• Editor

Layanan SIM Keliling Digelar Satlantas Polres Pati untuk Wujudkan Zona Integritas

Berikan kemudahan pada masyarakat dengan jemput bola untuk proses perpanjangan SIM Keliling dan digelar pada hari Minggu.

OTOPLUS-ONLINE I Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Pati dan sekitarnya. Selama Bulan September ini setiap Hari Minggu, Satpas Satlantas Polres Pati bakalan menggelar kegiatan bertajuk 'Minggu Melayani', yaitu dengan memberikan pelayanan perpanjangan SIM keliling untuk warga masyarakat Kabupaten Pati.


“Ini adalah salah satu inovasi Satlantas Polres Pati dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan pada warga masyarakat Kabupaten Pati”, buka AKP Maulana Ozar, S.I.K, selaku Kasatlantas Polres Pati yang disampaikan melalui Baur SIM Satlantas Polres Pati, Bripka Hery Prayitno.

Bis SIM Keliling Satlantas Polres Pati


Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Pati ini merupakan salah satu komitmen Satlantas Polres Pati untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi.


Khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan untuk mewujudkan zona integritas Satlantas Polres Pati.

Proses pengambilan foto dan sidik jari


“Salah satunya upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan kemudahan pada masyarakat dengan jemput bola untuk proses perpanjangan SIM Keliling selain tentu saja inovasi-inovasi lain yang dilakukan oleh Satlantas Polres Pati”, imbuh Hery.


Pelaksanaan giat ini rupanya mendapat respon positif dari masyarakat Pati. Terlihat pada pelaksanaan Minggu pertama yang digelar 5 September 2021 di Halaman Pendopo Kabupaten Pati.

Input data pemohon perpanjangan SIM


Animo masyarakat cukup banyak yang hadir untuk mengurus perpanjangan SIM melalui layanan SIM Keliling ini. Apalagi gelaran juga dilaksanakan pada Hari Minggu, saat masyarakat libur aktivitas kerja formal.


Beberapa warga yang hadir pun mengapresiasi giat yang dilakukan oleh Satlantas Polres Pati ini. “Kami berterimakasih pada Satlantas Polres pati karena pelayanan pada SIM Keliling ini cukup mudah dan prosesnya juga cepat”, tutur Sismiati, warga Kecamatan Winong, Pati.

Antrean diatur sedemikian rupa sesuai prokes supaya tidak terjadi kerumunan


Namun demikian proses pengurusan dibatasi dan diatur sedemikian rupa oleh petugas sehingga antrean tetap teratur sehingga tidak menimbulkan kerumunan pada saat proses pengurusan.


Dan tentu saja sebagai syarat utama bagi pemohon harus mentaati protokol kesehatan yang berlaku, salah satunya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.


Baca juga: Penggolongan SIM C Diterapkan Agustus 2021 Ini, Pahami Golongan dan Syarat Pengurusannya


“Untuk Hari Minggu depan, selanjutnya layanan SIM Keliling masih akan menempati lokasi di halaman Pendopo Kabupaten Pati mulai jam 08:00 WIB”, terang Hery.


Oh ya, layanan ini hanya berlaku untuk perpanjangan SIM A dan C saja. Untuk pengurusan SIM baru, Anda tetap harus datang ke Satpas Satlantas Polres Pati.


Teks: dJansen

Foto: Satlantas Res Pati