• Editor

Ini Kelebihan Suzuki XL7 Menurut Ridwan Hanif

Ridwan Hanif Rahmadi, youtuber sekaligus reviewer otomotif ungkap kelebihan Suzuki XL7.

Suzuki XL7 Alpha Rising Orange+Black


OTOPLUS-ONLINE I Di bincang webinar Automotive Talk 9 Oktober 2021 lalu, UMC Suzuki Jatim mengundang Ridwan Hanif sebagai guest star berkenaan dengan pernah dinobatkannya Suzuki XL7 sebagai Car of the year 2020.


Apa sih yang menjadi kelebihan Suzuki XL7 menurut youtuber sekaligus reviewer otomotif bernama lengkap Ridwan Hanif Rahmadi ini?


Ground Clearance

“Ground clearance Suzuki XL7 mencapai 220 mm (seharusnya 200 mm Red.) membuat kita percaya diri ketika melewati jalanan semi offroad atau rusak.”

Garnish di rocker panel, hadirkan kesan SUV sekaligus melindungi bodi


Penjelasan OTOPLUS-ONLINE, bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang ground clearancenya 180 mm, ground clearance Suzuki XL7 lebih tinggi 20 mm.


Perbedaan itu murni didapat dari perbedaan ukuran ban. Ertiga menggunakan pelek 15 inci dengan ban berukuran 185/65R15, sementara Suzuki XL7 pelek 16 inci dan ban 195/60R16.


Sementara tipe suspensinya sama, depan mengandalkan model McPherson Strut dengan per spiral dan belakang Torsion Beam juga dengan per spiral. Artinya kenyamanan berkendara Suzuki XL7 sama persis dengan Ertiga.


Tampilan Ala SUV

Ridwan mengaku paling menyukai tampang depan Suzuki XL7, terutama ketika Daytime Running Light LEDnya menyala. “Gagah banget,” tukasnya.

Mau varian paling lengkap, pilih Suzuki XL7 Alpha


Selain tampang depan, bagian bodi yang rawan terkena lontaran kerikil saat melaju di medan semi offroad dilindungi dengan panel atau cladding plastik. Seperti di sekitar fender roda dan rocker panel.


Selain cladding plastic berwarna hitam, Suzuki juga menambahkan panel lower garnish ala-ala skid plate warna silver di bagian bawah bumper depan dan belakang juga rocker panel atau biasa disebut lisplang.


Menegaskan sosok SUV, Suzuki XL7 juga dilengkapi dengan roof rail yang berguna sebagai dudukan bagasi tambahan ketika berpetualang bersama keluarga.


Baca juga: Komparasi Suzuki XL7 vs Daihatsu All New Terios (Bagian 1)


Pilihan Warna

Ridwan Hanif menyukai Suzuki XL7 Alpha warna oranye (Rising Orange) atau abu-abu (Metallic Magma Grey) untuk varian Suzuki XL7 Beta.

Suzuki XL7 Metallic Magma Grey


Suzuki memberikan empat pilihan warna di tiap varian. Warna Suzuki XL7 Alpha yaitu Rising Orange+Black, Brave Khaki+Black, Suzuki XL7 Alpha hitam atau Prime Cool Black dan Prime Snow White. Lalu Suzuki XL7 Beta dan Suzuki Xl7 Zeta pilihan warnanya sama yaitu Pearl Burgundy Red, Metallic Magma Grey, Pearl Snow White dan Prime Cool Black.


AC Auto Climate

Kelebihan lain Suzuki XL7 menurut Ridwan ada pada sistem AC yang sudah mengadopsi tipe Auto Climate Control. “Tinggal pencet tombol Auto dan AC akan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Varian XL7 Alpha dan XL7 Beta menggunakan AC Auto Climate Control


Enak, gak perlu mikir harus setting di suhu dan kekuatan hembusan berapa,” tukas Ridwan yang bergelar S1 Perpustakaan ini. Fitur Auto Climate AC ini merupakan kelengkapan standar di varian Suzuki XL7 Alpha dan Suzuki XL7 Beta.


Smart E-Mirror

“Spion tengahnya yang menggunakan Smart E-Mirror tidak dimiliki para pesaingnya,” ujar Ridwan Hanif. Smart E-Mirror merupakan fitur unggulan di varian Suzuki XL7 Alpha.

Smart E-Mirror hanya dimiliki XL7 Alpha


Fitur ini menggantikan peran spion tengah yang memakai kaca konvensional dengan layar monitor. Tampilan belakang direfleksikan dari kamera yang tertanam di atas lokasi plat nomor sehingga pandangan yang disodorkan tidak akan terganggu oleh kepala penumpang seperti umumnya kaca spion tengah konvensional.


Tidak hanya berfungsi menampilkan obyek di belakang, layar spion monitor tersebut juga dapat menampilkan pemandangan di hadapan pengemudi.


Menariknya lagi tidak sekadar menampilkan namun juga dapat difungsikan untuk merekam perjalanan sehingga seandainya dalam perjalanan terjadi insiden, rekaman tersebut bisa digunakan sebagai bukti untuk laporan ke kepolisian atau pihak asuransi.


Baca juga: Fungsi Penting Fitur Smart E-Mirror Pada Suzuki XL7


Fun To Drive

“Semua mobil Suzuki yang pernah saya pakai, semuanya enak disetirin, selalu ada perasaan spesial saat mengemudikannya,” jujur Ridwan yang asli Klaten Jawa Tengah ini.

Mesin K15B yang irit, fleksibel dan tangguh


Terlebih di generasi terbaru produk Suzuki saat ini yang rata-rata sudah menggunakan platform generasi terbaru, Heartect yang tak hanya menawarkan sasis lebih kaku sehingga meningkatkan performa saat melaju kencang, menikung dan berhenti tetapi tetap efisien soal konsumsi bahan bakar lantaran lebih ringan.


Baca juga: Komparasi Suzuki XL7 VS Daihatsu All New Terios (Bagian 2-Habis)


Harga XL7 (Tipe dan Harga)

XL7 Zeta MT: Rp240.642.118

XL7 Zeta AT: Rp250.360.368

XL7 Beta MT: Rp256.037.118

XL7 Beta AT: Rp265.839.368

XL7 Alpha MT: Rp267.037.118

XL7 Alpha AT: Rp276.839.368


Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto