• Editor

M. Zulmi Komentar Soal Target 2 Medali Emas Tim Motocross Jawa Timur di PON XX Papua

Target dua medali emas Tim Motocross Jawa Timur ditujukan di kelas MX125, sementara di kelas MX250 ditarget masuk tiga besar.

M. Zulmi, atlet nasional motocross asal Sidoarjo yang memperkuat Tim Jawa Timur di PON XX Papua untuk cabang olahraga Motocross


OTOPLUS-ONLINE I Pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung 2 Oktober - 15 Oktober 2021 mendatang, kontingen Jawa Timur pasang target dua medali emas di cabang olahraga motocross.


Hal itu disampaikan Bambang Haribowo, atau lebih akrab disapa Bambang Kapten selaku Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur.

Bambang Kapten (berkaos merah) saat mendampingi Tim Motocross Jawa Timur berlatih


"Tidak muluk-muluk dan realistis saya kira. Tentu kami tidak asal ngomong, tapi berdasarkan kalkulasi matang dari tim dan seluruh pengurus IMI Jatim. Jadi cukup realistis," ujar Bambang Kapten seperti dikutip dari laman resmi IMI Pusat.

Tim Motocross Jawa Timur di PON XX Papua


Menurut M. Zulmi, salah satu crosser Jawa Timur asal Sidoarjo yang turut memperkuat Tim Motocross Jawa Timur, target dua medali emas ini ditujukan di kelas MX125 yang diperkuat dua bersaudara Ananda Rigi dan Marcelino Rigi, M. Zidan, M. Kafa Yogi Ardafa, dan Koko Indra.


"Menurut saya target medali emas untuk mereka sangat memungkinkan, karena secara mental mereka sudah siap, dan berhasil dapat medali emas di Pra-Kualifikasi Motocross PON XX lalu," kata Zulmi.

Suasana latihan Tim Motocross Jawa Timur


Sebagai informasi, dua medali emas Tim Motocross Jawa TImur pada Pra-Kualifikasi Motocross PON XX yang dilangsungkan di sirkuit Tembong Jaya Serang, Banten pada September 2019 lalu didapat Ananda Rigi Aditya di kelas Perorangan MX 125 usia 13-17 tahun, dan M. Kafa Yogi Ardafa bersama Abdul Majid di kelas Beregu MX 125 usia 13-17 tahun.


Sementara di kelas tempat dia bertanding, MX250, Zulmi yang akan tandem bersama Rafi Tangka, ditarget bisa masuk 3 besar.


"Memang sangat berat untuk dapat medali emas karena saya baru naik ke kelas MX 2 Senior tahun ini (sebelumnya di MX 2 Junior B)," kata Zulmi. "Sementara Rafi Tangka masih belum pulih dari cedera pada bahu sehingga belum maksimal," lanjutnya.

M. Zulmi menggunakan nomor start 17


Menurut Zulmi, lawan terberat di kelas MX250 ada pada Delvintor Alfarizi, Diva Ismayana, dan Andre Sondakh. "Kami akan coba fight sebaik mungkin dan coba mewujudkan target tiga besar atau lebih baik lagi," tutup Zulmi yang pada Pra-Kualifikasi Motocross PON XX lalu harus puas berada di 15 besar karena terjatuh, padahal sempat menempati urutan ketiga.


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa