top of page
  • Gambar penulisEditor

Knalpot CB Klasik Bertenaga Ciamik, Bersuara Unik


"Tak hanya didesain untuk bisa membangkitkan power maksimal mesin CB. Suara knalpot stainless ini jadi poin penting. Bakal ada suara 'Srung.. Srung.. Srung..' mengikuti suara nge bass knalpotnya," buka Maxgizca Yunas, tuner dan owner workshop Iquteche, mengomentari knalpot Doctor X ini.


Buat memaksimalkan tenaga motor-motor CB berbasis mesin yang rata-rata sudah di-upgrade speknya (bore up dan atau stroke up, Red), e Max, sapaannya, menyebut dimensi leher knalpot hingga lubang ujung silinser, sudah melalui riset.

"Desainnya untuk mesin CB atau GL series yang sudah dimodifikasi hingga kapasitas menjadi kisaran 250 cc. Lehernya gunakan pipa 35 disambung ke 38. Panjang header relatif pendek menyesuaikan karakter mesin 'torsi'," tunjuk penyuka balap motor ini.


Usut punya selidik, ternyata workshop Iquteche yang dikenal sebagai Dynotest Center dan bengkel performa balap dan harian, motor cc kecil hingga moge, serta spesialis setting injeksi balap dan injeksi ini adalah partner riset knalpot Doctor X.


Jadi wajar jika e Max paham banget soal knalpot ini. Termasuk urusan suara nge-srung-nya. "Ini salah satu suara khas motor CB yang trending di pecinta CB sejak lama. Biasanya mereka harus bedel dan memodif knalpot standar untuk mendapatkan karakter suara nge-srung ini. Nah knalpot ini tinggal pasang dan gass, nggak perlu repot lagi," tutup pria yang bisa ditemui di bengkel yang ada di Jalan Kauman Asri I Gang Kavling Baru, Benowo, Surabaya, dan siap dikontak di nomor 0812-3022-3322.


Spesifikasi Produk

Merek: Doctor X

Model/Tipe: CB/GL Bore Up/Stroke Up

Bahan: Header St 201, Silencer St 304

Dimensi: Header pipa kombinasi 35-38 mm, Silinser panjang total 60 cm, diameter lubang 49 mm

Harga: Rp 900 ribu

Alamat Pemesanan: Workshop Iquteche, Jalan Kauman Asri I Gang Kavling Baru, Benowo, Surabaya

Hp 0812-3022-3322



Teks & Foto: Abbas

bottom of page