• Editor

Koleksi Ninja 2-Tak Bengkel Restorasi di Sidoarjo Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala


OTOPLUS-ONLINE I 2Stroke.Ind atau Two Stroke Industry adalah usaha bengkel rumahan yang dirintis Hengky Setio Wibisono, dan bergerak di bidang jasa restorasi, sekaligus jual unit Kawasaki Ninja 2-tak.

Hengky Setio Wibisono


"Saya hobi restorasi Ninja sejak 2012. Tapi baru mulai fokus mengembangkannya mulai 2016," buka pria yang mengaku demen dengan motor sport Kawasaki ini sejak SMP, tapi dilarang orangtua.

Beberapa koleksi Ninja 2-tak rare items ada di ruang tamu.


Keseriusan pria kelahiran Surabaya, 11 September 1992 ini patut diacungi jempol. Hengky terkesan tidak mau setengah-setengah dalam menjalankan hobi sekaligus bisnisnya ini.


Terbukti ketika OTOPLUS-ONLINE datang ke tempat 2Stroke,Ind yang ada di Jl. Raya Merak Perum REWWIN, Waru - Sidoarjo. Jujur saja, sangat surprise melihat koleksi Ninja 2-tak yang ada di ruang tamu. Semuanya good condition, dan hampir semuanya rare item!

Kawasaki Ninja KR 150 C 1996 warna black


Ada Kawasaki Ninja KIS (KR 150 C) 1996 warna Black yang merupakan varian Ninja 2-tak pertama yang beredar di pasaran Tanah Air. "Ini sudah sangat-sangat langka sekali, dan saya merasa beruntung bisa dapat varian ini," tunjuk Hengky.


Sebagai info, KIS adalah singkatan dari Kawasaki Integrated System, atau teknologi pendongkrak akselerasi motor 2-tak buatan Kawasaki dengan tetap memperhitungkan efisiensi bahan bakar.

Kawasaki Ninja KR 150 C 1997 warna merah hati


Terus ada juga Kawasaki Ninja KIS (KR 150 C) 1997 warna merah hati yang merupakan edisi KHI (Kawasaki Heavy Industries), atau Japan Edition punya, yang masuk ke Indonesia via importir umum,


"Saya merasa beruntung karena bisa merestorasi Ninja KHI yang asli dibuat di Jepang. Hunting stiker dan bodinya harus bener-bener sabar, susah banget cari parts-nya. Keterangan di parts list KMI (Kawasaki Motor Indonesia) sudah discontinued," terang Hengky.

Kawasaki Ninja KR 150 J 1998 Dual Tone Edition (hijau - merah)


Berikutnya, ada Kawasaki Ninja KIS (KR 150 J) 1998 Dual Tone Edition (hijau - merah). Hengky mengaku beruntung punya varian Ninja KIS ini. Meski kondisi tidak semulus unit lainnya, tapi bagi dia, unit utuh sejak 1998 itu hal yang sangat susah didapatkan.


"Bayangkan saja, bagaimana kondisi Ninja KIS Dual-Tone yang masih utuh, hingga stiker cradle, serta kondisi cat rangka dan bodi juga relatif masih sangat baik untuk usia motor 23 tahun. Saya yakin yang punya unit Dual-Tone utuh hanya beberapa unit saja di Indonesia. Orang bisa restorasi pun belum tentu bisa mendapatkan bodi yang original dengan cat kode Hijau 3X, dan body belakang merah Red FX (sesuai part katalog Ninja)," bangga Hengky.

Kawasaki Ninja KR 150 J 2005 warna blue candy


Lanjut, ada Kawasaki Ninja KIS (KR 150 J) 2005 warna blue candy. "Ninja KIS 2005 warna Blue Candy ini idaman saya sejak iklan Kawasaki tampil di TV dulu. Restorasinya juga detail banget, kurang lebih 85% pakai new Kawasaki Genuine Parts. Saya butuh waktu sekitar 1 tahun untuk nge-build-nya," bangga Hengky.

Kawasaki Ninja KR 150 J 2006 Dual Tone warna silver - maroon


Tak kalah menariknya, Ninja KIS (KR 150 J) 2006 Dual Tone warna silver-maroon. "Itu warna rare (langka). Unitnya jarang juga yang asli silver-merah. Apa lagi bodi tengahnya udah gak ada yang jual," bilang Hengky sambil menambahkan, varian ini adalah last edition dari Ninja KIS di tahun 2006.

Kawasaki Ninja KR 150 RR warna blue candy 2004 CBU


Lanjut lagi ada Kawasaki Ninja Super KIPS (KR 150 RR) Blue Candy 2004 CBU, yang punya kode silinder blok 1878, dan kode CDI 1605. Menurut Hengky, Blue Candy ini jadi warna terfavorit kedua di kelas RR CBU. setelah silver. "Harga juga relatif lebih mahal dibandingkan warna hijau, hitam, atau merah."


Sebagai informasi, Super KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System) adalah teknologi yang memungkinkan akselerasi kencang, namun motor tetap irit dan memenuhi standar emisi yang berlaku waktu itu.

Kawasaki Ninja KRR 150 ZX 2004 warna silver CBU


Kemudian soal Ninja Super KIPS KRR 150 ZX 2004 warna silver CBU, dengan kode silinder blok 1878, dan kode CDI 1605.


"Kawasaki ZX KRR juga tidak kalah unggul karena unit ini rare dibandingkan varian RR lainya. Varian ini beda dengan Ninja RR yang pada umumnya, karena KRR ini gelondongan masuk ke Indonesia via importir umum. Belum ada perubahan identitas, dengan paper atau surat yang legal resmi keterangan ZX KRR kode rangka KR150 (unit asli keluaran dari Jepang dan Thailand)."

Kawasaki Ninja KR 150 RR 2007 CKD


Dan terakhir ada Ninja Super KIPS KR 150 RR 2007 CKD (Completely Knock Down) warna orange (rare color), dengan kode silinder blok 1855, dan kode CDI 1592.


"Ini merupakan varian paling jarang atau rare di antara varian Ninja RR CKD lainnya. Karena pada saat itu penjualannya tergolong paling rendah dibandingkan varian warna lainnya," tunjuk Hengky.

Stiker Kawasaki Genuine Parts yang dibeli diikutsertakan pada unit restorasi sebagai bukti pada konsumen atau calon pembeli


Dalam upaya mengembalikan kondisi motor seperti saat keluar dari dealer (restorasi), Hengky mengaku punya tiga sumber untuk pengadaan parts atau komponennya.


Pertama order ke dealer, alternatif kedua cari ke teman yang jual atau kolektor parts, yang terakhir berburu via online.

Contoh komponen yang dibeli dari Kawasaki Thailand


"Kalau komponen tidak ada, kita bisa order ke Kawasaki Thailand. Tapi kalau sudah mentok, terpaksa menggunakan parts lama atau copotan atau main kanibalan," ungkap Hengky.

Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, Hengky memanfaatkan medsos untuk melakukan review produk, atau update pemasangan parts


Menyadari bahwa bisnis restorasi dan jual motor kategori rare ini butuh kepercayaan, maka Hengky rajin meng-update di akun Instagram miliknya tiap parts original yang dia pasang ke unit motor.

Hal kecil seperti baut atau klem radiator pun orisinal, dan diberi tanda (warna biru) untuk menunjukkan belum dibuka


"Proses pemasangan atau perakitan motor sejak awal kita review satu per satu untuk laporan ke konsumen. Termasuk ketika parts datang. Kalau pun ada parts KW yang terpasang, garansi pergantian part selamanya kita berikan ke konsumen," kata Hengky,

Diberikan garansi 3 bulan pemakaian untuk kerusakan


Soal garansi ini, Hengky menambahkan terkait dengan kerusakan. "Untuk kerusakan kita berikan garansi hingga 3 bulan pemakaian. Tapi itu jika kesalahan dari kita."

Kualitas restorasi yang dikerjakan antara 80 - 85% seperti baru


Nah, terus bagaimana kalau ada pembaca OTOPLUS-ONLINE yang mau merestorasi Ninja miliknya? Hengky menjawab, "Pertama kita tanya dulu, apa tujuan restorasinya. Mau berapa persen parts baru yang dipasang. Dari sini kita bisa lihat, mau seperti apa capaian unitnya," terang Hengky sambil menambahkan, pembayaran jasa ada di akhir.


Dan untuk parts, pembelian bisa by client. Mereka yang pesan atau cari, Hengky tinggal terima dan pasang aja. Tertarik?


Baca juga:


2Stroke.Ind (Two Stroke Industry)

Alamat: Jl. Raya Merak Perum REWWIN No. 16-17, Waru - Sidoarjo

HP/WA: +62 878-5137-5133

Instagram: @twostroke.ind


Teks, Foto, & Video: Indramawan