• Editor

Tampil Tercepat, Marquez Justru Galau. Ada Apa?

Tes Sepang Hari Pertama.

Marc Marquez langsung jadi sorotan, setelah berhasil membuat catatan waktu tercepat, 1 menit 59.621 detik pada tes pra-musim di Sepang hari pertama (06/02). Namun, pembalap juara dunia 2018 ini masih merasa galau. Ada apa?


Penampilan perdana Marquez di atas Honda RC213V besutannya ini tentu mengejutkan. Pasalnya, Marquez masih pada fase pemulihan pasca operasi pundak sebelah kiri beberapa hari setelah tes di Valencia dan Jerez Desember lalu. Sehingga pembalap bernomor start 93 ini sempat diprediksi absen dari tes Sepang lantaran estimasi waktu pemulihan 3 – 4 bulan.


“Cepat di satu atau dua lap saja tidak ada masalah bagi saya. Tapi untuk berkendara lama, sepertinya masih tak mungkin saya lakukan," galau Marquez yang sempat dijauhkan dari motor, dan bahkan Honda mengeluarkan perintah agar besutannya itu dipreteli sehingga pembalap Spanyol ini tidak gatal mencobanya. Masih untung Marquez tak tergoda untuk berlama-lama di trek. Pada tes hari pertama ini dia hanya menyelesaikan 30 lap saja.

Bahkan Marquez mengaku masih kesulitan berganti arah di tikungan, utamanya rebah dari kiri ke kanan di tikungan 5 ke 6, dan tikungan 12 ke 13. Juga masih bermasalah ketika melakukan late braking. Karena itu, Marquez memajukan titik pengeremannya jelang tikungan 9 dan 12.


Ditambah lagi Marquez mengaku masih tidak bisa mengendarai motornya dengan nyaman pada 2 lap pertama. Baru setelah itu, perlahan-lahan Marquez bisa menemukan posisi berkendara yang nyaman di atas motor. Dan untuk itu, dia harus mengubah gaya berkendara,


Itulah kenapa, fastest lap yang dibuat Marquez ini terjadi pada 1 jam sebelum akhir tes hari pertama berakhir. Marquez unggul tipis 0.259 detik dari catatan waktu tercepat yang dibuat pembalap Suzuki, Alex Rins yang tampil impresif.

Wajar Marquez merasa galau. Sebab Alex Rins yang juga jadi sorotan pada tes hari pertama ini tak hanya cepat tapi juga konsisten.


“Kami cukup cepat dengan tiga ban berbeda yang kami gunakan. Satu ban kompon medium, dan dua lagi kompon soft. Masing-masing sudah saya jajal sesuai jumlah putaran seperti ketika balap. Saya yakin kami berada pada arah pengembangan yang benar. Meski belum bisa tercepat, tapi kami bisa di posisi tiga tercepat,” semangat pembalap 23 tahun ini.

Makin galau karena Maverick Vinales. Pembalap Yamaha juga menunjukkan kemajuan luar biasa. Vinales menempati posisi 3 tercepat dengan catatan waktu tercepat hanya selisih 0.3 detik dari Marquez.


“Motor 2019 yang saya coba sekarang sangat mirip dengan yang saya coba akhir musim lalu. Jujur saja, kalau dibandingkan dengan motor yang saya pakai balap tahun lalu juga sangat mirip. Tapi hal yang positif adalah, saya bisa menghabiskan banyak putaran dengan ban medium, yang mana hal ini tak bisa saya lakukan seperti saat balap tahun lalu," senang Vinales.


Apakah ini pertanda Yamaha telah menemukan solusi atas masalah motornya tahun lalu yang kurang adaptif terhadap ban? Jika memang begitu, tak hanya Marquez yang galau. Honda pun dilanda was-was. Sebab selain Marquez, pembalap gacoan Honda yang lain, Jorge Lorenzo pun belum bisa tampil di tes Sepang ini karena masa pemulihan cederanya.

Foto: MOTOGP.COM