• Editor

IIMS Hybrid 2022 Tetap Digelar: Kami Siapkan Plan B

Dyandra Promosindo selaku penyelenggara siapkan plan B, geser ke tanggal 31 Maret - 10 April 2022 jika kondisi tak memungkinkan.

OTOPLUS-ONLINE I Kurang dari dua minggu lagi, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 akan digelar. Tepatnya pada 17 - 27 Februari 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.


Lantas bagaimana pelaksanaan IIMS 2022 ini mengingat penyebaran COVID-19 varian Omicron di Indonesia terus meningkat dan diperkirakan mencapai puncaknya di akhir Februari 2022?


“Apabila keadaan tidak memungkinkan, tentu kami selaku penyelenggara sangat mendahulukan faktor kesehatan dan keselamatan selama pameran berlangsung. Kami akan melakukan plan B, yang mana pelaksanaannya digeser ke tanggal 31 Maret - 10 April 2022," jelas Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Sementara itu, Ralph Scheunemann selaku Marketing Director JIExpo berharap IIMS 2022 bisa berjalan di bulan Februari 2022, asalkan memang mendapatkan persetujuan dari pemerintah.


“Jika tidak mendapatkan persetujuan pemerintah, kami sudah menyiapkan tanggal. Kami memiliki dua opsi tanggal, tapi kami berikan yang terbaik,” ucap Ralph.


“Kami juga menggeser satu pameran agar IIMS tetap berjalan, karena IIMS adalah salah satu pameran yang besar yang diselenggarakan di JIExpo. Kami dari JIExpo akan mendukung terselenggaranya IIMS seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.


Program Baru & Unggulan

Sebagai salah satu pesta besar dalam dunia otomotif, perhelatan IIMS akan dibanjiri dengan ragam program menarik serta program baru yang akan hadir selama sebelas hari pameran.


Program-program unggulan IIMS 2022, seperti IIMS Community Experience, IIMS Formula Racing Electric Student Championship, IIMS Test Drive & Ride, Indonesian Automodified (IAM), Indonesian Custom E – Moto Expo & Championship, Indonesia Offroad Federation (IOF), Miss IIMS, PAHAMI Audio Contest, Parade & Talkshow, Pembalap 3 Generasi, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), Otomotif Group: Indeks Kebahagiaan Berkendara & Otomotif Travelling, Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O), Riding with Love serta program NaikMotor.com bersama Belajar Helm yaitu Lomba Mewarnai helm yang akan memecahkan rekor Muri dan jangan ketinggalan ceramah Ustad Alfie Afandy dari program Bikers Dakwah.


Bahkan IIMS 2022 kian semarak dengan hadirnya berbagai program baru seperti Paviliun IMI dan Road to MotoGP Indonesia. Sedangkan untuk kegiatan CSR, IIMS akan menghadirkan program IIMS Special Guest Experience.


Rudi MF, Project Manager IIMS 2022 mengatakan, “IIMS akan semakin semarak dengan hadirnya berbagai macam kejutan mulai dari rentetan program yang menjadi identitas IIMS serta berbagai inovasi yang dipadupadankan dengan sentuhan digital."


Ditambahkannya, pihaknya akan memperkaya elemen digital pada perhelatan IIMS mengingat pada tahun ini IIMS kembali mengusung konsep Hybrid yaitu diselenggarakan secara online dan offline serentak.


"Dengan tema Hybrid ini tentunya konten acara semakin beragam, hal ini tentunya untuk mempermudah pengunjung dari regional manapun agar bisa menyaksikan pameran secara virtual,” ujar Rudi.


Pada IIMS Hybrid 2022, kendaraan roda empat akan dipamerkan di dua hall di JIExpo, yaitu Hall A dan D. Hall A akan menampilkan merek-merek seperti Chery, DFSK, MG, Mitsubishi, dan Suzuki.


Di Hall D akan ada BMW, Honda, Hyundai, Prestige yang akan menampilkan Tesla dan taksi terbang Ehang, serta Toyota dan Wuling.


Untuk roda dua, ada Hall C1 dan C2 yang akan menampilkan Astra Honda Motor, Benelli Keeway, Gesits, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Royal Enfield, Utomocorp, Vespa, Volta, dan Yamaha.


Penerapan Protokol Kesehatan

Dalam penerapan protokol CHSE dengan maksimal, Dyandra Promosindo menyediakan fasilitas untuk Swab PCR atau Antigen di JIExpo Kemayoran. Pengunjung yang hadir di masing-masing booth maupun Hall JIExpo Kemayoran akan dibatasi melalui sistem real count yang ada di pintu masuk hall dan tersedia di setiap booth exhibitor.


Tidak hanya itu, seluruh exhibitors diwajibkan memiliki Satgas COVID-19 di setiap booth. Gangway atau jalur untuk pengunjung juga diberlakukan dua arah. Untuk memaksimalkan penerapan protokol kesehatan, tentu akan diberlakukan penyemprotan desinfektan secara berkala oleh pihak organizer.


IIMS juga menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan, salah satunya bekerja sama dengan fasilitas kesehatan atau rumah sakit terdekat.


Untuk meminimalisir dan memitigasi penyebaran Covid-19, pihak penyelenggara akan memberikan aturan dan sanksi yang tegas.


“Seperti tahun lalu, kami akan mengikutsertakan ratusan volunteer dari berbagai kampus serta membentuk Joint Task Force Satgas Covid-19 untuk memastikan penerapan protokol kesehatan selama IIMS dijalankan sesuai aturan.” jelas Rudi.


Meski dengan protokol kesehatan yang ketat, pengunjung tetap dapat menikmati pameran secara maksimal serta menikmati program dan promosi menarik dari sponsor dan brand yang berpartisipasi baik secara langsung maupun virtual dengan mengakses situs resmi IIMS di www.indonesianmotorshow.com.


Layanan Pembelian Tiket & Shuttle Service

IIMS menyediakan layanan bagi pengunjung untuk dapat membeli tiket dengan mudah melalui Tokopedia dan Dyandratiket.com. Harga tiket IIMS 2022 masih sama dengan tahun lalu, yakni Rp. 50.000 per orang untuk hari biasa, dan Rp. 70.000 per orang untuk akhir pekan. IIMS dibuka untuk pengunjung mulai pukul 11.00 - 21.00 WIB pada hari biasa, dan pukul 10.00-21.00 WIB pada akhir pekan.


Bagi pecinta otomotif yang sudah tidak sabar untuk mengunjungi IIMS 2022, bisa membeli Premium Ticket khusus 17 Februari 2022 dengan harga Rp. 150.000 dari pukul 17.00 hingga 21.00 WIB.


Pengunjung dapat mendatangi IIMS 2022 dengan memanfaatkan Shuttle Service yang telah disediakan di beberapa titik, yaitu Bintaro Xchange, Tamini Square Pondok Indah Mall, Metropolitan Mall Bekasi, Cibubur Junction dan Margo City.


Teks: Indramawan

Foto: IIMS