• Editor

New Hyundai Santa Fe Bukan Sekadar Model Facelift

“Hyundai telah melakukan pembaharuan melalui fitur-fitur kelas atas serta sisi tampilan estetika untuk menjawab kebutuhan dari pelanggan kami." (SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia).

OTOPLUS-ONLINE I New Santa Fe ini merupakan model facelift dari Santa Fe generasi keempat yang diperkenalkan 2018 lalu di event GIIAS. Meski statusnya facelift, kenyataannya Hyundai meredesain ulang, tak hanya eksterior dan interior, tapi juga sektor mesin, sistem penggerak dan fitur keamanan.

Desain

Pada sisi desain, tampilan gril Santa Fe memperlihatkan pola geometris yang menjadi ciri khas dari SUV tersebut, termasuk lampu depan terintegrasi yang merupakan identitas berbagai produk Hyundai saat ini. Desain LED Daytime Running Lights (DRL) unik, posisi DRL ini terletak memanjang dari bagian atas grille ke arah bagian bawah sehingga menciptakan nuansa signature unik berbentuk seperti huruf T ketika dinyalakan.

Roda 18 inci dengan desain pelek baru


Pada bagian luar, terdapat juga kesan garis yang menghubungkan antara DRL hingga ke lampu belakang mobil, memberikan kesan tegas dan berani. Apalagi ditopang ukuran lingkar roda lebih besar dari sebelumnya yang semakin menonjolkan karakter SUV yang kokoh dan bertenaga.

Interior

Ruang kabin lebih luas dan nyaman

Sisi interior dari Santa Fe terbaru ini mendapatkan pembaharuan desain sehingga kini mampu menyodorkan ruang kabin lebih luas, nyaman, dan memberikan berbagai macam kemudahan dibandingkan generasi sebelumnya. Material kabin Santa Fe menggunakan kualitas terbaik dimana setiap komponen yang ada di dalam mobil tersebut terbuat dari material yang halus dan lembut.

Pilihan warna interior hitam untuk varian Style dan Prime lalu Camel Two-Tone untuk varian Signature


Tidak hanya itu, New Santa Fe juga telah dilengkapi ambience light, sistem pencahayaan yang dapat diatur hingga 64 warna pilihan atau 64-color adjustable ambient mood sehingga menawarkan nuansa dalam kabin yang berbeda-beda. SUV ini juga memiliki digital instrument cluster berukuran 12.3 inci (varian Signature), terbesar di kelasnya, pengaturan konfigurasi tempat duduk yang dapat diubah secara elektris sesuai kebutuhan dari penggunanya, serta ruang kabin bagian belakang yang luas. Semua varian juga dilengkapi oleh panoramic sunroof yang lebar dan membuat ruang kabin lebih lega dan premium.

Fitur Keamanan dan Fitur Pendukung Keselamatan Pengendara Canggih

Sektor ini jadi lompatan jauh yang ditawarkan New Santa Fe khususnya untuk varian Signature. Di varian ini, Hyundai membenamkan berbagai teknologi keamanan aktif yang akan meningkatkan keamanan perjalanan dan juga mendukung pengemudi untuk mengidentifikasi potensi bahaya serta membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA): sebuah sistem yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan, dan jika diperlukan, akan secara otomatis mengaktifkan rem apabila sistem tersebut menilai benturan akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki yang ada di area depan mobil.

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA): dapat mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem secara otomatis jika diperlukan. Sistem keamanan ini juga kini mencakup situasi ketika sedang melakukan proses parkir secara paralel.

Blind-Spot View Monitor (BVM): menampilkan area blind spot di bagian belakang mobil, tampilan visual BVM terletak di panel cluster mobil yaitu pada saat pengemudi mengaktifkan lampu sein, apabila dalam situasi pengemudi hendak berganti jalur ketika berkendara.

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA): mendeteksi kendaraan yang mendekat dari bagian belakang sebelah kanan maupun kiri. Sebuah tanda peringatan akan muncul yang memberitahukan ada kendaraan yang datang dari arah belakang, di mana sistem ini juga akan secara otomatis mengaktifkan rem jika diperlukan.

Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA): Lane Keeping Assist (LKA) membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Di mana apabila kendaraan mulai keluar dari jalur marka jalan yang dilalui, sistem akan memberikan peringatan secara visual dan juga audio, dan apabila diperlukan akan memberikan intervensi terhadap kemudi agar mobil tetap berada di jalur marka jalan.

Sedangkan pada Lane Following Assist (LFA), sistem ini dapat membantu mengendalikan kemudi Santa Fe secara otomatis agar tetap berada di jalur marka jalan yang dilalui.

Electric Child Lock (ECL) & Safe Exit Assist (SEA): dapat membantu menghindari terjadinya benturan ataupun kecelakaan apabila penumpang di baris kedua akan keluar dari mobil, jika ada kendaraan yang datang dari arah belakang

Surround View Monitor (SVM): menghadirkan tampilan seluruh kendaraan dengan sudut pandang 360-degree sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan terutama di area yang cukup sempit

Kenyamanan

Fitur One-touch walk-in yang memberikan kemudahan akses untuk masuk dan keluar dari baris ketiga hanya dengan satu sentuhan tombol


New Santa Fe juga memiliki fitur-fitur kenyamanan terdepan yang tepat untuk perjalanan bersama keluarga. Fitur Remote Engine Start memungkinan pelanggan untuk menyalakan mobil dari jarak 10 meter dan juga menyalakan A/C secara otomatis.

(Kiri) Tombol One-touch fold di sisi kanan baris ketiga, memberikan kemudahan melipat bangku baris kedua untuk mendapatkan ruang tambahan ketika akan memasukkan barang bawaan dari pintu belakang. (Kanan) Bukaan pintu nyaris membentuk sudut 90 derajat, memudahkan akses penumpang


Terdapat pula fitur Smart Power Tailgate di mana kita dapat membuka pintu bagasi tanpa menggunakan remote atau menyentuh tombol apapun.


Performa

Mesin diesel 2.151 cc yang dapat menghasilkan tenaga 202 ps dan torsi 450 Nm


New Santa Fe merupakan produk SUV Hyundai pertama yang dibekali powertrain generasi terkini dari Hyundai. Ditawarkan dengan 2 pilihan tipe powertrain, bensin 2.5 liter MPi dipadu transmisi 6 percepatan otomatis dan 2.2 liter CRDi turbodiesel engine yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT).

Tuas transmisi digantikan tombol seperti keluarga Hyundai terkini


Ditunjang oleh pengurangan berat chassis dan optimalisasi struktur mobil secara keseluruhan, New Santa Fe tak hanya menyuguhkan performa mesin yang memuaskan tapi juga rasa berkendara yang stabil dan dinamis serta pengendalian responsif sesuai keinginan pengemudi plus efisiensi bahan bakar yang tinggi.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Hyundai, Nugroho Sakri Yunarto