• Editor

Mau Pasang Pelek Aftermarket? Lebih Baik Sesuaikan dengan PCD Standar

“Jadi kalau mau ganti pelek mobil dengan yang aftermarket harus sesuai dengan PCD standar mobil. Bisa sih dengan mengubah PCD bawaan mobil tapi lebih ribet dan bisa mempengaruhi faktor keselamatan berkendara." (Steven Margiano - owner CSM Autowheels Surabaya)

OTOPLUS-ONLINE I Orang awam pasti bingung saat ditanya apa itu PCD. Atau pemain baru otomotif yang hendak upgrade tampilan mobilnya dengan ganti pelek.


Ternyata ilmu tentang PCD ini wajib diketahui oleh semua pengguna kendaraan roda 4. Terlebih bagi yang ingin mengganti pelek standar mobilnya dengan pelek aftermarket.

PCD adalah singkatan dari Pitch Circle Diameter. Pengertian sederhananya adalah jarak antar lubang baut roda pada pelek. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda. Atau istilah kerennya adalah bolt pattern atau stud pattern.


“Setiap jenis mobil punya PCD yang berbeda-beda. Jadi kita wajib tahu terutama mobil kita sendiri,” jelas Steven Margiano, owner CSM Autowheels, gerai pelek dan ban di kawasan Bratang Binangun, Surabaya.

Ada pelek dengan PCD 4 x 100 mm, 4 x 114,3 mm, 5 x 114,3 mm, dan 6 x 139,7 mm. Contoh, mobil Honda Brio punya PCD 4 x 100, yang artinya mempunyai 4 lubang baut roda dan ukuran jarak antar lubang 100 mm.


Atau PCD Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner yang 6 x 139,7, yang berarti memiliki 6 lubang baut roda dengan jarak antar lubang 139,7 mm.


“Jadi kalau mau ganti pelek mobil dengan yang aftermarket harus sesuai dengan PCD standar mobil. Bisa sih dengan mengubah PCD bawaan mobil tapi lebih ribet dan bisa mempengaruhi factor keselamatan berkendara,” terang Steven, yang di gerainya juga menjual berbagai macam jenis dan ukuran pelek aftermarket serta ban lokal dan impor.

Steven juga menginfokan selama bulan Ramadhan ini CSM Autowheels banyak membuat promo-promo menarik. Antara lain, bagi konsumen yang melakukan pembelian 1 set pelek baru ukuran ring 14” hingga 24” dan memfollow akun Instagram @csmauto_sales bisa mendapatkan diskon 20% (maksimal Rp 500ribu) plus free spooring.


Atau untuk pembelian 4 buah ban produk lokal dan mem-follow akun Instagram @csmauto_sales, konsumen bisa mendapatkan free fogging atau diskon spooring up to 50%. Buruan yuk!


Teks & Foto: D. Dewantoro