• Editor

Mobkas New Honda Mobilio S (2017-2018): Favorit Taksi Online

Harga kisaran Rp 150 juta atau setara LCGC 7-seater baru.
Bagian depan berubah total dengan headlamp sipit yang kekinian, dengan Daytime Running Light (DRL) sudah jadi standar di varian ini.

Produk facelift Honda Mobilio ini diluncurkan Februari 2017. Yang beda, headlamp, gril dan bumpernya dengan mengusung filosofi desain terbaru Honda yang dinamai Solid Wing Face. Seperti pilihan varian sebelumnya, ada 3 pilihan varian New Honda Mobilio, yaitu S (low), E (medium)dan RS (high).

Meski merupakan varian termurah New Honda Mobilio S, sudah memiliki fitur yang cukup baik untuk sebuah MPV keluarga. Selain kabin lega, kepraktisan dengan banyaknya kompartemen penyimpanan, varian S sudah mengadopsi digital AC yang praktis dan modern. Fitur lain berupa head unit double DIN dengan slot USB/AUX juga koneksi Ipod.

Ciri luar varian S, pelek dengan wheelcap, warna handel pintu yang hitam, dan sein di fender depan.

Di sisi impresi berkendara, New Honda Mobilio masih jadi salah satu yang terbaik di jajaran LMPV. Pegangan tangan ke kemudi terasa mantap berkat diameter dan ketebalan lingkar batang kemudi yang pas digenggam, posisi mengemudinya terasa lebih ‘sedan’ dibandingkan para kompetitornya yang rata-rata menyuguhkan posisi duduk tinggi.

Perbandingan rasio gigi transmisi 5 percepatannya terasa pas, membuat nyaman dikemudikan, namun tetap hemat BBM.

Urusan performa, New Honda Mobilio menggunakan mesin bensin berkode L15 dengan teknologi i-VTEC bertenaga maksimum 118 ps. Angka ini lebih besar dibandingkan para pesaingnya di kelas 1,5 liter seperti Mitsubishi Xpander (104 ps), Nissan Grand Livina (109 ps), Toyota Avanza Veloz (104 ps), Suzuki New Ertiga (104,7 ps) atau Wuling Confero S (108,5 ps).

Mesin bensin berkode L15 dengan teknologi i-VTEC bertenaga maksimum 118 ps lebih besar dibandingkan para pesaingnya.

Di bursa mobil bekas, New Honda Mobilio S keluaran 2017 dipasarkan dengan harga kisaran RP 150 jutaan. Bisa menjadi alternatif pilihan buat yang mau memulai taksi online atau andalan transportasi harian keluarga, selain LCGC 7-seater berstatus baru yang range harganya segitu.

Bagian belakang tidak berbeda dari model sebelumnya.

Cek Riwayat di Beres

Namun harus diwaspadai karena umumnya varian ini jadi favorit taksi-taksi online atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhan armadanya. Sudah pasti jarak tempuh menjadi tidak wajar.


Dari pengakuan salah seorang narasumber OTOPLUS-ONLINE yang sudah dua tahun menjadi joki taksi online, dalam setahun mobilnya bisa menempuh jarak 50.000 km.


Odometer atau jarak tempuh jangan menjadi acuan karena kenyataannya ada saja cara mengakali jarak tempuh tersebut. Paling aman lakukan pengecekan service record di bengkel resmi Honda untuk mengetahui detail riwayat pemakaiannya.


Konsumsi Bahan Bakar

Variabel ini bisa menjadi pertimbangan, untuk pemakaian dalam kota konsumsi bahan bakarnya ada di angka 13,7 km/liter, tidak terlalu berbeda dengan capaiankonsumsi BBM LCGC 7-seater yang berkutat di 14,5 km/liter.

Sedangkan untuk pemakaian di jalan bebas hambatan dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam konsumsinya ada di angka 15,9 km/liter.

Advance Feature

Seperti sudah kami singgung, meski menjadi kasta terendah, fitur yang disodorkan termasuk baik. Fitur keselamatan seperti rem ABS dan airbag ganda di depan hadir. AC double blower, auto door lock yang akan mengunci pintu secara otomatis saat kecepatan menyentuh 20 km/jam.


Juga fitur auto down power window di sisi pengemudi yang memudahkan ketika akan melakukan tap kartu tol atau membayar parkir. Makin lengkap dengan fitur kait ISOFIX di jok baris kedua untuk membawa child seat, seatbelt 3 titik di semua jok juga wiper belakang meski belum dilengkapi dengan fitur intermittent.


Perlu Diperhatikan

Kelebihan di sisi performa agaknya sedikit banyak memengaruhi umur engine mounting khususnya di sisi kanan.

Selain kelebihan-kelebihan tadi, kekurangan yang dimiliki Mobilio S di antaranya bunyi dari panel plastik, khususnya yang menutup pilar A di sisi pengemudi. Bunyi bersuara trrrr… itu bahkan sudah muncul sejak unit baru diterima dari dealer.

Namun tak usahk hawatir, rupanya bengkel resmi Honda sudah paham banget mengatasinya. Sampaikan saja saat melakukan servis, keluhan itu mudah diatasi.


Kekurangan lain material plastik di kabin mudah tergores. Jadi kalau mengincar mobil ini cek secara teliti. Ada pedagang/penjual mobil bekas biasanya menyamarkan dengan mengoleskan cairan silikon agar terlihat shiny.

Unsur kenyamanan di varian ini sedikit terganggu dengan instrusi suara.


Varian Mobilio S memang hanya dibekali dengan insulator karpet di area firewall jadi wajar kalau suara luar mengintrusi masuk ke dalam kabin. Bila ingin nyaman dan kebetulan punya anggaran lebih bisa memasang paket peredam suara yang banyak ditawarkan lapak online atau gerai variasi mulai Rp 600 ribusampai 2 jutaan.


Kelebihan di sisi performa agaknya sedikit banyak memengaruhi umur engine mounting khususnya di sisi kanan.

“Setelah pemakaian 3 tahun, getaran mesin mulai terasa di kabin. Saat diperiksa rupanya engine mounting sisi kanan sudah retak,” terang Udin, owner Putra Libra yang memiliki armada mobil rental Honda Mobilio.


Periksa bagian pintu bagasi dengan mengetoknya karena bagian ini sering jadi korban insiden tabrak belakang lantaran desainnya yang menjadikan pintu bagasi sekaligus sebagai ‘bumper’.


Untuk isu perawatan New Honda Mobilio yang dicap mahal, sebenarnya tidak juga. Buat New Honda Mobilio bertransmisi manual tersedia paket cermat (cerdas dan hemat) senilaiRp 3,25 juta untuk 3 tahun (5 kali servis). Biaya tersebut sudah termasuk oli mesin, filter oli, washer drain, saringan udara, saringan AC, oli transmisi, busi danjasa (untuk 10.000 & 20.000 km).


Bahkan untuk New Honda Mobilio yang dibeli khusus pada bulan November dan Desember 2017 bersamaan dengan promo penjualan Honda yang bertajuk ‘Hidup Seru Dengan Honda Baru’, pemilik akan dibebaskan dari biaya perawatan (jasa dan spare part) selama 3 tahun/50.000 km.


Naskah & Foto: Nugroho Sakri Y.