top of page
  • Gambar penulisEditor

Mercedes-Benz AMG GLE 53 Coupe: Versi Buas GLE450 Coupe

Varian yang dikembangkan secara khusus oleh AMG, sub-brand dari Mercedes-Benz, yang khusus menangani varian dengan performa tinggi.
  • Dipasarkan setengah milyar lebih mahal dibandingkan GLE450 Coupe

OTOPLUS-ONLINE I Buat yang belum puas dengan keganasan GLE450 Coupe, Mercedes-Benz Indonesia menyiapkan AMG GLE 53 Coupe, varian yang dikembangkan secara khusus oleh AMG buat mereka mengidamkan sosok SUV tangguh dengan nyawa sports car dan bergaya kupe elegan.


Sebagai info, AMG merupakan sub-brand dari Mercedes-Benz, yang khusus menangani varian dengan performa tinggi. Tim mereka bertanggung jawab secara menyeluruh dalam mengembangkan desain, aerodinamika, interior, powertrain, suspensi, rem dan elektronik.

  • Gril Panamericana dengan desain bumper agresif

  • Lis krom pada bingkai jendela diganti rona piano black

Gril Panamericana dan bumper sporty yang direkayasa untuk meningkatkan aspek aerodinamika jadi pembeda sosok muka. Di bagian samping, aksen satin krom yang menghias bingkai jendela seperti di GLE450 Coupe digantikan dengan aksen piano black. Aksen krom yang tersisa hanya pada handle pintu saja.

  • AMG Sport Exhaust di GLE 53 menggunakan katup dinamis yang dapat mengubah keluaran suara knalpot dari kalem hingga menghasilkan nada crescendo. Di dalam kabin, penumpang tetap dapat mendengarkan derum sangat tersebut melalui suara artificial yang keluar dari sistem audionya

Sementara logo AMG dan GLE 53 plus kehadiran diffuser serta sepasang moncong knalpot AMG Performance Exhaust di tiap sisi menjadi petunjuk kalau varian ini merupakan versi beringas dari GLE450 Coupe.

  • Panorama roof merupakan standar

  • Little lip spoiler

Ngomongin beringas, GLE 53 dibekali mesin berkonfigurasi dan berkapasitas sama dengan GLE450 Coupe. Unit 3,0 liter 6 silinder segaris dengan turbo ganda.

  • Basis mesin sama dengan GLE450. Mesin 6 silinder segaris yang dikawal turbo, supercharger elektrik dan EQ Boost. Sentuhan AMG membuat powernya melonjak 67 dk menjadi 429 dk sementara torsi naik 20 Nm menjadi 520 Nm.

Oleh AMG tekanan bahan bakar dan jalur gas buang direkayasa sehingga dapat menghasilkan performa lebih baik. Hasilnya pada 6.100 rpm mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga puncak sebesar 429 dk atau 67 dk lebih besar dari GLE450 Coupe.

Didukung suntikan teknologi EQ Boost dan supercharger elektrik plus transmisi AMG Speedshift TCT 9-speed membuat SUV berbobot 2,5 ton ini dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 5,2 detik.

  • Variable all-wheel drive system yang dapat menyalurkan tenaga sepenuhnya (100%) ke roda belakang atau ke roda depan tergantung di sisi mana traksi maksimal diperlukan. Mercedes menamakannya 4MATIC +

Agar tenaga mesin tersalur sempurna ke jalan, AMG membenamkan teknologi 4MATIC+. Sistem gerak empat roda ini memiliki limited slip elektronik cerdas yang sigap membaca dan membagi torsi ke roda mana yang membutuhkan. Sistemnya bahkan dapat membagi torsi bervariasi, mulai All-Wheel Drive menjadi 100% Rear Wheel Drive.

  • Pelek AMG 20 inci dikawinkan dengan ban Michelin Pilot Sport 275/50R20. Rem depan cakram ventilasi 40 cm dan belakang cakram ventilasi 34,5 cm. Rem depan dikawal kaliper multi piston. Tersedia pilihan cakram berdiameter 16,5 inci dengan kaliper 6 piston

Untuk suspensinya, selain suspensi udara, AMG GLE53 juga dijejali fitur AMG Ride Control+ yang memiliki 3 tingkat peredaman adaptif menyesuaikan kondisi jalan, beban dan mode berkendara sehingga mengoptimalkan kenyamanan dan kedinamisan berkendara.

  • Digital cockpit dengan sepasang layar 12,3 inci yang dapat dikustomisasi. Kita juga dapat memilih 64 pilihan warna ambient lighting. Setirnya memakai AMG Performance Steering Wheel, setir flat bottom dengan AMG Drive Unit

  • Jok berbalut kulit Nappa

  • Saat bangku belakang dilipat, kapasitas bagasi menjadi 1.790 liter

  • Sistem suara Burmester 3D Surround

Di sektor keamanan, GLE53 dilengkapi berbagai fitur canggih seperti Driver Assistance Package PLUS, Active Distance Assist DISTRONIC, Active Steering Assist, Evasive Steering Assist, Active Brake Assist with Cross-Traffic Function.

  • Fitur sangat lengkap, ditunjukkan dengan tidak adanya tombol yang nganggur

Ada juga Active Emergency Stop Assist, Active Speed Limit Assist, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, Active Lane Change Assist, PRE-SAFE PLUS, PRE-SAFE Impulse Side, Active Stop-and-Go Assist, Route-based Speed Adaptation, Speed Limit Assist.

  • GLE53 dan GLE450 Coupe

Nggak heran kalau GLE53 dihargai sekitar Rp 500 juta lebih mahal dibandingkan GLE450 Coupe, persisnya Rp 2,419 milyar (off the road).

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Hendra Sonie, Mercedes-Benz

bottom of page