• Editor

Kopdargab Honda PCX Jatim Ke-4 Kedepankan Semangat Tretan Dibi

Semua berkumpul menjadi satu saudara tanpa memandang daerah asal, sebagaimana tema Kopdargab HPCI Jatim kali ini, yakni Tretan Dibi yang diambil dari bahasa Madura dan memiliki arti, saudara sendiri.

OTOPLUS-ONLINE I Untuk menjalin dan memperkuat silaturahmi, Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Jawa Timur menggelar Kopdar Gabungan (Kopdargab) ke-4 pada tanggal 4 April 2021 lalu. Sebagai lokasi, dipilihlah Pantai Camplong, Sampang - Madura.


Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, serta aturan safety riding ini diikuti perwakilan chapter HPCI dari kota dan kabupaten di Jatim, seperti Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kediri, Pasuruan, Probolibggo, Jember, Malang, Blitar, Lamongan, Tuban, Bangkalan, dan Pamekasan, Di luar chapter dari kota dan kabupaten di Jatim, ada juga chapter Semarang, dan bahkan Bogor.

Semua berkumpul menjadi satu saudara tanpa memandang daerah asal, sebagaimana tema Kopdargab HPCI Jatim kali ini, yakni Tretan Dibi yang diambil dari bahasa Madura dan memiliki arti, saudara sendiri.

Berbeda dengan kopdar-kopdar sebelumnya. Karena digelar di tengah pandemi tentu ada beberapa aturan yang mesti diterapkan. Di antaranya adalah protokol kesehatan.


Sebelum melakukan kopdargab, peserta terlebih dahulu melakukan turing dari MPM Simpang Dukuh Surabaya menuju Pantai Camplong Madura.

Para Bikers diberikan edukasi berkendara jarak jauh dalam masa pandemi yang disampaikan Instruktur safety riding MPM Honda Jatim.

Sesampainya di lokasi Kopdargab, untuk lebih mempererat rasa persaudaraan, selain menggelar sharing forum anggota untuk kemajuan komunitas, juga digelar berbagai acara. Termasuk di dalamnya Honda Community Social Responsibility (HCSR) melalui aksi bersih-bersih pantai, serta memberikan donasi sembako kepada masyarakat sekitar. Selain itu juga ada sosialisasi dan diskusi protokol kesehatan yang diberikan oleh Satgas Covid-19 Sampang.

"Kami berusaha tetap menjalin komunikasi dengan sesama anggota komunitas, selama masa pandemi ini. Sebelumnya silaturahmi kopdar gabungan hanya digelar lewat digital." kata Falendra, ketua komunitas HPCI Jatim


PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT pun mendukung kegiatan positif ini.

“Kami mendukung pelaksanaan kopdargab yang memenuhi syarat protokol kesehatan dari satgas Covid 19. Dalam kesempatan kali ini kami juga memberi kesempatan anggota komunitas dan pengunjung umum untuk bisa mencoba secara langsung All New PCX 160 versi ABS,“ tutur Fariz Hadi selaku Community Development MPM Honda Jatim.


Teks: Indramawan

Foto: MPM Honda Jatim