top of page
  • Gambar penulisEditor

Indonesia International Food Exhibition 2023 Surabaya Beri Kesempatan UMKM untuk Berkembang

Peserta Indonesia International Food Exhibition (IIFEX) Surabaya 2023 meningkat 35% dibandingkan penyelenggaraan 2022 lalu.

Opening Ceremony Indonesia International Food Exhibition (IIFEX) Surabaya 2023 digelar pada Kamis, 15 Juni hari ini di Grand City Convex Lantai 3 Surabaya.


OTOPLUS-ONLINE I Chief Executive Officer (CEO) PT. Kristamedia Pratama, Daud D. Salim selaku penyelenggara Indonesia International Food Exhibition (IIFEX) Surabaya 2023 mengatakan, pameran yang dulu bernama Eastfood Indonesia ini merupakan ajang yang tepat bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang.


"UMKM harus belajar dan menimba pengalaman dari pameran makanan dan minuman berskala internasional ini," ujar Daud D. Salim kepada OTOPLUS-ONLINE di sela Opening Ceremony yang digelar pada Kamis, 15 Juni 2023 hari ini di Grand City Mall, Surabaya.

Kesuksesan Indonesia International Food Exhibition, Indonesia Licensing Expo dan EastPack Surabaya 2023 tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, KADIN Indonesia, KADIN Jawa Timur, KADIN Surabaya, Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), Indonesian Packaging Federation (IPF), Asosiasi Pengusaha Pengolahan & Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Asosiasi Pengusaha Kafe & Restoran Indonesia (APKRINDO) Jawa Timur, Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, serta berbagai institusi lainnya.


Ia menambahkan, di pameran yang diikuti 250 perusahaan pelaku usaha dari industri makanan dan minuman dan 30 pelaku UMKM yang diikuti bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari 7 negara, yaitu Malaysia, Korea, China, Jepang, Singapore, Italia dan Taiwan ini para UMKM harus melihat, bagaimana produk makanan dan minuman dari negara tetangga, maupun produk dari perusahaan menengah maupun besar yang dipamerkan.


"Sebab makanan dan minuman yang enak rasanya saja tidak cukup. Mereka harus dikombinasikan pula dengan packaging yang menarik, dan menerapkan teknologi kemasan tertentu agar awet. Kecuali untuk makanan siap saji ya," lanjut pria yang juga hobi tarik suara ini.

CEO PT. Kristamedia Pratama, Daud D. Salim saat melakukan VIP Tour ke booth peserta IIFEX 2023.


Terkait antusiasme pengunjung yang membludak di hari pertama pameran yang masih akan berlangsung hingga 18 Juni 2023 mendatang, Daud D. Salim mengatakan, pameran makanan dan minuman seperti ini sangat dinanti seluruh masyarakat Indonesia, terutama Indonesia bagian timur, karena makanan dan minuman telah menjadi salah satu ujung tombak pariwisata.


"Apalagi Indonesia punya pasar yang sangat besar dan Krista Exhibitions optimis karena tercatat peningkatan sebesar 35% peserta pameran dibandingkan penyelenggaraan 2022 lalu, sehingga pastinya melalui pameran ini para exhibitors dapat meningkatkan bisnis mereka hingga go Internasional,“ kata Daud D Salim.

Stik Duri Bandeng salah satu produk UMKM asal Gresik.


Sebagai informasi, Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) digelar bersamaan dengan Pameran Indonesia Licensing Expo 2023 dan EastPack Surabaya 2023.


Hal ini membuat IIFEX 2023 menjadi pameran yang tepat untuk dihadiri oleh para pelaku bisnis di industri makanan dan minuman karena teknologi dan sains di industri ini sangat cepat berkembang.



Teknologi bakery dan confectionery turut dipamerkan di lantai 1.


Saat mengunjungi pameran International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) , para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai teknologi bakery dan confectionery (mesin bakery dan confectionery, peralatan, persediaan bahan), layanan dan teknologi terkait untuk hotel, katering, restoran, kafe), bahan pangan,makanan herbal dan kesehatan (makanan herbal dan kesehatan dan suplemen makanan).


Tak hanya sebatas itu, temukan juga berbagai inovasi bahan baku makanan dan minuman , mesin cetak hingga packing yang mutakhir dan dapatkan juga berbagai inspirasi untuk mengembangkan bisnis lisensi dan waralaba.

Acara menarik seperti Baking dan Cooking Demo selalu ditunggu pengunjung.


Bukan hanya pameran makanan, minuman, licensing dan kemasan saja, namun juga ada berbagai acara menarik seperti Baking & Cooking Demo dari hampir 30 chef ternama.



Pameran Indonesia International Food Exhibition, Indonesia Licensing Expo dan EastPack Surabaya 2023 terbuka hari ini bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.


Pengunjung dapat mendaftar langsung dengan membayar tiket masuk seharga Rp50.000 untuk 4 hari pameran.


Teks dan Foto: Indramawan


Comments


bottom of page