top of page
  • Gambar penulisEditor

Mercedes-Benz Pamer Habis-Habisan di IAA Mobility 2021

Pamerkan seluruh portofolio mobilitas listriknya yang ada saat ini dan yang akan diproduksi di masa depan.

OTOPLUS-ONLINE I IAA Mobility yang diselenggarakan 7 - 12 September 2021 di Munich, Jerman dihelat pada beberapa site dengan tema Open Space, Blue Lane dan Summit. Mercedes-Benz, yang sedang dalam transisi menuju masa depan nol emisi, berkelanjutan dan digital yang nyata secara emosional memanfaatkan semua peluang yang ditawarkan oleh format baru International Motor Show (IAA) dengan tema “Lead in Electric”.


Mercedes-Benz memamerkan seluruh portofolio mobilitas listriknya yang ada saat ini dan yang akan diproduksi di masa depan. Tujuh dari sepuluh penampilan perdana adalah model listrik murni. Ini jelas menunjukkan bagaimana elektrifikasi mendapatkan momentum lebih lanjut di semua brand.


“Konsep IAA MOBILITY 2021 mengacu pada aspek penampilan kami di IAA 2017 dan 2019 di Frankfurt, di mana kami menangani kelompok sasaran baru dengan format berbasis dialog dan pengalaman serta berfokus pada topik relevansi sosial. Oleh karena itu, kami menyambut baik format IAA Mobility yang baru,” ujar Bettina Fetzer, Vice President Communications & Marketing Mercedes-Benz AG.


“Di Munich, kami menciptakan ruang komunal di mana orang dapat berinteraksi. Kami menghasilkan pengalaman brand yang menyeluruh dan kontemporer, serta menawarkan solusi dan layanan digital yang inovatif, berkelanjutan, untuk mobilitas masa depan.”

Open Space

Mercedes-Maybach, Mercedes-AMG, dan smart brand menempati area kedua. Kehadiran brand individu secara jelas disorot dan dibedakan satu sama lain melalui reinterpretasi estetika brand


Merepresentasikan strategi bisnis berkelanjutan, Mercedes-Benz memamerkan semua kendaraan listrik yang ada saat ini dan masa depan dengan pameran tentang topik keberlanjutan, karya seni, dan panggung musik di malam hari.


Bettina Fetzer mengatakan, "Pertama, kami secara eksklusif menampilkan kendaraan listrik sepenuhnya yang dapat memberikan kontribusi pada kehidupan sosial dan budaya kota. Kami ingin menginspirasi pengunjung dan penduduk kota di luar mobilitas perkotaan dan menciptakan citra Mercedes-Benz yang kuat dan berwawasan ke depan."

Lead in Electric

Di Odeonsplatz, Mercedes-Benz memamerkan seluruh jajaran portofolio elektromobilitasnya. Mulai dari model berukuran medium hingga sedan mewah dan MPV


Di Odeonsplatz, Mercedes-Benz memamerkan seluruh jajaran portofolio elektromobilitasnya. Mulai dari model berukuran medium hingga sedan mewah dan MPV.


Ini termasuk tujuh kendaraan baru: EQB 350 4MATIC, EQE 350, Mercedes-AMG EQS 53 4MATIC+, Concept Mercedes-Maybach EQS, Concept Mercedes-Benz EQG , Concept EQT dan Concept smart #1.


Kemudian datang model Mercedes-EQ yang ada saat ini; EQA 250, EQC 400 4MATIC, EQS 580 4MATIC, EQV 300 dan smart EQ fortwo coupé dan smart EQ fortwo cabrio. Dengan demikian, Mercedes-Benz menciptakan pengalaman Brand yang berkelanjutan di semua brand dan mendukung strategi perusahaan "Lead in Electric".

Walk-on roof pada ruang hijau, seni terapung, dan konser neo-klasik

Walk on roof, jalur ini seakan melalui suasana pemandangan mengambil bentuk "jalur hijau", di mana tema keberlanjutan dari strategi bisnis Mercedes-Benz seperti nol bersih (netralitas karbon), konservasi sumber daya dan daur ulang disajikan dengan cara yang menarik


Sebuah lantai dasar yang terbuat dari besi pipih dengan berbagai lekukan, telah menjadi walk-on roof. Ditutupi dengan tanaman hijau seperti taman, tempat ini menawarkan ruang untuk berjalan-jalan. Jalur ini seakan melalui suasana pemandangan mengambil bentuk "jalur hijau", di mana tema keberlanjutan dari strategi bisnis Mercedes-Benz disajikan dengan cara yang menarik. Misalnya, nol bersih (netralitas karbon), konservasi sumber daya dan daur ulang.


Patung "Earthtime 1,26 Munich" karya seniman AS Janet Echelman digantung di atas pemandangan seperti taman. Karya seni berukuran 24 x 21 meter ini selalu berubah karena kondisi alam, sehingga melambangkan dinamika ekosistem kita. Patung itu terbuat dari serat berteknologi tinggi yang dapat didaur ulang yang ditenun seperti jaring ikan. Angin, hujan, dan cahaya terus-menerus mengubah bentuk dan warna jaring. Lampu LED berwarna membuat bentuk yang bergerak mulus bersinar dalam gelap. Karya seni ini akan menghiasi Odeonsplatz di kota Munich hingga awal Oktober 2021.

Blue Lane: Tes drive kendaraan listrik dan automatis

Selanjutnya, visualisasi aliran energi dan informasi dengan neuron digital, koneksi biometrik antara kendaraan dan pengemudi ditampilkan melalui modul tampilan melengkung, bukan panel instrumen konvensional.


Blue Lane adalah cara tercepat untuk merasakan pengalaman berkendara elektrik dan menikmati sensasi mobilitas Climate-neutral. Mercedes-Benz menyediakan 40 kendaraan test drive di rute antara tempat pameran dan pusat kota terdiri dari 31 model full elektrik dari Mercedes-EQ, Mercedes-Benz dan smart (EQA, EQC, EQS, EQV dan smart EQ fortwo coupé dan cabrio) bersamaan dan 9 kendaraan plug-in hybrid Mercedes-Benz dari A-Class hingga GLE.


Dengan mengendarai kendaraan ini sendiri, dan berbicara dengan pakar Mercedes-Benz, pengunjung IAA akan dapat merasakan apa yang sudah mungkin terjadi dalam mobilitas listrik. Selain itu, dengan demonstrasi teknologi mengemudi otomatis, brand mobil mewah ini memberikan cita rasa masa depan kepada masyarakat umum. Tergantung pada cuaca dan lalu lintas, mengemudi otomatis dimungkinkan di Blue Lane dengan DRIVE PILOT di EQS dalam syarat tertentu. Di garasi parkir di pusat pameran, Mercedes-Benz juga mendemonstrasikan bagaimana S-Class dapat melakukan perkiran secara otomatis tanpa pengemudi melalui INTELLIGENT PARK PILOT (Automated Valet Parking).

Summit

Future Interfaces memberikan pandangan komprehensif tentang masa depan mobilitas dengan mobil konsep VISION AVTR. Mobil ini dapat dikontrol oleh pengguna menggunakan kekuatan pikiran (teknologi Brain Computer Interface).


Pada Summit di ruang pameran B3, fokusnya adalah pada perangkat lunak untuk mobilitas masa depan. Berbagai area yang bertema dengan beragam peluang untuk menampilkan dialog dengan pendekatan holistik yang diambil Mercedes-Benz untuk mendorong digitalisasi ke depan. Stand pameran merupakan kumpulan dari jaringan fisik. Penyangga yang diterangi menghubungkan elemen dinding untuk membentuk struktur spasial terbuka yang mengelompokkan empat bagian pengalaman di sekitar area pusat.


"Automated Driving - Tingkat berikutnya: DRIVE PILOT" memberikan informasi tentang sistem bantuan mengemudi, asisten parkir, dan DRIVE PILOT untuk mengemudi otomatis Tingkat 3, yang sudah dapat menjadi kenyataan di S-Class dan EQS.


“Mobile Access - Ekosistem digital Mercedes me” berfokus pada layanan digital seperti Mercedes me, EQ ready atau Mercedes me Green Charging serta teknologi seperti kunci mobil digital atau Parkir Valet Otomatis.


“Future Interfaces - Dunia VISION AVTR yang menginspirasi” memberikan pandangan komprehensif tentang masa depan mobilitas dengan mobil konsep VISION AVTR yang merupakan perintis. Pertama, ini menunjukkan bagaimana antarmuka pengguna dapat dikontrol menggunakan kekuatan pikiran (teknologi Brain Computer Interface). Selanjutnya, itu menyajikan hubungan visual antara penumpang dan dunia luar melalui modul tampilan melengkung, bukan panel instrumen konvensional. Pengalaman selanjutnya adalah visualisasi aliran energi dan informasi dengan neuron digital, koneksi biometrik antara kendaraan dan pengemudi.


“Seamless Intergration - Bantuan holistik MBUX” hal ini menyoroti, antara lain, sistem multimedia MBUX dengan kecerdasan buatan, MBUX Hyperscreen, opsi personalisasi, integrasi rumah pintar yang dikontrol suara, dan fungsi kantor di dalam mobil.


Kendaraan yang menjadi sorotan baru, ditampilkan di tengah stand. Selain EQE all-electric baru dan Mercedes-AMG EQS, ini termasuk model lain yang memulai debutnya di IAA – seperti performa hybrid pertama dari Affalterbach, Mercedes-AMG GT 63 SE PERFORMANCE (berbobot, konsumsi bahan bakar gabungan: 8,6). l/100 km; tertimbang, konsumsi daya gabungan: 10,3 kWh/100 km; tertimbang, emisi CO2 gabungan: 196 g/km)4 dan C-Class All-Terrain.


Penampilan mereka diberikan bingkai dengan instalasi grafis dan media serta pertunjukan suara dan cahaya. G-Class, untuk pertama kalinya, S 680 GUARD 4MATIC baru (kombinasi konsumsi bahan bakar: 19,5 l/100 km; gabungan emisi CO2: 442 g/km)5 dipajang di area eksklusif di lantai atas.

Teks : Nugroho Sakri Yunarto

Foto : Mercedes-Benz

bottom of page