• Editor

IMI Bakal Gelar Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden RI!

Digelar 11-12 Desember 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, pemenang akan ikuti ARRC 2022 di bawah Indonesia Racing Team!

OTOPLUS-ONLINE I Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo melalui Instagram-nya.


Bahkan Bamsoet, sapaannya telah menetapkan sirkuit dan tanggal pelaksanaannya, yaitu pada 11-12 Desember 2021, di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Menariknya lagi, Bamsoet juga menuliskan bahwa pemenang kejuaraan ini akan menjadi perwakilan Indonesia di kejuaraan Asia Road Racing Championship 2022, di bawah bendera Indonesia Racing Team!


Baca juga: Bamsoet Resmikan Drone EHang 216 Jadi Kendaraan Resmi IMI, Apa Saja Kelebihannya?


Pernyataan inipun mengundang tanggapan pada kolom komentar. Ada yang menyarankan supaya jangan pakai motor bebek lagi, dan diganti motor sport seperti standar pelatihan pembalap pemula di Spanyol.


Memang ada benarnya, apalagi sekarang ini trend motor di Indonesia dikuasai motor matik dan sport.


Namun Bamsoet punya penjelasan tersendiri. Dia mengatakan, Kejuaraan Balap Motor Bebek juga menjadi persembahan keluarga besar IMI kepada para pecinta motor bebek dan kepada para pecinta balap.


Baca juga: PP IMI Jajaki Kerjasama dengan BOS Sinergikan Sport, Tourism, dan UMKM Otomotif


Sekaligus memfasilitasi kalangan muda yang selama ini gemar melakukan balapan liar di jalan raya, untuk unjuk gigi di lintasan sirkuit secara resmi.


Dari kejuaraan ini, diharapkan terjaring bibit unggul yang bisa dikembangkan lebih jauh, menjadi atlet balap membanggakan Indonesia.


Lebih lanjut Bamsoet juga menjelaskan, ada empat kelas yang dipertandingkan dalam Kejurnas Balap Motor Bebek ini, yakni Bebek 4 Tak Tune Up 150cc Expert, Bebek 4 Tak Tune Up 150cc Novice, Bebek 4 Tak Standard 150cc Rookie, dan Bebek 4 Tak Standard 150cc Beginner.

Bamsoet bersama Tinton Soeprapto


"Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden RI akan diikuti klub-klub motor dari sekitar 34 provinsi di Indonesia," ujar Bamsoet usai menerima Komisaris PT Sarana Sirkuitindo Utama (SSU) pengelola Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto, di Jakarta pada Selasa, 30 November 2021 kemarin.


Di akhir keterangannya, Bamsoet mengatakan, pemenang kejuaraan akan didorong menjadi perwakilan Indonesia dalam kejuaraan bergengsi Asia Road Racing Championship 2022, di bawah bendera Indonesia Racing Team, asuhan Putra Rizky, pengusaha sekaligus Wakil Sekretaris Jenderal IMI Pusat yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan olahraga balap motor Indonesia.

Turut hadir beberapa petinggi Astra Honda Motor dan pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji


Dan jika mengamati foto-foto yang diunggah oleh Bamsoet, pada kesempatan itu tampak juga Thomas Wijaya selaku Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM). Bisa saja IMI menggandeng AHM dalam penyelenggaraan Kejurnas Balap Motor Bebek ini, atau bahkan juga pembinaan pembalap ke depannya nanti.


Teks: Indramawan

Foto: Instagram @bambang.soesatyo