• Editor

Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (2): Begini Cara Kerja ALDWS


Active Lane Departure Warning System (ALDWS) pada Peugeot New 3008 SUV Allure Plus berfungsi memberikan peringatan kepada pengemudi, terutama saat kendaraan yang dikemudikan keluar dari jalur.

Fitur Active Lane Keeping Assist & Correction atau dinamakan juga Active Lane Departure Warning System (ALDWS) Peugeot New 3008 SUV Allure Plus berfungsi memberikan peringatan kepada pengemudi, terutama saat kendaraan yang dikemudikan keluar dari jalur. Hadirnya fitur smart ALDWS jadi unggulan mobil pabrikan asal Prancis, khususnya pada varian Allure Plus.


“Fitur Active Lane Departure Warning System (ALDWS) di varian Allure Plus berbeda dengan yang dimiliki varian GT Line. Di Allure Plus fitur ini secara aktif akan mengoreksi arah kemudi ke posisi jalur yang benar saat kendaraan keluar dari marka jalur. Kondisi ini biasanya terjadi akibat pengemudi lalai atau mengantuk,” ucap Samsudin, Technical National PT Astra International Tbk - Peugeot.


“Kelebihan ALDWS di varian Allure Plus pada saat berkendara normal dan driver dalam kondisi ‘fit’ meskipun fitur ALDWS aktif, fitur tersebut masih akan mengizinkan mobil keluar jalur bila dibarengi penggunaan lampu sein. Lampu sein digunakan sebagai indikator kalau pengemudi secara sadar menjalankan mobil, makanya alarm tidak akan aktif meskipun posisi mobil pindah jalur atau melewati garis pemisah,” tambahnya.


  • Saat fitur ini aktif, indikator ALDWS (warna oranye) akan menyala dan kemudi secara otomatis mengoreksi arah laju mobil kembali ke jalurnya.


Cara kerja ALDWS didukung sensor kamera yang tampak di bagian tengah atas kaca depan. Sensor kamera akan mendeteksi garis marka jalan selama mobil tetap melaju di lajur jalan, lalu diteruskan indikatornya ke panel instrumen. Makanya ketika mobil terdeteksi keluar dari garis marka jalan, indikator peringatan pada panel instrumen akan muncul.


“Karena sifatnya yang aktif, kalau indikator tersebut diabaikan, dalam beberapa saat kemudian ECU secara elektrikal akan melakukan intervensi ke setir mobil. Setir mobil akan bergerak dengan sendirinya untuk mengembalikan arah laju mobil sesuai dengan jalurnya,” imbuhnya. Untuk mengaktifkan fitur ini tekan tombol 'tuts piano' bergambar mobil di bawah layar dasbor. Masuk menu 'Driving functions' akan terdapat opsi ‘Help with changing lane’ dan pilih ‘ON’. Dengan begitu fitur Active Lane Departure Warning System akan aktif, dan secara otomatis mulai membaca sensor dari kecepatan 65 km/jam hingga 180 km/jam.


  • ALDWS bisa diaktifkan melalui layar multimedia.


Otoplus-online mencoba langsung fitur ini, saat melaju 75 km/jam secara sengaja kami berpindah jalur tanpa menghidupkan lampu sein, saat menyentuh marka jalan, setir akan bergetar serta mengembalikan arah mobil kembali ke jalurnya dibarengi dengan nyala indikator ALDWS warna orante di instrument cluster. Mantap!


Namun dalam kondisi tertentu seperti kondisi garis marka yang tidak jelas maka sensor tidak bisa mendeteksi dan fitur akan non-aktif meski dalam kecepatan aktivasi. Dan jika ingin menon-aktifkan fitur ini lakukan langkah sebaliknya.


"Pilihan untuk menonaktifkan untuk mengakomodasi pengendara yang ingin leluasa bermanuver. Dengan menonaktifkan fitur, kita dapat berpindah jalur secara leluasa meskipun tanpa menggunakan lampu sein," tutup Samsudin.


Baca juga:

Jajal Peugeot 3008 Allure Plus (1): SUV Pertama Peraih Gelar Car of The Year


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto