top of page
  • Gambar penulisEditor

Mitsubishi XForce Ultimate CVT Layak Dipertimbangkan dari Beberapa Poin Berikut

First impression kami setelah melakukan test drive di area yang terbatas.

Desain eksterior dengan konsep silky dan solid yang menjadi identitas desain New Generation Dynamic Shield.


OTOPLUS-ONLINE I Kemiripan versi produksi Mitsubishi XForce dengan kendaraan konsepnya, XFC, menunjukkan kematangan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia dalam pembuatan compact SUV 5-seater ini.


XForce dikembangkan dengan studi dan fokus bahwa model ini digunakan di wilayah ASEAN yang mengidamkan SUV kompak dengan desain otentik namun berkarakter stylish dan robust sehingga lahirlah XForce yang memiliki konsep “Best-suited buddy for an exciting life”.

Futuristic T-Shape Headight dengan Stylish Rear Combination Lights.


Muhammad Arif Dwianto, Head of Sales Training PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan, “Selain menyuguhkan bodi berukuran kompak, XForce menawarkan handling yang sangat baik, kenyamanan serta utilitas fitur seperti interiornya yang luas dan berbagai ruang penyimpanan.”

Bagasi berkapasitas 410 liter.


Pada Mitsubishi Motors Auto Show yang berlangsung 24-27 Agustus 2023 di Tunjungan Plaza 6 Surabaya, OTOPLUS-ONLINE berkesempatan melakukan test drive SUV yang dipasarkan dengan harga OTR Rp415.900.000 (Ultimate CVT), dan Rp 382.900.000 (Exceed CVT) meski di area yang terbatas.


Berikut beberapa poin yang menurut kami menjadikan XForce layak untuk dipertimbangkan.


Sistem Audio

Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci yang menawarkan visual berkualitas tinggi, yang dilengkapi fungsi dan konten yang menarik dengan Wireless Connectivity Android Auto dan Apple Carplay.


Mitsubishi membekali XForce dengan Dynamic Sound Yamaha Premium, sebuah sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister sehingga menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi.


Untuk menilai kualitas sistem audio XForce, OTOPLUS ONLINE sengaja mengajak Andy Andrias, pemilik rumah audio Royal Priest yang berpengalaman 20 tahun lebih menangani car audio.


“Pertama, kabinnya kedap. Sistem insulasi dan peredam suara yang dipasang berkualitas baik. Perhatikan saja lembaran peredam yang dipasang pada panel penutup ban serep. Lalu mengenai kualitas suara yang dihasilkan. Menurut saya, sistem audio XForce jadi yang terbaik di kelasnya. Bahkan jika dibandingkan dengan sistem audio salah satu merek medium SUV yang menggunakan Bose, kualitas suara, staging dan fitur-fitur pengaturan pada sistem audio XForce lebih baik,” beber Andy.


Sistem audio XForce dilengkapi 8 spiker dan 4 preset equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing). “Pada Signature jelas engineer Yamaha mengacu pada aliran EMMA (European Mobile Media Association) dimana memosisikan vokalis tepat di depan pengemudi," jelas Andy.


Sementara pada pilihan Lively, posisi vokal seolah berada di tengah-tengah dasbor, gaya ini mengacu pada aliran IASCA (International Auto Sound Challenge Association). Pilihan Powerful cocok buat pemula yang mulai belajar audio atau anak muda.


"Kemudian untuk Relaxing, lebih cocok untuk musik-musik easy listening, yang alunan musik dan nadanya simpel,” lanjut Andy.


Melengkapi keunggulan-keunggulan itu, Yamaha juga melengkapi sistem audio tersebut dengan fitur Speed Compensated Volume (SCV) sehingga dapat menyesuaikan kekerasan volume mengikuti penambahan atau pengurangan kecepatan.


Fitur Berkendara

Mitsubishi membekali XForce dengan empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel dan Mud. Perubahan pada mode berkendara tak hanya mengubah setting mesin tapi juga akan menyesuaikan karakter rem, kontrol traksi dan transmisi yang menjadikannya satu level lebih tinggi dibandingkan pesaingnya yang juga telah dibekali fitur drive mode.


Untuk meningkatkan kemampuannya bermanuver, XForce juga dilengkapi dengan Active Yaw Control (AYC). “Fitur ini memungkinkan pengemudi lebih percaya diri ketika melibas tikungan,” tukas Arif.


Kepercayaan diri akan terdongkrak kalau mengetahui ground clearance setinggi 222 mm. Sebagai informasi, angka itu lebih tinggi dari Mitsubishi Pajero Sport (218 mm) dan Xpander (220 mm).

Kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang dengan ruang kabin shoulder room, legroom dan hip room terluas di kelasnya, ditunjang dengan 8-step recline position (antara 17-33 derajat), konfigurasi kursi belakang 40:20:40 yang dibalut material dengan fitur anti heat guard technology.


“Dengan begitu XForce akan lebih aman ketika terpaksa harus melintas di genangan banjir,” imbuh Arif. Hal lain yang menjadi keunggulan XForce yakni radius putar. Saat kami coba putar balik di area parkir atrium TP 6 Surabaya, meski lingkar rodanya 18 inci tapi dengan radius putar hanya 5,2 meter kami pede saja meski area putar balik sempit.


Fitur Keselamatan

Digital Driver Display ukuran 8 inci yang memberikan informasi yang beragam dan mudah dibaca dengan visual berkualitas tinggi.


Di samping 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), XForce juga dilengkapi fitur-fitur keselamatan di antaranya, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HAS), BIind Spot Warning (BSW), serta Rear Cross Traffic Alert (RTCA), Tire Pressure Monitoring Systerm (TPMS).


Rasa Berkendara

Interior bernuansa modern dengan dasbor berkonsep horizontal axis instrument panel berbalut bahan fabric mélange dipadukan rona moka yang memberi kesan homy.


Posisi mengemudi ideal mudah didapatkan karena setirnya sudah dilengkapi setelan tilt dan telescopic. Sayangnya setelan jok masih manual. Bahan kulit pembungkus jok punya fitur anti-heat sehingga tidak terasa gerah saat diduduki. Nanti akan kita buktikan saat sesi tes sebenarnya ketika berlama-lama duduk di atasnya.


Benar kata Andi Andrias, kabinnya terasa kedap bahkan ketika kami coba berjalan. Hebatnya setup sistem audio tetap maksimal dinikmati dengan kondisi kendaraan berjalan. Biasanya sistem audio advance hanya maksimal terdengar ketika kendaraan dalam kondisi diam.


Sementara sirkulasi hawa dual zone auto climate control disempurnakan dengan kehadiran fitur air filter berteknologi Nanoe-X dari Panasonic. Seluruh penumpang akan merasakan kabin yang lega berkat headroom, shoulder room, hip room sampai legroom yang melimpah.

Well-Tuned Suspension untuk kenyamanan berkendara.


Gerakan kemudi terasa ringan meski mengadopsi lingkar roda ukuran 18 inci. Hal itu kami rasakan ketika bermanuver parkir dan putar balik di area test drive.

Lingkar roda 18 inci dengan ban ukuran 225/50-18.


Untuk redaman suspensi, seperti klaim Mitsubishi terasa cenderung empuk, kontur paving bergelombang walau profil bannya hanya 50. Impresi lengkap dari XForce akan kami sampaikan setelah mendapatkan unit tesnya.



Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto


Spesifikasi:

Slstem Penggerak 2WD

Dimensi

Panjang x lebar x berat 4.390 x 1.810 x 1.660

Wheelbase 2.650

Ground clearance 222

Kapasitas tempat duduk 5

Turning radius minimum 5,2 meter

Mesin

Tipe 4A91, DOHC 16- valve, 4-Cylinders

Volume silinder 1.499 cc

Tenaga maksimum 77 kW /6.000 rpm

Torsi maksimum 141 Nm/4.000 rpm

Bahan bakar yang direkomendasikan bensin tanpa timbal

Kapasitas tangki bahan bakar 42 liter

Transmisi CVT

Suspensi depan MacPherson strut

Suspensi belakang Torsion beam

Rem depan Cakram berventilasi

Rem belakang Cakram

Ban 225/50R18

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page