• Editor

Kelebihan Moto Guzzi V85 TT Travel Dibanding V85 TT dan V85 TT Adventure

Dalam jajaran adventure bike Moto Guzzi V85 TT Travel menempati kasta tertinggi. Apa istimewanya?

Moto Guzzi V85 TT Travel dihadirkan oleh Piaggio Indonesia dan dipasarkan dengan harga Rp700 Juta off the road Jakarta


OTOPLUS-ONLINE I Piaggio Indonesia secara resmi memasarkan empat produk premium beberapa hari lalu, di antaranya Moto Guzzi V85 TT Travel, bersama dengan Moto Guzzi V7 Stone terbaru, bersama dengan Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.


Yang menarik adalah hadirnya Moto Guzzi V85 TT Travel, karena merupakan varian tertinggi di line-up adventure bike MotoGuzzi.


Sebagai informasi, Moto Guzzi memperkenalkan V85TT di segmen adventure bike pada akhir 2017, dan mulai memproduksinya pada 2019. Dengan menggabungkan gaya klasik dengan perlengkapan modern motor ini sukses di pasaran.

Line-up adventure bike Moto Guzzi diisi oleh V85 TT, V85 TT Adventure, dan V85 TT Travel


Setelah kesuksesan V85 TT, Moto Guzzi kemudian menambahkan varian V85 TT Adventure. Kalau V85 TT didesain sebagai kendaraan serbaguna dan menjadi model entry-level untuk segmen adventure, maka TT Adventure dimaksudkan sebagai the next level, dengan penambahan berupa satu set pannier aluminium, dan satu set ban berorientasi petualangan untuk sedikit tambahan kemampuan off-road.


Untuk melengkapi line up di segmen adventure, Moto Guzzi kemudian juga menghadirkan V85 TT Travel. Bisa dibilang, TT Travel menempati kasta tertinggi, dengan tambahan beberapa fitur kenyamanan.


Baca juga: Piaggio Indonesia Luncurkan 4 Produk Premium


TT Travel dilengkapi dengan kaca depan yang lebih tinggi, yang 60 persen lebih besar dari layar standar menurut Piaggio. Pegangan atau handgrip berpemanas dengan kontrol yang mudah diakses. Juga satu set pannier plastik dan aluminium volume tinggi.


Memasuki tahun 2021, Moto Guzzi menghadirkan versi terbaru dari V85 TT yang menjadi best seller. Beberapa pengembangan dilakukan berdasarkan permintaan para penggemarnya.

Perbaikan utama ada pada mesin


Perbaikan terutama melibatkan mesin. Tata letak konstruksi masih eksklusif dari semua sepeda Moto Guzzi yang saat ini diproduksi: V-twin 90° transversal, berpendingin udara dengan sistem timing pushrod dan rocker, serta dua katup per silinder (silinder intake dalam titanium), kebanggaan dan tradisi Moto Guzzi.


Unit ini sekarang memiliki torsi yang lebih besar pada rpm rendah dan menengah berkat pengangkatan pushrod dan cam timing rocker yang dioptimalkan, serta penyesuaian elektronik kontrol engine.

Pelek jeruji dengan ban tubeless dipandang lebih membawa keuntungan


Pelek jeruji baru sekarang memasang ban tubeless, mereka menjamin bobot sekitar 1,5 kg lebih rendah, mengurangi massa unsprung yang menguntungkan dinamika berkendara.

Dilengkapi sistem elektronik moderen termasuk menghubungkan motor dengan ponsel


Adapun sistem elektronik bantuan berkendara, dua Mode Berkendara baru (Sport, cocok untuk pengendaraan yang lebih sporty dan Custom, dapat disesuaikan) bergabung dengan tiga yang ada (Strada - Street, Pioggia - Rain, Off-road) untuk mengatur kontrol traksi, ABS dan respon dari throttle Ride-by-Wire.


Cruise control dan panel instrumen TFT berwarna juga menjadi standar. Menggunakan Moto Guzzi MIA, platform multimedia Moto Guzzi yang tersedia secara opsional dalam berbagai macam aksesori dalam katalog khusus, Anda dapat menghubungkan ponsel pintar Anda ke kendaraan, memperluas fungsi panel instrumen.

V85 TT Travel mendapat semua pengembangan V85 TT


Nah, V85 TT Travel menerima semua peningkatan teknis dari V85 TT ini. Seperti sebelumnya, TT Travel dilengkapi paket peralatan lebih lengkap sehingga membuatnya paling menonjol, dan siap untuk traveling dalam kondisi apa pun.

Mesin memiliki torsi lebih besar pada rpm rendah


Perlengkapan itu di antaranya kaca depan Touring, pannier samping dari seri Urban dengan kapasitas kargo tinggi, dan pengurangan curah lateral, sepasang lampu LED tambahan, dan set pegangan tangan berpemanas yang dapat disesuaikan, serta platform multimedia Moto Guzzi MIA.

Dilengkapi beberapa fitur dan kelengkapan untuk traveling


Piaggio Indonesia memasarkan Moto Guzzi V85TT Travel dengan harga Rp700 juta off the road Jakarta.


Teks: Indramawan

Foto: Moto Guzzi