• Editor

Ini Fitur dan Spesifikasi Honda City Hatchback RS

“Untuk harga, akan kami infokan ketika mulai delivery ke jaringan dealer kami.” (Yusak Billy - Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM)
  • Honda City Hatchback RS siap melibas jalan raya dengan harga yang belum dipastikan

OTOPLUS-ONLINE I Awal Maret tahun ini, berbekal percaya diri karena telah begitu sukses dengan penjualan Brio tahun lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan Honda City Hatchback RS untuk pertama kalinya di Indonesia.

  • Honda City Hatchback RS bersama para BoD PT HPM

  • Yusak Billy (kiri) dan BoD PT HPM perwakilan asal Jepang

Peluncuran mobil tanpa buntut ini, seakan upaya terus memperkuat eksistensi Honda di segmen hatchback, yang dekat dengan gaya hidup anak muda. Honda City Hatchback RS dikatakan HPM tampilkan desain sporty, aneka fitur terkini dan tenaga mesin terbesar di kelasnya.


Pada segmen hatchback, Honda memiliki reputasi lumayan dengan model-model seperti Jazz dan Civic Hatchback RS. Jika digabungkan, kedua model itu mendominasi segmen hatchback di sepanjang tahun 2020, dengan pangsa pasar 48%.


Bahkan Honda Jazz secara konsisten terus memimpin segmen tersebut, dari tahun ke tahun. Namun, sebagai pemimpin pasar hatchback, HPM justru melakukan stop produksi terhadap Honda Jazz per Februari 2021. Dengan alasan, pertimbangan secara matang, dan survei mendalam.

  • Honda City Hatchback RS siap menggantikan posisi Honda Jazz

  • Dilihat dari belakang juga memiliki tarikan garis aerodinamis

Lebih jauh bicara City Hatchback RS, kesuksesan Honda di segmen ini diakui tak lepas dari kontribusi varian berlabel RS atau ‘Road Sailing’. RS merupakan pengembangan khusus untuk varian Honda, dengan karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa.


Tahun lalu, varian RS dari Honda Jazz berkontribusi di atas 90%, dari total penjualan model hatchback. Tahun yang sama, Honda juga rilis model terbaru Civic Hatchback dengan varian tunggal RS, dan mendapat respon positif.


Selain Jazz dan Civic Hatchback, varian RS juga dimiliki model populer lain, seperti Brio, Mobilio dan kini, City Hatchback.


Fitur City Hatchback RS

  • Honda City Hatchback RS didukung desain grille yang sporty

Mengusung konsep ‘Elevate Your Move’, City Hatchback RS mewarisi keunggulan eksterior yang menerapkan cutting edge design, dengan garis karakter kuat. Full LED Headlight dengan LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. Warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, dan Shark Fin Antenna. Velg 16 inci memiliki aksen warna hitam penambah kesan sporty.

  • Full LED Headlight dengan LED Daytime Running Light, LED Foglight

  • Velg 16 inci memiliki aksen warna hitam

  • Shark Fin Antenna

Aerokit eksklusif RS pada eksterior, seperti Rear Bumper dengan Diffuser, Fog Garnish, dan Front Bumper Lower Mesh Grille. Kombinasi aerokit dan bumper di model ini telah dikembangkan. Lewat pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development, Sakura, Jepang, yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

  • Desain dashboard berkesan mewah dan kekinian

  • Desain kemudi yang bisa koneksi ke layar sentuh dan diberi aksen merah sporty

  • Dilengkapi desain dashboard yang menarik


Honda City Hatchback RS dilengkapi fitur Remote Engine Start, bisa hidupkan mesin dan A/C otomatis, sebelum memasuki kendaraan. Merupakan model pertama di kelasnya, yang memiliki fitur tersebut. Sebelumnya dihadirkan untuk model-model premium seperti All New Honda Accord, New Civic, dan New CR-V.

  • Fitur hiburan yang siap memanjakan penggunanya

  • Speaker tersedia di kabin depan dan belakang

Desain panel instrumen Sporty Meter Cluster with Red Accent, terintegrasi dengan 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone mudah ditautkan ke bagian audio, dengan fitur Smartphone Connection. Dilengkapi 8 buah speaker pada kabin bagian depan dan belakang, serta Auto A/C with Red Illumination.


Tak ketinggalan fitur Multi-Angle Rear View Camera, dengan 3 pilihan tampilan; Normal, Wide, dan Top View, membantu pengguna saat parkir. Berbagai fitur kekinian lain sesuai gaya hidup anak muda juga disematkan. Seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. Semua dilengkapi Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, setir, dan Shift Knob.

  • Interior kabin yang lapang

  • Kursi depan bisa direbahkan maksimal hingga bisa buat rebahan

  • Bagasi bisa dioptimalkan dengan melipat kursi belakang

  • Kursi belakang yang bisa dilipat

Kabin lapang disertai jok berlapis Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats, diberi aksen merah sajikan kenyamanan berkelas, serta sensasi mobil lebih sporty. Ranah kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat, di mana penumpang bisa mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang. Terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.


Performa Mesin Terbesar di Kelasnya

Model terbaru ini memiliki mesin sesuai standar gas buang Euro 4. Tersedia transmisi CVT & 6 M/T, didukung mesin 4-silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC+DBW, dengan daya maksimum 121PS/6.600 rpm, dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, sebagai yang terbesar di kelasnya. Tersedia pula ECON Mode, untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

  • Mesin 4-silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC+DBW, dengan daya maksimum 121PS/6.600 rpm, dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, sebagai yang terbesar di kelasnya.

Untuk menambah rasa pede saat berkendara, City Hatchback RS telah dilengkapi fitur keselamatan menggunakan rangka G-CON + ACE™, dilengkapi 6 airbags. Disematkan pula antara lain sistem pengereman ABS, EBD + BA.

Lalu fitur keamanan Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Juga telah disesuaikan standar keamanan Honda, meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

  • Standar keamanan meliputi Smart Key with Keyless Entry, dan Immobilizer, dan Alarm System

Sayangnya harga belum tersedia pada Honda City Hatchback RS dengan 6 pilihan warna ini. Yaitu Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic. “Untuk harga, akan kami infokan ketika mulai delivery ke jaringan dealer kami,” pungkas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.


Teks: Setiawan AS

Foto: HPM

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.