top of page
  • Gambar penulisEditor

IMI Surabaya Bentuk Peradaban Baru Dunia Otomotif Surabaya Ternyata Ini Maksudnya

Rapat pleno Pengprov IMI Jatim tetapkan kepengurusan IMI Kota Surabaya masa bakti 2022-2025.

OTOPLUS-ONLINE I Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim melantik Pengurus Cabang IMI Kota Surabaya pada 6 Oktober 2023. Seremoni yang dihelat di Gedung Sawunggaling, Pemkot Surabaya ini dihadiri juga oleh Eri Cahyadi, Walikota Surabaya.


Setelah sempat "tersumbat" dan diselesaikan melalui Munaslub IMI 2022, rapat pleno Pengprov IMI Jatim menetapkan sebanyak 57 orang masuk kedalam kepengurusan IMI Kota Surabaya masa bakti 2022-2025.


Ketetapan kepengurusan Pengkot IMI Surabaya tersebut ditandatangani oleh Ketua Pengprov IMI Jatim Bambang Haribowo. Pembentukan pengurus IMI hingga tingkat kabupaten/kota dilakukan oleh IMI Provinsi, kemudian disahkan oleh IMI Pusat.


“Kehadiran IMI hingga tingkat kabupaten/kota akan memudahkan pembinaan sekaligus menggali lebih banyak lagi potensi balap dari generasi muda yang ada di 514 kabupaten/kota se-Indonesia sekaligus memperluas kerjasama IMI dengan berbagai pihak. Mulai bupati/walikota, hingga kerjasama dengan Kapolres dan jajaran Forkopimda lainnya,” ungkap Bambang.


Sekretaris Umum IMI Jatim, Djunaedi Tri Pramudyo menambahkan kehadiran pengurus IMI kabupaten/kota tidak mengurangi kewenangan IMI Provinsi, karena rekomendasi event otomotif serta pengesahan klub otomotif di tingkat kabupaten/kota, tetap menjadi kewenangan IMI Provinsi.


Eri berharap keberadaan IMI Surabaya dapat membentuk peradaban baru kegiatan olahraga bermotor di Surabaya. Bersama IMI Surabaya, Pemkot akan memaksimalkan fungsi sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT).

“Sirkuit GBT merupakan milik warga Surabaya, silakan dimanfaatkan untuk kepentingan warga Surabaya pehobi otomotif. Pemanfaatannya bisa berkoordinasi dengan Disbudporapar,” ujar Eri.


Harapannya IMI Surabaya dapat menjadikan sirkuit GBT sebagai lokasi pembinaan dan tempat menjaring bibit-bibit baru pembalap Surabaya. Selain itu juga dapat mengurangi masalah balap liar yang sekarang marak di jalanan kota Surabaya.


“Kami telah berkoordinasi dengan Kasatlantas terkait masalah balap liar. Para pembalap liar silakan menggunakan sirkuit dengan sepeda motornya. Dengan begitu mereka tidak lagi kebut-kebutan di jalan raya,” kata Eri.


“Kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota, lembaga, dan pihak terkait lainnya untuk mengembangkan atlet, klub, dan mendukung teman-teman yang ingin meraih prestasi atau mengejar hobi mereka. Di dunia otomotif, tidak hanya tentang prestasi, tetapi juga tentang hobi,” kata Rinto Ari Rakhmanto, ketua IMI Surabaya.


Terkait dengan balap liar, Rinto mengungkapkan niatnya untuk berkomunikasi dengan para pelaku balap liar, bengkel otomotif, hingga sekolah-sekolah, dengan tujuan mengarahkan mereka agar melakukannya di Sirkuit GBT. Rinto juga berkomitmen untuk mengadakan sejumlah acara balap guna menghidupkan Sirkuit GBT.


Berikut susunan pengurus IMI Surabaya:

Ketua: Rinto Ari Rakhmanto

Wakil Ketua I: Rahmat Adi Kurniawan

Wakil Ketua II: Didi Dewanto

Wakil Ketua III: Arderio Hukom

Sekretaris: Samsurin

Wakil Sekretaris I: Anik Indarti

Wakil Sekretaris II: Nikolaus Wismaya Asmasubrata

Wakil Sekretaris III: Chusnul Athiyah

Bendahara: Muhammad Yusuf Ibnu

Wakil Bendahara I: Alvin Ryan Harsono

Wakil Bendahara II: H. Achmad Afif

Wakil Bendahara III: Imam Mulyono


Bidang Organisasi

Ketua: Fariz Kevin Harliens

Anggota: Cosmas Satryo Kendra

Anggota: Ivy Juana

Anggota: Tommie Tanudjaja

Anggota: Puji Kurniawati Andansari


Teks & foto : Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page