• Editor

Motorrad Indonesia Rilis Tiga Unit BMW F900R untuk Tes Pasar


"Ini naked bike 2-silinder yang belum pernah kami bawa sebelumnya..."

Indonesia sedang dalam kondisi memprihatinkan akibat pandemi COVID-19 hingga membuat daya beli masyarakat cenderung menurun. BMW Motorrad justru dengan percaya diri, meluncurkan varian terbaru BMW F900R untuk mengaspal di jalanan Tanah Air.


“Ini naked bike 2-silinder yang belum pernah kami bawa sebelumnya. Memang dari waktu ke waktu BMW Motorrad selalu mengeluarkan produk baru. Tenaga maksimal F900R mencapai 105 hp pada 8.750 rpm, dengan transmisi 6-percepatan manual,” kata Joe Franz, CEO PT Maxindo Moto Nusantara (BMW Motorrad) saat perkenalan perdana BMW F900R di resto Cerita Rasa, Jl. Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat petang (17/7).

  • Naked bike BMW F900R seharga Rp 380 juta off the road dengan teknologi moderen.

Menurut Joe, selain kapasitas mesin yang 900cc, atau lebih tepatnya 895cc, dan tampilan sporty versi naked bike, BMW yang menggunakan teralis berbahan dasar baja ini juga ditopang sejumlah fitur mutakhir.


Sebut saja salah satunya fitur adaptive cornering headlight. Teknologi yang memungkinkan pencahayaan Iampu depan motor yang sudah mengadopsi LED Headlight tersebut bisa beradaptasi mengikuti kondisi jalan. Pencahayaan lampu ini secara otomatis aktif, saat motor berbelok dengan sudut kemiringan 10 derajat, dan kecepatan minimum 10 km/jam. Hasilnya visibilitas berkendara semakin baik, terutama saat menunggangi motor di malam hari. Istilah anak sekarang, bukan ‘lampu bego’, yang setang motornya belok ke kiri atau kanan, tapi lampunya tetap menyorot lurus ke depan.


Teknologl adaptive cornering headlight ini biasanya ditemukan pada mobil-mobil mewah. Namun uniknya, fitur pada F900R ini tidak juga seperti pada mobil, yang pada umumnya mata lampunya yang bergerak. Kalau pada motor berkapasitas tangki 13 liter ini yang bergerak adalah bagian reflektor lampunya.


Berbekal mesin yang mampu menghasilkan tenaga 104 hp pada 4.500 rpm, dan torsi yang mencapai 92 Nm pada 8.500 rpm, motor dengan suspensi upside down di bagian depan, dan monoshock di bagian belakang ini diperkuat slipper clutch dan drag torque control, yang disebut dengan MSR. Fitur baru ini akan mencegah roda belakang slip ketika output torsi sedang besar, dengan menyesuaikan throttle dengan torsi.


Selain itu BMW F900R yang tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Black Storm Metallic, Hockenheim Silver Metallic/Racing Red, dan San Marino Blue Metallic juga memiliki fitur terkini lainnya. Mengenai harga, tipe ini dipatok harga fantastis, yakni Rp380 juta off the road!

  • Joe Franz (kanan) CEO PT Maxindo Moto Nusantara (BMW Motorrad Indonesia).

“Meskipun ada sinisme tren penjualan moge ke depan menurun, tetapi kita harus terus antusias dalam berusaha. Bahkan kita juga selalu memiliki keinginan untuk membawa motor-motor BMW terbaru ke Indonesia,” kata Joe yang meskipun optimis, sementara ini baru menyiapkan 3 (tiga) unit BMW F900R untuk test pasar di Indonesia. Bagi peminat, cukup inden selama 2 (dua) bulan.


Teks dan Foto: Setiawan AS