top of page
  • Gambar penulisEditor

Jelang MotoGP Portugal 2023: Mampukah Marc Marquez Membuat Perbedaan dengan Sprint Race?

Enea Bastianini dan Pol Espargaro absen karena cedera, Joan Mir jalani long-lap penalty.

Start di posisi terdepan setelah membuat rekor baru di sirkuit Portimao, mampukah Marc Marquez membuat perbedaan pada balap nanti malam?


OTOPLUS-ONLINE I Putaran pertama MotoGP 2023 yang kali ini diawali dari sirkuit Portimao, Portugal akan berlangsung pada Minggu, 26 Maret 2023, pukul 20:00 nanti malam.


Pembalap kedua Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini yang harusnya start di posisi ke-6 dipastikan tidak akan mengikuti putaran pertama ini akibat cedera yang didapatnya saat Sprint Race pada Sabtu, 25 Maret 2023 kemarin.

Bastianini mengalami kecelakaan setelah ditabrak Luca Marini. Pembalap Mooney VR46 Racing Team-Ducati ini kehilangan cengkeraman roda depan motornya di tikungan 5, hingga tergelincir dan ikut menyeret Bastianini dalam insiden ini.

Akibat insiden ini, tulang belikat Bastianini patah hingga membuatnya absen dari balapan hari ini, dan juga MotoGP Argentina akhir pekan depan.


Selain itu, Pol Espargaro yang terjatuh saat latihan pada hari Jumat, 24 Maret 2023 juga akan absen.

Pol Espargaro (Tech3 GASGAS Factory Racing (KTM).


Espargaro mengalami patah rahang, patah tulang punggung, dan mengalami pulmonary contusion (cedera paru-paru) setelah terjatuh pada kecepatan tinggi hingga tubuhnya terseret dan beberapa kali terguling-guling hingga pembatas ban luar, sebelum dihantam motornya sendiri yang ikut terseret mengikutinya.


Secara terpisah pembalap MotoGP, sempat mengeluhkan bahaya kerikil yang digunakan di sirkuit Portimao. Apakah kerikil ini turut memperparah kondisi Espargaro?



Belum ada kejelasan, sebagaimana kapan Espargaro akan come back. "Dia akan diterbangkan kembali ke Barcelona, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Baru setelah itu kami akan mengeluarkan pernyataan lebih jelas terkait butuh waktu berapa lama untuk pemulihan. Tapi menurut saya bakal sedikit lebih lama," tutur Herve Poncharal dari Tech3 GASGAS Factory Racing (KTM).


Kabar lain, Joan Mir, juara dunia MotoGP 2020 bersama Suzuki, dan kini membalap untuk Repsol Honda Team setelah Suzuki menyatakan resign dari MotoGP mulai tahun 2023 ini, harus menjalani hukuman long lap.

Joan Mir (Repsol Honda Team).


Hukuman ini diberikan kepadanya karena dinilai menjadi penyebab insiden senggolan dengan Fabio Quartararo saat laga Sprint Race di Portimao pada Sabtu kemarin.



Pada saat kejadian, Mir coba menyalip Quartararo di tikungan dari dalam. Karena tidak banyak ruang, Mir justru terjatuh dan menyenggol Quartararo hingga membuatnya keluar lintasan. Beruntung Quartararo masih bisa melanjutkan balap.

Marc Marquez menempati podium ketiga di Sprint Race hari Sabtu. Apakah ia sanggup naik ke podium pertama?


Memang MotoGP Portugal nanti malam layak dinanti. Marc Marquez akan kembali start dari posisi terdepan.

Apakah kali ini pembalap andalan Repsol Honda Team ini mampu membuat perbedaan, setelah pada Sprint Race ia disusul oleh Francesco Bagnaia yang kemudiaan memenangkan balap hari Sabtu itu.


Apakah hal yang sama akan terjadi?


Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

bottom of page