• Editor

Maserati MC20 Dinobatkan Sebagai Sport Car of The Year 2021


  • MC20 meraih penghargaan China Sport Car of The Year 2021.

MC20 menandai langkah besar Maserati, pabrikan Italia yang lekat dengan dunia balap. MC atau Maserati Corse 2020 tak dibuat sekadar untuk kompetisi, Maserati menciptakannya untuk meraih obyektif yang lebih baik karena supercar ini diproduksi tak terbatas, dibangun dengan bangga dan utuh di Italia oleh orang Italia dan siap untuk menjadi yang terbaik.

  • Brand Maserati selalu lekat dengan kompetisi.

Marco Tencone, Head of Maserati Design mengatakan, “Kami menghadirkan konsep baru kendaraan Maserati dengan tetap menghormati sejarah Maserati yang identik dengan kompetisi.”

  • Semua elemen bodi tak hanya cantik tapi juga memiliki fungsi aerodinamika, pengembangannya dilakukan selama 2000 jam di terowongan angin milik Dallara.

  • Trident vents di jendela belakang, solusi untuk mengawinkan karakter Maserati dengan kebutuhan untuk mendinginkan ruang mesin.

  • Mengadopsi teknologi balap, ruang penumpang dibuat dari Carbon Fibre Reinforced Plastic (CFRP) yang ringan namun sangat kuat.

Supercar ini dipenuhi dengan teknologi, kecepatan, dan gagasan tentang perkembangan masa depan. Basis desainnya bahkan sudah dipersiapkan untuk model Spyder dan varian kendaraan listrik penuh yang disiapkan untuk dibuat di infrastruktur Maserati yang ada di Modena.

  • Diffuser belakang berukuran besar dengan spoiler belakang yang desainnya dibuat menyatu dengan bodi. Secara keseluruhan, sistem aerodinamika di MC20 mampu menghasilkan downforce sebesar 100 kg pada kecepatan di bawah 240 km/jam.

  • Infotainment screen berukuran 10,25 inci tak hanya memuat informasi seputar mobil namun dapat menginformasikan informasi personal pemilik seperti status kesehatan.

  • Mesin turbo ganda berkapasitas 3.000 cc dengan konfigurasi V6 ditempatkan sangat rendah pada bagian paling tengah dari sasis. Mesin yang dinamai Nettuno ini disuntik teknologi F1 diantaranya Maserati Twin Combustion sehingga mampu menghasilkan tenaga hingga 621 dk dan berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik. Kecepatan puncaknya adalah 325 km/jam.

Secara keseluruhan Maserati MC20 tampak lebih ramping dan ceria ketimbang Ferrari, lebih berkarakter daripada sebuah McLaren, dan tidak memiliki tampang yang intimidatif dari sebuah Lamborghini.

  • Empat mode berkendara Wet, GT, Sport, Corsa dipilih melalui selektor dengan material keramik ini. Mode yang dipilih akan memengaruhi setting ECU mesin, sensitifitas pedal, kekakuan suspensi juga suara knalpot.

  • Tersedia opsi Corsa full carbon seats.

  • Kualitas interior terasa mewah khas Maserati, dilengkapi sistem audio premium 12 spiker keluaran Sonus Faber.

Tak heran kalau belum lama ini (20/11) Maserati MC20 mendapatkan penghargaan China Car of the Year 2021. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari 41 juri berwenang dari media otomotif terkemuka dengan poin penilaian pada performa keseluruhan dan market, serta faktor-faktor kunci lainnya. Congratulazioni!

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Maserati