• Editor

Isuzu Trooper II Turbodiesel 5-Speed 1986 Ini Terjual Rp243 Juta di Platform Lelang Digital

Model dengan mesin turbodiesel 2.2 liter inline-four ini tergolong langka karena hanya dipasarkan di AS.

OTOPLUS-ONLINE I Artikel berjudul '40th Anniversary Chevrolet Trooper: Kisah 20 Tahun Lebih Bersama Si Polisi Hutan' yang kami muat 29 September 2021 kemarin mendapat respon luar biasa dari para pembaca.


Bisa jadi karena artikel itu dibuat pada momentum 40 tahun keberadaan Isuzu/Chevrolet Trooper pada 21 September 2021 kemarin.

Atau bisa jadi karena penulisan artikel itu turut melibatkan Andhika D. Pradana dari Komunitas Trooper Indonesia-Jakarta.


Namun demikian, kami ingin merespon apresiasi ini dengan menghadirkan informasi lain terkait Isuzu/Chevrolet Trooper, yang kami harap, paling tidak, menjadi inspirasi, atau paling tidak sebagai bahan obrolan sesama pecinta Trooper.

Kali ini kami melaporkan lelang Isuzu Trooper II Turbodiesel 5-Speed 1986 di sebuah platform lelang digital, Bring A Trailer yang berkantor di San Francisco, California. Lelang itu sendiri sudah dilakukan agak lama, tepatnya pada 22 Juni 2020 lalu.


Baca juga: 40th Anniversary Chevrolet Trooper: Kisah 20 Tahun Lebih Bersama Si Polisi Hutan


Dikutip dari laman resmi bringatrailer.com, Isuzu Trooper II Turbodiesel 5-Speed 1986 yang tergolong langka karena hanya dipasarkan di Amerika Serikat ini akhirnya terjual di angka $17,000 atau sekitar Rp243 juta.

Isuzu Trooper II 1986 yang dilelang dan terjual ini adalah mobil wagon tiga pintu yang ditenagai mesin turbodiesel 2.2 liter inline-four, dan dipasangkan dengan gearbox manual lima kecepatan dan transfer case dual-range.

Mobil yang telah dipakai sejauh 64.373,76 Km ini dijual oleh Isuzu Hillside, New Jersey dan memiliki warna Cavalier Blue, dengan dilengkapi pelek warna putih ukuran 15 inci, ban cadangan yang dipasang di belakang, roof rail, kursi belakang model bangku, pemutar kaset stereo, dan radio CB aftermarket, antena K40, dan sistem alarm.

Trooper ini dibeli oleh dealer pada Mei 2020 dari pemilik asli, dan kemudian ditawarkan lengkap dengan literatur pabrik, dan laporan Carfax yang berisikan riwayat kendaraan yang lengkap untuk memastikan kendaraan mempunyai masalah atau tidak ada masalah.

Eksteriornya dilabur warna Cavalier Blue (803) dan menampilkan garis-garis emas dan grafis serta trim hitam di sekitar jendela dan rocker bawah.

Perlengkapan eksterior termasuk lampu depan bundar, kaca spion samping, roof rail (rel atap), wiper kaca belakang, dan satu outlet knalpot.


Karat terlihat pada spatbor sisi pengemudi, dan laporan Carfax tidak menunjukkan adanya kecelakaan atau kerusakan lainnya.

Roda sembilan lubang 15 inci berwarna putih dilengkapi dengan ban 225/75 Goodyear Wrangler RT/S dengan white letter (tulisan putih) yang dikatakan berasal dari tahun 1980-an. Sebuah ban cadangan tertutup dipasang di bagian belakang.

Interiornya memiliki kursi bucket depan dan bangku belakang yang dilapisi kain cokelat. Fasilitas termasuk konsol tengah, pemanas (heat and defrost), sabuk pengaman untuk lima penumpang, jendela wind-up manual, stereo kaset, serta radio CB aftermarket, antena K40, dan sistem alarm.

Dealer penjual mencatat bahwa radio CB dan sistem alarm dipasang tak lama setelah pemilik asli ganti mobil.

Roda kemudi palang dua di depan speedometer 100-mph, tachometer 6000 rpm, dan pengukur tekanan oli, coolant temperature, dan fuel level. Odometer enam digit sendiri menunjukkan mobil ini telah menempuh jarak pemakaian 40.000 mil.

Sebagai informasi, mesin turbodiesel 2.2 liter inline-four hanya ditawarkan di AS untuk model Trooper tahun 1986.


Teks: Indramawan

Foto: Bring A Trailer