• Editor

NGK Rilis Busi Premium Laser Iridium Khusus Mobil Toyota

"Elektroda pusat Iridium yang kami gunakan berukuran lebih tipis, dibandingkan busi bawaan pabrik dari mobil-mobil tersebut. Tujuannya, agar proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat, sehingga performa kendaraan pun meningkat." (Diko Oktaviano - Tim Teknis NGK Busi Indonesia).

OTOPLUS-ONLINE I Inovasi tiada henti! Mendengar kalimat tersebut, mengingatkan akan tagline sebuah merek kendaraan roda dua yang dipasarkan di Indonesia. Tapi tentu saja, hak inovasi tiada henti bukan hanya sekadar milik pabrikan sepeda motor tersebut. Semua pihak boleh saja melakukan terobosan dalam berinovasi, demi mencapai segala sesuatu yang jauh lebih baik.


Sama seperti yang dilakukan merek busi ternama, NGK Spark Plugs. NGK Busi dalam perjalanan karir industrinya terus-menerus berinovasi. Yang pada akhirnya bertujuan untuk memberikan yang terbaik bagi para penggunanya.

Salah satunya wujud inovasi yang dilakukan NGK Busi adalah dengan meluncurkan varian busi terbaru mereka, yang dinamakan Laser Iridium-Genuine Performance Upgrade (GPU). Produk terbaru NGK busi ini merupakan busi kategori premium, dengan tambahan sejumlah fitur.


Seperti diungkapkan Takashi Shimizu, General Manager Sales & Marketing NGK Busi, bahwasanya kehadiran produk busi terbaru NGK ini dapat meningkatkan sensasi berkendara, khususnya bagi para pemilik mobil Toyota.

Lebih lanjut diungkapkan Shimizu, tim riset dan pengembangan NGK Spark Plugs di Jepang telah mendesain sebuah busi varian baru, yaitu Laser Iridium, dengan part number ILKAR6B11.


“Busi ini bisa dikatakan sangatlah istimewa, karena diciptakan secara khusus agar dapat bersinergi dengan kendaraan Toyota bertipe NR-Engine. Seperti Toyota Avanza, Sienta, Yaris, Rush, dan lainnya,” jelasnya.


Tentunya kata Shimizu, diperkenalkannya Laser Iridium didorong atas permintaan pasar yang memang cukup besar, dan menggairahkan. Terutama untuk busi dengan performa tinggi, bagi mobil-mobil merek Toyota.


Sementara Diko Oktaviano, tim teknis NGK Busi di Indonesia ikut mengatakan dalam virtual media gathering, Kamis (25/3), kalau tim NGK di Jepang memang memberikan perhatian secara khusus kepada busi premium untuk Toyota ini.


“Pada dasarnya, kami ingin menambahkan pilihan line up produk yang lebih luas, kepada end-users yang menginginkan busi yang berkualitas tinggi dan terbaik di kelasnya,” tukas Diko.


Busi NGK Laser Iridium ini ditunjang masa pakai yang jauh lebih lama, berkat adanya penggunaan kombinasi material Platinum dan Iridium, di kedua elektrodanya.


“Dari sisi performa, elektroda pusat Iridium yang kami gunakan berukuran lebih tipis, dibandingkan busi bawaan pabrik dari mobil-mobil tersebut. Tujuannya, agar proses pembentukan api di dalam ruang bakar lebih cepat, sehingga performa kendaraan pun meningkat,” urainya lagi.


Alhasil, berkat hasil pembakaran yang optimal setelah menggunakan busi ini, maka otomatis emisi gas buang yang dimuntahkan akan menjadi lebih rendah. “Sehingga sang pemilik mobil dapat turut berkontribusi positif dalam menekan angka polusi,” imbuh lelaki yang pernah meraih The Best ASEAN Technical Contest 2017 ini.


Apa yang dikatakan Diko diperkuat oleh Friendky Lay, Senior Manager Sales & Marketing NGK Busi, bahwa inovasi busi premium mobil Toyota dari NGK Busi tidak akan berhenti sampai di sini.

“Karena sekadar bocoran saja, tak lama lagi juga akan tersedia busi NGK untuk mobil Toyota Kijang Innova Reborn, yang ternyata memang telah dinanti-nanti oleh para pemilik mobil Kijang Innova di tanah air. Tunggu saja tanggal mainnya ya,” pungkas Friendky.


Teks: Setiawan AS

Foto: NGK Busi Indonesia