• Editor

Modifikasi Mitsubishi Canter 2017 Berjuluk Si Kolor Ijo Ini Hanya untuk Kontes

Total biaya yang sudah dikeluarkan untuk modifikasi kurang lebih Rp250 juta!

OTOPLUS-ONLINE I Ini bukan cerita tentang sosok siluman mesum berwarna hijau yang demen keluyuran hanya mengenakan Kolor saja. Tapi ini cerita tentang truk milik Anang Indriyanto yang mendapat julukan Si Kolor Ijo.


Simak saja tampilannya yang lebih gambot dan kekar dengan dominasi warna hijau di sekujur bodi kendaraan sampai ke bak belakang truk.

Ya, bicara soal truk, bayangan kita pasti terbawa pada tampilan kendaraan pengangkut barang. Betul sekali, tapi beda dengan truk lansiran 2017 ini. Bukan untuk angkutan, justru dimodifikasi total dan hanya digunakan khusus untuk kontes saja.


Gak tanggung-tanggung, untuk biaya modifikasinya saja bikin geleng-geleng. “Total biaya yang sudah dikeluarkan untuk modifikasi kurang lebih Rp250 juta”, ungkap pria yang juga owner New Bekaje, bengkel bodi truk yang yang kerap jadi rujukan untuk modifikasi bodi dan bak truk.

Dari tampilan luar jelas terlihat perubahan total Mitsubishi Canter ini. Mulai dari bodi depan terlihat nyaris mirip Mercedes-Benz Arocs lansiran anyar. Gril dan bumper depan dibuat dari plat 0,9 mm juga mirip dengan truk Sultan lansiran pabrikan Jerman itu.


Baca juga: Seperti Inilah Mobil Mainan Duo Srikandi Off-road Pati Ini


Lampu utama mencomot LED proyektor Pro G. Ringkas, namun pancaran cahayanya bikin malam bak siang. Demikian juga sistem penerangan yang lain. Seluruh lampu, mulai depan sampai lampu samping bak dan stop lamp milik Fortuner VRZ juga sudah LED.

Berpindah ke sisi belakang, bak truk dibuat ulang dengan dimensi yang berbeda. Tinggi dinding bak dibuat sejajar dengan atap kabin depan. Masih menggunakan bahan kayu Merbau namun untuk mempercantik tampilan dipadu dengan airbrush bertema Gatutkaca, tokoh pewayangan.

Di malam hari bak truk jadi terlihat lebih ramai karena pemasangan LED strap di setiap pilar bak yang menyala warna warni.


Baca juga: Restorasi Mercedes-Benz 180 W120 Alias Mercy Kentang


Di sektor kaki-kaki terlihat sudah sangat berbeda, karena kesan ceper. Namun sebetulnya hanya permainan plat samping saja, ban dan pelek masih standar hanya untuk mempermanis ditambahkan wheel dop sehingga terlihat beda.

Suspensi juga masih mengandalkan standar. “Pernah dicoba menggunakan air suspension, tapi sayangnya tidak kuat karena bobot truk yang lumayan agak berat meskipun dalam kondisi tanpa muatan.


Paling menarik adalah saat memasuki kabin. Nuansa truk nyaris hilang sama sekali. Yang ada malah kesannya duduk di dalam mobil SUV mewah. Pelototin aja sob, interiornya terlihat bersih dan rapi.

Untuk perjalanan jauh juga dijamin nyaman. Pasalnya pemasangan audio set Alpine yang didukung dengan 3 subwoofer Rockford Fosgate bakalan bikin kita gak bakalan ngantuk dibuai alunan musik jedag jedug dari audio yang disetting mengacu pada aliran SoundQuality Loud (SQL).


Baca juga: Innova Reborn Carbon Edition Ini Modifikasi Pertama Garapan LENT Autocare


Sepasang jok semibucket berlabel Bride juga dijamin bikin kita makin nyaman duduk. Makin nyaman lagi didukung pemasangan AC merk ND yang bikin kabin jadi makin adem.


Data Modifikasi

Wheel dop: variasi Bumper: custom by New Bekaje Gril: custom by New Bekaje Lampu depan: Pro G Stop lamp: Fortuner VRZ Audio: Alpine Subwoofer: Rockford Fosgate Mid: Marvel Power: Venom Jok: Bride

Lampu kolong: LED variasi AC: ND

Bengkel: New Bekaje Pati


Teks dan Foto: dJansen