top of page
  • Gambar penulisEditor

New Peugeot 508 2023 Sarat Inovasi dan Teknologi

Mesin hybrid 4-wheel drive yang dapat diisi ulang tersedia pada versi 508 PEUGEOT SPORT ENGINEERED dirancang oleh PEUGEOT SPORT.

OTOPLUS-ONLINE I Peugeot 508 generasi pertama diperkenalkan pada tahun 2010 menggantikan 407 dan 607, sedan mid size dan full size Peugeot. Generasi kedua diluncurkan tahun 2015 dan masih dipasarkan hingga saat ini. Pada 2023 ini, Stellantis mengungkapkan desain baru New 508 yang kian sarat dengan inovasi desain dan teknologi.


Inovasi desain jelas tampak dari desain gril yang tampak spektakuler, bentuknya menyatu dengan bumper dipadukan dengan headlamp ultra tipis dan DRL berbentuk cakar singa signature Peugeot.


Headlamp setipis itu memungkinkan diwujudkan tim desain yang dikomandani Direktur Desain Peugeot, Matthias Hossann berkat aplikasi teknologi Matrix LED.

Pada bagian belakang, tail light horisontal terlihat mendominasi, sumber pencahayaan tentunya mengandalkan LED yang menggabungkan desain 3-cakar khas dengan nyala indikator sekuensial.


Kabin 508 dan 508 SW yang baru mendapatkan inovasi desain dan penggunaan material baru yang berkelas. Inovasi desain itu diantaranya, desain konsol boks yang disederhanakan demi ergonomika yang lebih baik.



Sementara material berkelas yang dimaksud yaitu dipakainya dua pelapis baru sebagai standar untuk trim Allure dan GT, TEP/Tekstil untuk level trim pertama dan TEP/Alcantara® untuk trim GT. Dua trim Kulit Nappa (Mistral atau Merah) juga tersedia sebagai opsi, dengan singa timbul baru di sandaran kepala depan.


Untuk level trim PEUGEOT SPORT ENGINEERED, ada pelapis khusus dengan penambahan benang khas berwarna Kryptonite, yang juga menonjolkan dasbor, sandaran tangan, dan arm rest.



Kursi depan sangat nyaman tak heran bisa mendapatkan label AGR (Aktion für Gesunder Rücken) oleh asosiasi independe para pakar ergonomis dan kesehatan punggung Jerman. Kursi tersebut dilengkapi dengan penyetelan elektrik dengan dua pengaturan memori untuk pengemudi, serta pijat pneumatik dengan delapan program berbeda (termasuk tiga yang baru), dan pemanas kursi.


Di antara kursi depan, konsol tengah meluas ke slot khusus untuk pengisian daya telepon nirkabel. Sisa konsol sepenuhnya dikhususkan untuk penyimpanan dan kepraktisan dengan dua tempat cangkir berdiameter besar. Di bawah sandaran tangan terdapat dua soket USB C (charge/data) dan ruang penyimpanan dengan volume 6,4 liter.



Di baris 2, terdapat dua soket pengisi daya USB A di semua tingkat, di bagian belakang konsol tengah. Kursi bangku dua bagian dapat dilipat dengan formasi 60/40 yang dilengkapi dengan ski hatch sebagai standar.


Khusus 508 SW, ada dua kontrol untuk melipat dua bagian dengan mudah. Sistem ini mudah diakses dari sisi boot.

Peugeot i-Cockpit® adalah salah satu fitur terkuat pada produk Peugeot. Selama satu dekade, i-Cockpit telah ditanamkan dan dimodernisasi di setiap generasi baru.


Peugeot i-Cockpit® di New 508 menawarkan lebih banyak teknologi tanpa meninggalkan jejaknya dalam hal ergonomis, kualitas, kepraktisan, dan teknologi dengan sistem infotainment baru, Peugeot i-Connect® Advanced yang dilengkapi dengan layar tengah High Definition 10 inci, navigasi yang terhubung, pengenalan suara bahasa alami, konektivitas nirkabel, dan pembaruan over-the-air.



Kemudi berbentuk kompak adalah fitur dari Peugeot i-Cockpit® yang sanggup meningkatkan kenikmatan berkendara sepuluh kali lipat dengan menawarkan kelincahan dan ketepatan gerakan yang unik.


Roda kemudi New 508 disematkan lambang baru di tengahnya dan mengakomodasi kontrol untuk sistem multimedia (sumber audio, telepon) serta kontrol volume dan suara.


Sementara instrument cluster letaknya setinggi mata tepat di atas roda kemudi, kluster dengan tampilan digital itu dapat sepenuhnya disesuaikan dan dipersonalisasi, dengan mode tampilan baru (TomTom Connected Navigation, Radio/Media, Alat Bantu Mengemudi, Aliran Energi, dan lain-lain) yang seluruhnya dapat dikontrol lewat tombol di kemudi roda.

Tersedia dua mesin hybrid isi ulang penggerak 2 roda:

  • PLUG-IN HYBRID 180 e-EAT8 BARU: Penggerak 2 roda / kombinasi mesin PureTech 150 DK (110kW) dan mesin listrik 81 kW digabungkan dengan girboks otomatis e-EAT8 8 kecepatan.

  • PLUG-IN HYBRID 225 e-EAT8: Penggerak 2 roda / kombinasi mesin PureTech 180 DK (132 kW) dan mesin listrik 81 kW digabungkan dengan girboks otomatis e-EAT8 8 kecepatan.

Mesin hybrid 4-wheel drive yang dapat diisi ulang tersedia pada versi 508 PEUGEOT SPORT ENGINEERED, dirancang oleh PEUGEOT SPORT:

  • PLUG-IN HYBRID4 360 e-EAT8: penggerak 4 roda / di depan, kombinasi mesin PureTech 200 DK (147kW) dan mesin listrik 81kW digabungkan dengan girboks otomatis e-EAT8 8 kecepatan / di belakang, sebuah motor listrik 83kW dan manajemen energi dari PEUGEOT 9X8.

Baterai Li-ion dari 180, 225 dan 360 plug-in hybrid memiliki kapasitas 12.4kWh dan output 102kW. Tersedia dua jenis pengisi daya terpasang: pengisi daya fase tunggal 3,7kW sebagai standar dan, sebagai opsi, pengisi daya fase tunggal 7,4kW (standar pada PEUGEOT SPORT ENGINEERED).


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Peugeot

bottom of page