• Editor

Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 2): Tiba di Bali Lanjut ke Lombok

Antisipasi jadwal dan waktu penyeberangan.

Start dari dealer Duta Intika di jalan Teuku Umar Barat No. 999, Denpasar


OTOPLUS-ONLINE I PT Surapita Unitrans, main dealer Kawasaki wilayah Jawa Timur, NTT dan Ambon bersama PT Duta Intika, main dealer Kawasaki wilayah Bali dan NTB mengajak anggota komunitas dan para penggemar motor Kawasaki di wilayah tersebut untuk menyaksikan putaran final kejuaraan dunia Superbike 2021 di Mandalika melalui event Road To Mandalika 2021.

Total peserta mencapai 87 motor


“Event ini diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari perwakilan 8 komunitas (ZRI Jatim, Syndicate, NIO, Vulcan Rider Indonesia, SMOC, KNI, NFI, Focyl) dan penggemar Kawasaki di wilayah Jawa Timur ada juga seorang peserta yang datang dari Makassar, Sulawesi Selatan,” kata Jefry Chandra, General Manager PT Surapita Unitrans.

Briefing peserta sebelum pemberangkatan


Bagi kami, kesempatan ini bisa kami jadikan kesempatan untuk menuliskan Trip Guide to Mandalika yang dibagi dalam tahapan 4 etape yaitu Surabaya-Denpasar, Denpasar-Lombok, Lombok-Denpasar dan Denpasar-Surabaya.

Koordinasi panitia demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan para peserta

Trip Guide to Mandalika dapat digunakan sebagai acuan buat kalian yang ingin berkunjung ke Lombok, khususnya ke sirkuit Mandalika.

Wajah-wajah sumringah para peserta yang tak sabar menyaksikan ajang WSBK di Mandalika


Apalagi tahun 2022 mendatang, tepatnya pada Februari 2022, Mandalika International Circuit akan kembali menggelar event balap internasional yang lebih heboh lagi, yakni MotoGP atau bersiap mengagendakan untuk menyaksikan kejuaraan balap superbike pada 11-13 November 2022 mendatang.

Tim pendukung dari PT Duta Intika, sempet memperbaiki beberapa kendaraan peserta yang mengalami masalah di etape sebelumnya


Terima kasih kepada PT Surapita Unitrans yang turut mengundang OTOPLUS-ONLINE untuk turut serta pada Road To Mandalika 2021 yang berlangsung selama 6 hari (18-23 November 2021).


Sebagai catatan, pada kegiatan Road To Mandalika 2021, seluruh peserta dan panitia diwajibkan menjalani tes antigen sesuai protokol kesehatan yang berlaku saat ini dimulai sebelum start dan di setiap pemberhentian etape.

Etape 2 (Denpasar-Lombok)

Perjalanan menuju pelabuhan Padangbai terasa santai melintas ruas jalan Prof.Ir.Ida Bagus Mantra yang mulus dan lebar


Rombongan Road To Mandalika melakukan start etape kedua, Denpasar – Mataram dari dealer utama Duta Intika yang beralamat di jalan Teuku Umar Barat No. 999, Denpasar.

Tiba di pelabuhan Padangbai, langsung antre tiket penyeberangan


Rombongan yang tadinya berjumlah 20 peserta, membengkak sehingga total jadi 87 peserta dengan menyusulnya 15 personel klub Focyl dari Jawa Timur dan tambahan 52 peserta yang merupakan perwakilan dari komunitas Kawasaki Bali.

Didukung service truck mengantisipasi bila ada motor peserta yang bermasalah


Di antaranya, NOC Bali, Neo Riders, Void, SBC, Motox Bali, Supermotonorules, ZX25R Bali, Speedrow Bali, W175 Bali, ER6 Bali, N250RC, Executive Riders Bali.

Road To Mandalika juga disupport Zutto Ride, Service Car


Perjalanan menuju Padangbai yang berjarak sekitar 44 kilometer dari kota Denpasar ditempuh sekitar 50 menit melalui Jalan Prof. Ir. Ida Bagus Mantra. ASDP menetapkan tarif penyeberangan sebesar Rp 129.000 untuk motor di bawah 500cc dan Rp 250.000 untuk motor di atas 500cc.

Action dulu sembari menunggu proses sandar dan bongkar muat yang makan waktu nyaris 2 jam


Buat yang belum pernah melakukan penyeberangan di rute Padangbai-Lembar perlu memastikan jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal ferry karena jadwal penyeberangannya tidak sebanyak penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Akhirnya kami pun bersiap memasuki ferry untuk menyeberang ke Lombok


Selain itu perhitungkan juga waktu sandar dan bongkar muat yang lumayan lama serta lama waktu penyeberangan. Untungnya saat rombongan kami menyeberang, arus laut dan ombak relatif tenang sehingga perjalanan menuju Lombok bisa ditempuh sekitar 4 jam.

Buat para biker, lamanya waktu penyeberangan terasa membosankan


Jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, lama penyeberangan bisa memakan waktu antara 6-7 jam.

Tiba di pelabuhan Lembar, Lombok, rombongan Road To Mandalika berkesempatan menuju obyek wisata Sekotong untuk menikmati sunset sebelum menuju kota Mataram yang jaraknya sekitar 21 kilometer dari pelabuhan Lembar.

Ekstra waspada saat menyeberang di musim pancaroba yang berpotensi menyebabkan gelombang laut tinggi sehingga rawan menyebabkan motor terguling


Perjalanan menuju kota Mataram ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat berisi kendaraan-kendaraan berplat luar Lombok.

Berfoto bersama di pelabuhan Lembar, Lombok


Sepertinya banyak juga yang ingin menyaksikan secara langsung final kejuaraan dunia superbike 2021 di Mandalika seperti halnya rombongan PT Surapita Unitrans dan PT Duta Intika Kawasaki, Road To Mandalika.

Menuju obyek wisata Sekotong untuk menikmati sunset, sayangnya terhalang mendung tebal yang menggelayut. Setelah dari Sekotong, rombongan pun bergegas menuju Mataram


Teorinya rute Bali-Lombok dapat ditempuh hanya dalam 6 jam namun praktiknya waktu tunggu sandar dan bongkar muat yang lama jadi molor 8 jam.


Baca juga: Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 1): Menuju Denpasar

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Surapita Unitrans, Duta Intika