• Editor

Ini Biaya Upgrade Honda CBR150R Generasi Lama ke Model Terbaru

Ada 18 - 20 item spare parts yang perlu diganti, dengan total biaya sekitar Rp 1,6 - Rp1,7 juta belum termasuk jasa.
  • Lerri Gunawan, General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM

OTOPLUS-ONLINE I Setelah peluncuran All New Honda CBR150R secara nasional oleh PT Astra Honda Motor (AHM), selanjutnya giliran PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat (Jabar) kebagian memperkenalkannya lewat Virtual Regional Public Launching, Sabtu (30/1) pukul 16.00 WIB.


Lerri Gunawan, General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM dalam jumpa pers virtual, Sabtu (30/1) mengungkapkan, All New Honda CBR150R hadir dengan mengusung karakter racing, dan mempunyai sejumlah daya tarik baru.


“Performa dan handling terbaik, menegaskan kekuatan motor sport sejati, fitur lebih canggih, serta hadir dengan desain beraura big bike. Ciptakan kesan agresif sejak pandangan pertama. Beragam fitur baru dan penyempurnaan di dalamnya, sekaligus meningkatkan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari,” urai Lerri.


Denny Budiman, General Manager Technical Service DAM dalam kesempatan yang sama menambahkan, perbedaan antara All New Honda CBR150R dengan generasi sebelumnya, secara garis besar ditunjang penyematan fitur terbaru assist/slipper clutch, dan inverted front suspension.


Assist/slipper clutch kata Denny berfungsi mencegah ban belakang selip, yang disebabkan engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem. Melalui pengaplikasiannya, pengendara juga bisa merasakan pengoperasian kopling yang lebih ringan.


Lalu fitur inverted front suspension yang sanggup meningkatkan kestabilan berkendara harian. Terutama ketika All New CBR150R diajak melaju dengan kecepatan tinggi. Selain itu, suspensi baru tadi bikin handling semakin lincah.

  • Tampilan CBR150 lama bisa diupgrade menjadi seperti All New CBR150R.

“Secara mekanis, apabila Honda CBR150R generasi sebelumnya mau di upgrade ke All New CBR150R, contohnya menggunakan assist/slipper clutch generasi terbaru, itu bisa-bisa saja,” terang Denny.


Tetapi konsumen harus membeli satu set komponen, seperti center clutch dan lainnya. Denny pun mempersilahkan konsumen datang ke jaringan bengkel resmi DAM, kalau mau upgrade. Agar bisa ditangani optimal, dan garansi terjamin.

  • Beberapa fitur terbaru All New CBR150R di antaranya adalah headlamp LED berdesain agresif yang mengadopsi DNA CBR250RR, inverted front suspension keluaran Showa, sistem pengereman ABS (Anti-Locak Brake System), dan Emergency Stop Signal (ESS) yakni lampu sein kanan-kiri secara bersamaan menyala sebagai tanda kepada pengendara di belakang, ketika terjadi pengereman mendadak.

“Tetapi bila mau meng-upgrade body motor Honda CBR150R generasi sebelumnya, menjadi body All New CBR150R, tidak bisa 100 persen digunakan. Karena ada beberapa komponen yang beda, dan harus disesuaikan ulang,” paparnya.


Ferdy Sukmawidjaja, General Manager Parts Sales, Marketing & Logistic DAM mengatakan, untuk upgrade dari generasi lama ke New Honda CBR150R generasi terbaru, ada 18 - 20 item spare parts yang perlu diganti. “Total biaya yang harus dikeluarkan konsumen, sekitar Rp1,6 juta sampai Rp1,7 juta. Itu belum termasuk biaya jasa,” tandasnya.

  • Alternatif lain modifikasi dengan menggunakan genuine accesories Honda

DAM memasarkan All New CBR150R tipe Non-ABS dengan pilihan warna Matte Black, Victory Black Red, dan Dominator Matte Black seharga Rp 35.875.000. Sedangkan warna Honda Racing Red dijual Rp 36.575.000.

Sedangkan tipe ABS warna Victory Black Red dan Dominator Matte Black dibanderol Rp 39.800.000. Corak Honda Racing Red dijual Rp 40.700.000, serta MotoGP Edition dipasarkan Rp 40.800.000.


Semua harga berlaku on the road wilayah Bandung, Jabar. DAM pun menargetkan, penjualan All New CBR150R sebanyak 350 unit per bulan.


Baca juga:

Teks: Setiawan AS

Foto: DAM, AHM