• Editor

MPM Honda Jatim Gencarkan Himbauan Safety Riding di Jalur Tanjakan Wisata Pacet, Mojokerto

Sering terjadi rem blong di kawasan ini sehingga sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor.

MPM Honda Jatim - Daerah perbukitan merupakan salah satu wilayah yang dianggap berbahaya, sehingga mengharuskan para pengendarai lebih berhati-hati memacu kendaraannya.


Hal tersebut tak lain disebabkan kontur jalan yang berkelok-kelok, tikungan tajam, serta banyak terdapat tanjakan dan turunan beragam.


Selalu berhati-hati dan waspada merupakan hal yang harus dilakukan saat berkendara di jalan raya, terutama di jalur atau jalan tanjakan menju pegunungan, seperti tempat wisata Pacet.


Untuk itu PT. Mitra Pinasthika Mulia ( MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT tak henti-hentinya memberikan edukasi dan mensosialisasikan safety riding atau keselamatan berkendara.


Seperti kegiatan yang dilakukan bersama IPDA Suyanto selaku Kanit Dikyasa Satlantas Polres Mojokerto dan Diyan perwakilan relawan Semeru di jalur wisata gunung di Pacet, Mojokerto (18 Agustus 2021) lalu.


Jalan Pacet-Cangar selalu ramai kendaraan tiap akhir pekan karena menjadi jalur ke objek wisata. Jalur alternatif Mojokerto-Kota Batu ini terkenal ekstrem karena diwarnai tanjakan, turunan curam, serta tikungan tajam. Hampir di sepanjang jalur terdapat jurang yang dalam.


Sosialisasi kali ini bertujuan untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara dengan memasang himbauan pengecekan rem dan beberapa material pendukung seperti spanduk jalan, banner, rompi relawan, dan acrylic keselamatan untuk mendukung program safety riding di jalur rawan Pacet-Mojokerto, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Himbauan tersebut agar pengguna jalan agar lebih peduli akan keselamatannya serta kondisi motornya karena sering terjadi rem blong di kawasan ini sehingga sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor.


“Setiap harinya jalur wisata Pacet dilalui warga sekitar yang ingin berlibur atau beraktivitas sehari-hari. Melalui kegiatan ini kami sosialisasikan kembali keselamatan berkendara sesuai slogan keselamatan berkendara sepeda motor Honda #Cari_Aman,“ kata Hari Setiawan selaku Instruktus Safety Riding MPM Honda Jatim.


"Selain itu juga agar setiap pengendara yang lewat di jalur wisata Pacet yang menjadi tempat wisata bagi warga, agar tetap waspada karena jalanan yang menanjak," imbuhnya.


Selain pemasangan himbauan juga disosialisasikan secara langsung kepada warga sekitar dan memberikan edukasi terkait persiapan sebelum berkendara, yakni pengecekan komponen kendaraan seperti rem, ban, dan yang tak kalah penting juga perlengkapan berkendara seperti memakai helm, dan jaket.


MPM Safety Riding Course

MPM Safety Riding Course berada di Jalan Raya Sedati 101, Gedangan, Sidoarjo. Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan raya dan keterampilan berkendara.


MPM Safety Riding Course yang didirikan pada 2015 dilengkapi ruang kelas, simulator, serta beberapa tipe motor Honda yang digunakan untuk praktik.


Juga digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman, keseimbangan, menikung, serta memprediksi bahaya.


Berbagai kegiatan pelatihan dan program kampanye keselamatan berkendara juga dilakukan. Bekerja sama dengan pemerintah, kepolisian, sekolah, institusi, maupun komunitas masyarakat.

Seperti Honda Safety Riding Festival, Kampung Safety Riding, Taman Lalu Lintas, Safety Riding Lab di sekolah, pembentukan duta safety riding di berbagai level pendidikan, lomba kampanye keselamatan berlalu lintas melalui media sosial, dan beragam aktivitas lainnya.


MPM Safety Riding Course tidak hanya menjadi fasilitas umum dalam mendapatkan ilmu keselamatan berkendara, namun menjadi tempat para instruktur untuk mengasah kemampuan berkendara. ***