• Editor

Olimpiade Tokyo 2020 Dimeriahkan Teknologi Terkini Toyota dan Bridgestone

Toyota menyediakan lebih dari 3.000 kendaraan canggih dengan Bridgestone sebagai penyuplai ban.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah menjadi Worldwide Mobility Partner untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2015, tahun ini Toyota Motor Corporation (Toyota) kembali menjadi mitra untuk Olimpiade 2020 yang digelar di Tokyo.


Toyota bekerja sama dengan panitia penyelenggara dalam hal penyediaan sarana transportasi yang lebih aman dan efisien, selama kegiatan Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Bridgestone menciptakan sepeda lintasan yang digunakan oleh Tim Jepang dalam turnamen sepeda di ajang Olimpiade Tokyo 2020


Selain Toyota, dari industri otomotif juga ada Bridgestone. Sebagai ban resmi Olimpiade dan Paralimpiade, Bridgestone menyediakan ban dan layanan untuk sekitar 3.000 armada resmi yang digunakan IOC atau Komite Olimpiade Internasional (dan juga IPC atau Komite Paralimpiade Internasional).

Kendaraan pendukung seperti bus Sora, dan forklift semua serba bertenaga fuel cell


Termasuk juga untuk kendaraan pendukung kompetisi, kendaraan berkonsep unik yang akan membantu operasional staf dan masih banyak lagi.


Berikut ini beberapa kendaraan dan sarana transportasi yang disediakan Toyota dengan didukung Bridgestone selama gelaran Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung.


Toyota e-Palette

Kendaraan otonom listrik berdaya baterai ini digunakan para atlet di area Olimpiade (dan Paralimpiade). Toyota e-Palette menggunakan ban yang dirancang khusus oleh Bridgestone.


Toyota Walking Area BEVs

Kendaraan listrik berdaya baterai ini digunakan di area pusat jurnalis dan arena olahraga tenis. Khusus untuk kendaraan ini, Bridgestone menyediakan ban tanpa udara berteknologi mutakhir yang dapat menghilangkan resiko ban kempes dan kebutuhan untuk dipompa. Ban dibuat dengan bahan dasar resin, dan memiliki potensi daur ulang yang lebih besar.


Toyota MIRAI

Mobil listrik ini digunakan sebagai kendaraan pemandu dalam acara maraton. Untuk itu, Bridgestone menyiapkan ban dengan rancangan khusus dengan daya gulir rendah dan tingkat kebisingan yang rendah, sehingga berkontribusi pada peningkatan jangkauan jelajah dan kenyamanan berkendara untuk kendaraan listrik.


Toyota LQ Electric

Selain Toyota MIRAI, Toyota LQ electric juga digunakan sebagai mobil pemandu pada ajang marathon. Bridgestone menyiapkan ban Ecopia generasi terbaru yang dapat meningkatkan efisiensi penggunan energi baterai pada mobil listrik ini, melalui profil ban yang lebih tinggi dan lebih ramping dibandingkan ban biasa pada umumnya.


Toyota Accessible People Mover (APM)

Ini adalah kendaraan yang digunakan di arena Olimpiade (dan Paralimpiade) serta area tempat tinggal para atlet. Toyota APM menggunakan ban hemat bahan bakar dengan daya gulir rendah, yakni Bridgestone Ecopia.


Teks: Indramawan

Foto: Toyota, Bridgestone