top of page
  • Gambar penulisEditor

The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 akan Jadi Pameran Terbesar dan Terlama

Pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia ini akan diselenggarakan di Surabaya, Bali dan Jakarta, simak jadwalnya.

Konferensi pers Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 pada Rabu, 5 April 2023 hari ini dihadiri Susanty Widjaya selaku Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Kasan selaku Pelaksana Tugas Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, dan Daud D. Salim selaku CEO IMEI dan Krista Exhibitions.


OTOPLUS-ONLINE I Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bersama IMEI KRISTA Exhibitions akan menggelar The 3rd Indonesia Licensing Expo (ILE) pada tahun 2023 ini.


Mengusung tagline "Let’s RISE UP Together, Together We RISE UP!" ASENSI sebagai wadah organasisi yang mewadahi para pengusaha Indonesia, khususnya di bidang lisensi (termasuk kemitraan, waralaba dan para pengusaha UMKM bahkan IKM di dalamnya) untuk bersama-sama bangkit kembali melalui pameran The 3rd ILE 2023 ini.


Dalam sambutannya pada konferensi pers Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 pada Rabu, 5 April 2023 hari ini, Kasan selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri mengatakan, bisnis lisensi khusus waralaba atau franchise di Indonesia tumbuh 5% dengan omzet mencapai Rp 31,1 triliun pada 2021. "Industri ini pun mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 682.292 orang," imbuhnya.



Sementara berdasarkan data Kementerian Perdagangan, bidang usaha waralaba didominasi jasa makanan dan minuman yang mencapai lebih dari 44,09%.


Dari sinilah Kasan berharap, Pameran Lisensi ke-3 dapat mendukung program-program Pemerintah yaitu antara lain Gerakan Merek Lokal Indonesia dan Bangga Buatan Indonesia (BBI).


"Selain itu diharapkan juga dapat meningkatkan semangat berwirausaha dan menjadi momentum kebangkitan bagi para pengusaha merek dan produk lokal Indonesia termasuk para pelaku Waralaba di dalam negeri khususnya dimasa transisi menuju endemic sekarang ini,” tutur Kasan.



Sebagai informasi, Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan ILE 2023 adalah pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia yang menjadi pameran terbesar.


Susanty Widjaya selaku Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan, penyelenggaraan ILE Indonesia Licensing Expo 2023 akan dilakukan di 3 kota besar, yakni Surabaya, Bali dan Jakarta.


"Di Surabaya akan digelar di Grand City Surabaya rencana pada 15-18 Juni 2023. Sementara di Bali akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) pada 07-09 September 2023, dan puncak terbesarnya akan diadakan di JI Expo Kemayoran-Jakarta pada 11-14 Oktober 2023," tutur Susanty Widjaya.


Selain itu, ILE 2023 juga akan menjadi pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia paling lama karena akan digelar di 3 kota besar di Indonesia, dan masing-masing berlangsung selama 4 hari.


Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 akan memamerkan lebih dari 250 merek usaha lisensi, waralaba dan berbagai peluang usaha lainnya, baik nasional maupun internasional.


Sejumlah merek usaha ternama pun turut hadir pada pameran dengan target 30.000 pengunjung lebih ini.



Susanty yang juga pemegang lisensi merek lokal kebanggaan Indonesia yakni Bakmi Naga Resto dan Batavia Cafe ini mengungkapkan, pameran ini berskala internasional karena melibatkan sejumlah negara yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk-produk Indonesia dalam industri lisensi dan waralaba.


"Tujuan The 3rd ILE 2023 adalah menjadi ajang pertemuan antara exhibitor, yang terdiri dari licensor, franchisor yang akan bertemu dengan calon investor, yang terdiri dari licensee dan franchisee, dimana mereka ingin membuka dan mengembangkan usaha dari beragam industri," terang Susanty.


Menurutnya, pameran ini akan mendorong dan membantu pemerintah di dalam percepatan pemulihan perekonomian Indonesia sesudah masa pandemi, dan membantu serta mengupayakan merek lokal menembus pasar global atau go global.



Selain itu, pameran ini juga mempercepat roda perekonomian Industri Indonesia berputar pulih kembali.


Sementara itu, CEO IMEI dan Krista Exhibitions, Bapak Daud D. Salim dalam sambutannya pada konferensi pers Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 mengatakan, bahwa pameran ini adalah pameran multi industri.


"Sebab pameran ini diikuti beragam perusahaan dari berbagai bidang seperti makanan dan minuman (F & B), café dan restorant, kecantikan dan kesehatan termasuk wellness, POS system dan teknologi juga lainnya,” ujar Daud D. Salim.



Ia juga mengaku optimis The 3rd ILE 2023 ini akan sukses. “Kami sangat yakin terhadap perkembangan bisnis lisensi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari antusias pengunjung di tahun 2022, sehingga kami yakin tahun 2023 ini, animo dari para pelaku usaha di bidang licensi dan waralaba (franchise) dan pelaku usaha yang ingin merintis usaha di bidang lisensi dan waralaba (franchise) akan melonjak dari tahun-tahun sebelumnya," semangat Daud D. Salim yang juga berharap pameran ini akan menjadi sarana edukasi ruang lingkup usaha lisensi dan waralaba (franchise).


Ditambah lagi, semakin berkembangnya industri kreatif. "Maka kami yakin akan berpotensi menciptakan peluang bisnis, terutama bagi kalangan generasi milenial dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan dan upaya pemerintah mendorong UMKM semakin berkembang,“ pungkas Daud D. Salim.


Teks: Indramawan

Foto: KRISTA Exhibitions

Comments


bottom of page