• Editor

Mitsubishi Xpander Cross: Harga MPV Rasa SUV


Pasca peluncuran Mitsubishi Xpander pertama kali pada bulan Agustus 2017 di acara GIIAS lalu, penerimaan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan yang masuk dalam segmen small MPV ini sangat baik. Data yang OTOPLUS-ONLINE terima, tak kurang dari 140.000 unit Xpander terjual sampai dengan bulan September 2019 lalu.

  • Mitsubishi Motors Auto Show yang dilaksanakan pada tanggal 14 - 17 November 2019 di Tunjungan Plaza 6 jadi moment perkenalan Xpander Cross ke masyarakat di Surabaya

"Bahkan pada awal 2018 lalu, kecepatan penjualan Xpander sangat tinggi hingga mencapai 6.000 - 7.000 unit per bulan," buka Imam Choeru Cahya, Executive General Manager of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Indonesia, saat press conference Mitsubishi Motors Auto Show yang dilaksanakan pada tanggal 14 - 17 November 2019 di Tunjungan Plaza 6 Surabaya.

  • Prosesi peluncuran Xpander Cross di Surabaya oleh petinggi PT MMKSI

Padahal asumsi saat itu, kemampuan produksi MMC Indonesia adalah 80.000 unit per tahun, dengan pembagian 60.000 unit untuk produksi domestik, sementara 20.000 lagi untuk keperluan ekspor. Sehingga kalau dirata-rata per bulan, kemampuan produksi saat itu hanya 5.000 unit per bulan.

  • Imam Choeru Cahya, Executive General Manager of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

"Namun kemudian kami menyadari, tingginya penjualan ini bisa juga disebabkan oleh emotional buyers yang juga cukup tinggi. Artinya, sebenarnya ada juga orang yang belum butuh kendaraan crossover seperti Xpander ini. Tapi mungkin karena melihat desainnya yang menarik, atau melihat orang lain rame-rame membeli Xpander, mereka jadi ikut-ikutan. Itulah yang kami sebut sebagai emotional buyers," lanjut Imam Choeru Cahya.

  • Xpander Cross dibanderol dengan harga MPV tapi dengan performa dan cita rasa SUV

"Nah baru pada semester kedua tahun 2019 saat ini, penjualan Xpander sudah masuk ke segmen sebenarnya, dengan penjualan 5.000 - 5.500 unit per bulan. Dan angka ini pun sebenarnya sudah melebihi ekspektasi kami."

  • Xpander Cross memiliki robust design (desain kekar) layaknya kendaraan SUV yang siap diajak ber-adventure bersama keluarga

Namun demikian, seiring semakin meningkatnya minat konsumen terhadap kendaraan SUV, PT MMKSI pun melihat adanya peluang untuk menggenjot kembali penjualan Xpander ini. Caranya dengan menghadirkan tipe terbaru, yakni Xpander Cross yang memiliki 'SUV taste' lebih kental ketimbang tipe-tipe Xpander lainnya.

  • Desain front grille & bumper baru dengan LED headlamp & LED fog lamp

Sebagai info, Xpander Cross yang merupakan kendaraan crossover dengan memadukan kenyamanan sebuah MPV dengan ketangguhan yang dimiliki SUV ini baru diluncurkan 12 November 2019 lalu di Jakarta. Dan kini, masyarakat Surabaya bisa melihat dari dekat gacoan terbaru dari Mitsubishi ini.

  • 17-inch alloy wheel dengan wheel arch molding lebih lebar ketimbang tipe terdahulu yang 15 inci

"Harapan kami, Xpander Cross ini bisa memberikan kontribusi dalam hal penjualan 2.000 unit per bulan, sehingga ekspektasi kami, minimal dengan hadirnya Xpander Cross ini terjadi total penjualan model Xpander dari 5.500 meningkat jadi 6.500 unit per bulan secara nasional," optimis Imam Choeru Cahya sambil menambahkan, Xpander Cross ini menempati kasta tertinggi dari tipe-tipe Xpander yang lain, seperti GLX, GLS, Exceed, Sport, dan Ultimate.

  • Ground clearance lebih tinggi 20 mm (225 mm) ketimbang tipe Ultimate dan dilengkapi special tuned suspension with rebound spring serta side body garnish

OTOPLUS-ONLINE melihat hal ini sangat masuk akal untuk diraih. Apalagi jika melihat, adanya gap pricing yang sangat tinggi antara Pajero sebagai SUV andalan Mitsubishi, dengan Xpander yang ada di segmen MPV.

  • Luxurious interior dengan dual tone leather seat

Kita bandingkan harga antara Xpander tipe paling mahal (sebelum masuknya Xpander Cross), yakni Xpander Ultimate A/T yang dibanderol dengan harga Rp 266.100.000 dengan tipe All New Pajero Sport paling murah, yakni Exceed MT 4x2 seharga Rp 484.950.000. Ada beda lebih dari Rp 200 juta, atau tepatnya, Rp 218.850.000.

  • Dilengkapi roof rack dan auto-folding door mirror

Jadi sangat masuk akal ketika perbedaan harga yang sangat besar ini diisi dengan Xpander Cross yang dibanderol paling mahal Rp 285.700.000 (tipe AT Premium Package). Dengan kata lain, Xpander Cross ini menjadi stepping stone atau batu loncatan bagi konsumen MPV yang ingin naik ke kelas SUV, tapi masih belum cukup uang untuk membeli Pajero.

  • Antusiasme masyarakat terhadap kemunculan Xpander Cross

Dan hal ini dibenarkan oleh Imam Choeru Cahya saat dikonfirmasi oleh OTOPLUS-ONLINE. "Memang betul sekali. Dengan pricing seharga MPV ini kami coba meng-expand konsumen untuk lebih dekat lagi ke SUV. Sebab Xpander Cross ini meskipun masuk dalam kategori MPV, tapi sudah memiliki taste layaknya kendaraan SUV. Ini sesuai dengan ekspektasi masyarakat yang telah disampaikan kepada kami. Untuk itu dalam waktu dekat ini, kami ingin mengajak wartawan untuk melakukan test drive supaya bisa merasakan langsung performa Xpander Cross." Jadi mari kita tunggu, seperti apa performa Xpander Cross ini.


Tipe & Harga Xpander Cross

Tipe AT Premium Package: Rp 285.700.000

Tipe AT: Rp 276.100.000

Tipe MT: Rp 266.700.000


Naskah & Foto: Indramawan

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.