• Editor

Marquez Persembahkan Triple Crown untuk Lorenzo di Valencia


Seri ke-19 atau yang putaran terakhir MotoGP 2019 yang digelar di sirkuit Ricardo Tormo Valencia - Spanyol (17/11) kemarin menjadi moment paling emosional bagi tim Repsol Honda. Dengan keberhasilannya merebut podium tertinggi, Marc Marquez akhirnya berhasil mempersembahkan Triple Crown Champions kepada tim yang dibelanya selama ini (baca boks: Triple Crown 3 Tahun Berturut-Turut). Dan prestasi membanggakan ini dibuat setelah sebelumnya, Jorge Lorenzo mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP (14/11).

  • Suasana press conference pengunduran diri Lorenzo di tengah gelaran MotoGP Valencia (14/11)

"Akhirnya kami berhasil menutup musim 2019 ini secara sempurna dengan memenangkan balap di Valencia. Keberhasilan kami merebut Teams World Championship menjadi sangat penting karena semua orang yang berada di Repsol Honda team patut mendapatkannya," ujar Marquez setelah balap.

  • Repsol Honda Team berfoto bersama Lorenzo untuk terakhir kalinya

Ditambahkannya, keberhasilan ini sekaligus menjadi sebuah cara untuk menyampaikan ucapan selamat tinggal kepada rekan satu timnya, Lorenzo. "Sebab pada akhirnya yang kami dan orang-orang lain ingat, Jorge adalah pembalap juara dunia 5 kali. Inilah yang ingin kami rayakan nanti malam," senyum Marquez.

  • Sambutan hangat insan MotoGP kepada Lorenzo saat akan memulai balap terakhirnya di Valencia

Sementara itu, usai melakukan balap terakhirnya, Jorge Lorenzo turut memberikan selamat kepada Repsol Honda atas raihan ini. “Kami akhirnya berhasil mencapai target kami, yakni merebut Triple Crown di tahun 2019 ini. Pastinya, ini berkat musim kompetisi sempurna yang telah dibuat Marc [Marquez] tanpa banyak kontribusi yang bisa saya berikan," jujur pembalap berusia 32 tahun ini.

  • Lorenzo ucapkan selamat tinggal kepada semua fans dan orang-orang yang telah mendukungnya selama 18 tahun berkarier di kejuaraan MotoGP

"Tapi penting untuk diketahui, bahwa saya telah berusaha sekuat tenaga, dan saya tidak punya penyesalan. Keadaan seperti inilah yang saya lalui. Saya merasakan kegembiraan setelah 18 tahun mengikuti kejuaraan ini. Saya akan sangat merindukan moment kemenangan, membalap bersama orang-orang ini, juga keluarga yang telah menemani saya selama ini."


Triple Crown 3 Tahun Berturut-Turut

Sedikit mundur ke belakang, meski Marquez telah berhasil mengunci gelar juara dunia untuk Riders World Championship dan Constructors World Championship di Thailand (seri 15) dan Jepang (seri 16) sebelumnya, namun untuk predikat Teams World Championship, tim Repsol Honda masih tertinggal 2 poin dari pesaing utama mereka, Ducati Team, ketika MotoGP memasuki putaran terakhir.

  • Marquez terlebih dahulu sukses mengunci gelar juara dunia (Riders Champion) di MotoGP Thailand (06/10)

Ya, meski di seri ke-18 sebelumnya yang digelar di sirkuit Sepang-Malaysia sebelumnya, Marquez berhasil membuat rekor baru untuk poin terbanyak yang diraih seorang pembalap dalam satu musim kejuaraan dengan 395 poin, namun saat itu Repsol Honda masih berada di urutan kedua dalam hal perolehan poin untuk Teams World Championship.

  • Berikutnya di MotoGP Jepang (20/10), Marquez bersama Repsol Honda Team merayakan gelar Constructors Champions ke-25 yang berhasil mereka raih

Pasalnya, meski di Sepang, Marquez yang finish kedua berhasil menyumbang 20 poin ditambah dengan kontribusi yang diberikan rekan setimnya Jorge Lorenzo dengan 2 poin (finish ke-14), namun pembalap Ducati mengumpulkan poin lebih banyak. Andrea Dovizioso yang finish ke-3 dan Danilo Petrucci ke-9 berhasil menyumbang 23 poin.

  • Akhirnya, kemenangan Marquez di Valencia (kemenangan ke-12 dalam musim ini) sekaligus mengukuhkan Repsol Honda Team sebagai Triple Crown Champions (2017-2019)

Fakta inilah yang menjadikan seri terakhir di Valencia (17/11) kemarin menjadi moment penentu, apakah Repsol Honda berhasil menutup musim 2019 ini dengan gelar kemenangan sempurna, Triple Crown Champions selama 3 tahun berturut-turut (2017 -2019). Dan akhirnya, perburuan ini berakhir sudah lewat kemenangan Marquez.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com