitektur tradisional 'hanok' dari Korea - yang memungkinkan para penumpang untuk seolah-olah merasakan langsung pemandangan bagian luar sebagai bagian dari sisi interior kendaraan.


Selain itu, tema desain dari Staria turut diaplikasikan ke bagian belakang, menghadirkan jendela yang lebar dikelilingi oleh lampu belakang vertikal yang memanjang, khusus Staria Premium menggunakan desain lampu Parametric Pixel Hyundai yang unik. Bemper bagian belakang didesain dengan posisi yang lebih rendah agar para penumpang dapat dengan mudah menaikkan dan menurunkan barang bawaan.


Mengubah Kualitas Mobilitas

Fleksibilitas kabin luar biasa


Sisi interior Staria menerapkan tata ruang sederhana untuk menonjolkan kenyamanan pengemudi dan penumpang, sekaligus tetap menerapkan fungsi utama sebuah MPV. Interior Staria juga terinspirasi dari kapal pesiar untuk menghadirkan suasana terbuka dan unik melalui desain arsitektur yang inovatif. Kursi pengemudi dan penumpang di baris pertama dirancang untuk memberikan kesan luas dan nyaman. Tata ruang interior Staria yang sederhana dan fokus pada hal-hal penting untuk memberikan lebih banyak ruang dan fleksibilitas bagi para penumpang. Sebuah laci penyimpanan di kursi penumpang baris pertama dipindahkan ke bagian depan untuk memberikan ruang kaki ekstra.


Kursi pengemudi memiliki tampilan futuristik dan berteknologi tinggi dengan dukungan layar depan 10,25 inci yang canggih, layar sentuh fascia bagian tengah, dan tombol pemindah gigi elektronik. Kluster digital mobil ini terletak di atas dasbor, memberikan pandangan yang luas dan tidak terhalang bagi pengemudi.

Ruang penyimpanan tersedia di beberapa titik seperti bagian atas dari konsol overhead, bagian bawah cluster, serta bagian atas dan bawah fascia tengah. Baik para pengemudi maupun penumpang memiliki akses ke konsol tengah yang dilengkapi dengan cup holder, port USB, dan ruang penyimpanan tambahan.

Staria tipe Premium 9-seater, kursi baris keduanya dapat berputar 180 derajat sehingga berhadapan dengan penumpang pada baris ketiga. Hal ini membuat Staria tipe Premium ideal untuk kendaraan perusahaan atau berfungsi sebagai tempat kerja di dalam mobil, karena para penumpang dapat membalikkan tempat duduk mereka dan melakukan pertemuan tatap muka. Keluarga juga akan merasa nyaman dengan kursi yang dapat diputar ini karena para penumpang yang menghadap ke belakang akan memiliki akses mudah ke kursi pada baris ketiga


Staria Premium yang berkonfigurasi 7-seater menawarkan berbagai fitur interior tambahan yang akan mengubah pengalaman mobilitas para penumpang seperti Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat disandarkan secara elektronik dan juga dapat digeser agar mudah dijangkau atau untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.


Mode relaksasi dengan satu sentuhan membuat kursi dapat bersandar secara otomatis ke posisi yang nyaman serta membagi berat penumpang dan meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan. Meskipun kursi penumpang bagian tengah dapat dibaringkan dengan mode ini, terdapat ruang yang cukup bagi penumpang dewasa untuk duduk dengan nyaman pada baris ketiga, hal ini didukung oleh tata ruang interior Staria yang luas.

Interior STARIA tersedia dalam beberapa pilihan warna sebagai berikut: Black, Black and Beige two-tone, Black and Blue two-tone. Varian Premium menawarkan dua pilihan warna tambahan, yakni Gray and Brown two-tone dan Gray and Light Gray two-tone


Lampu mood ambient dengan 64 pilihan warna, tersedia pada semua varian Staria Premium yang memberikan suasana interior yang asri. Pencahayaan langsung dan tidak langsung yang harmonis dapat secara selektif menerangi area kokpit, konsol, pintu, dan bagian penyimpanan barang bawaan. Perasaan premium semakin ditingkatkan dengan sound system Bose.


Lebih lanjut, ruang untuk kaki Staria yang luas merupakan salah satu yang terbaik di segmennya dan dapat diubah menjadi ruang kargo tambahan yang luas saat semua kursi digeser secara bersamaan - hal tersebut dimungkinkan karena fungsi kursi yang serbaguna dan dapat digeser. Selain itu, mode full-flat yang diterapkan pada kursi penumpang bagian belakang STARIA menjadikan kendaraan ini pilihan yang tepat untuk aktivitas yang membutuhkan banyak ruang dan fleksibilitas interior, seperti berkemah dan olahraga yang banyak menggunakan peralatan pendukung.

Dimensi kaca samping yang besar, memberikan kesan menyatu dengan sekeliling


“Staria tidak hanya mendefinisikan ulang arti keluasan melainkan merancang untuk mengakomodasi berbagai gaya hidup," ujar SangYup Lee, Senior Vice President dan Head of Global Hyundai Design. “Ruang dan fungsi interior STARIA bertujuan untuk mengubah cara penumpang menikmati pengalaman berkendara di dalam mobil, mengoptimalkan perjalanan dengan memanfaatkan waktu secara maksimal saat bepergian.”

Memaksimalkan Platform dan Performa

Bisa digunakan untuk berbagai aktivitas menyenangkan

Dimensi panjang x lebar x tinggi Staria adalah 5.253 mm x 1.997 mm x 1.990 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 3,273 mm. Komposisi itu memungkinkan ruang interior Starian didesain secara inovatif dan optimal.


Ketersediaan ruang penyimpanan barang bervariasi tergantung pada konfigurasi dan pengaturan tempat duduk. Kendaraan dengan tipe 2-seater dan 3-seater, dioptimalkan untuk penggunaan dan keperluan bisnis, dimana menawarkan ruang kargo yang maksimum dan hampir setara dengan 5.000 liter. Dimensi yang luas pada ruang kargo juga telah ditingkatkan untuk membawa tiga Euro pallet secara bersamaan.


Staria menawarkan dua opsi powertrain yaitu mesin diesel VGT 2.2 liter dan mesin bensin MPI 3.5 liter Smartstream G6DIII. Mesin diesel yang diperbarui dan digabungkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi otomatis delapan-percepatan, menghasilkan output tenaga dengan estimasi sebesar 177 PS (174,6 dk) dan torsi 44 kgf-m (431,5 Nm). Sementara mesin bensinnya memiliki estimasi output tenaga sebesar 272 PS (268,3 dk) dan torsi 33,8 kgf-m (331,5 Nm) dikawinkan hanya dengan transmisi otomatis delapan-percepatan.


Hyundai Motor mengoptimalkan setiap opsi powertrain agar dapat mengurangi kebisingan, getaran sehingga menghasilkan NVH (Noise Vibration Harness) yang rendah, serta sensasi perpindahan gigi lebih baik untuk performa torsi tinggi dan akselerasi yang semakin ditingkatkan. Hal ini juga mengoptimalkan direct valve control body untuk peningkatan efisiensi hidrolik, oil pump untuk efisiensi bahan bakar, dan multi-plate torque converter untuk kontrol dan efisiensi bahan bakar.


Peningkatan dari sisi mekanis turut memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik; hal tersebut dicapai berkat penerapan suspensi multi-link di poros bagian belakang. Sudut kemiringan tegak lurus dan level rasio tuas peredam guncangan dari Staria juga berkontribusi pada peningkatan kenyamanan berkendara. Demikian pula pada peningkatan di caliper rem dan piringan rem yang memberikan tenaga pengereman yang stabil meskipun dengan ukuran Staria yang besar.


Selain peningkatan sisi mekanis, penyempurnaan body bagian bawah dan desain bodi bagian atas yang aerodinamis mampu menghasilkan coefficient of drag yang rendah sehingga berujung pada efisiensi bahan bakar.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Cerdas

Keamanan didukung fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)


Selain sabuk pengaman tiga poin dan head rest di semua kursi, Staria menawarkan pilihan untuk menambahkan 6 airbags. Keamanan semakin didukung oleh fitur terdepan seperti Forward Collision Avoidance Assist (FCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).


Staria turut menawarkan fitur keamanan lainnya. Wireless Module Seat Belt Reminder (WMSBR), sistem pengingat akan penggunaan sabuk pengaman pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi komunikasi nirkabel, memungkinkan penumpang untuk menikmati manfaat dari sistem pengingat sabuk pengaman dan kemampuan geser yang panjang pada saat yang bersamaan.


Dalam situasi di mana penumpang mencoba membuka power sliding door ketika terdapat kendaraan yang melaju dari sisi belakang, Safe Exit Assist (SEA) mencegah pintu terbuka. Rear Occupant Alert (ROA), tersedia pada pasar tertentu, menggunakan sensor radar untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi jika penumpang pada bagian belakang tertinggal di dalam mobil setelah pengemudi keluar dari kendaraan.


Staria juga hadir dengan sistem smart infotainment dari Hyundai dan dilengkapi dengan kamera wide-angle yang memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk melihat penumpang pada kursi belakang melalui tampilan layar. Keluarga dapat menggunakan fitur ini untuk memantau anak-anak dan hewan peliharaannya dengan nyaman, sementara penggunaan kendaraan untuk tujuan bisnis seperti layanan ride-hailing juga akan mendapatkan keuntungan dari fitur ini.


Sistem infotainment juga memungkinkan pengemudi dan penumpang depan untuk berkomunikasi dengan penumpang belakang menggunakan fungsi unik dari speaker yang memungkinkan semua penumpang untuk mendengar satu sama lain dengan jelas.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Hyundai