• Editor

Panduan Turing Surabaya-Mandalika (Etape 1): Menuju Denpasar

Persiapan nonton MotoGP dan World Superbike 2022.

OTOPLUS-ONLINE I PT Surapita Unitrans, main dealer Kawasaki wilayah Jawa Timur, NTT dan Ambon bersama PT Duta Intika, main dealer Kawasaki wilayah Bali dan NTB mengajak anggota komunitas dan para penggemar motor Kawasaki di masing-masing wilayah tersebut untuk menyaksikan putaran final kejuaraan dunia Superbike 2021 di Mandalika melalui event Road To Mandalika 2021.

Ada 20 peserta pengendara motor Kawasaki berbagai model yang bersiap riding menuju Mandalika, Lombok, start dari Kawasaki Jemursari pada pukul 05.15 WIB


“Event ini diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari perwakilan 8 komunitas (ZRI Jatim, Syndicate, NIO, Vulcan Rider Indonesia, SMOC, KNI, NFI, Focyl) dan penggemar Kawasaki di wilayah Jawa Timur ada juga seorang peserta yang datang dari Makassar, Sulawesi Selatan,” kata Jefry Chandra, General Manager PT Surapita Unitrans.


Sebagai catatan, pada kegiatan Road To Mandalika 2021, seluruh peserta dan panitia diwajibkan menjalani tes antigen sesuai protokol kesehatan yang berlaku saat ini dimulai sebelum start dan di setiap pemberhentian etape.


Baca juga: Catatan Kecil 1 dari 1,6 Miliar Penonton di Dunia yang Menyaksikan WorldSBK Mandalika 2021 Kemarin


Terima kasih kepada PT Surapita Unitrans yang juga turut mengundang OTOPLUS-ONLINE untuk turut serta pada Road To Mandalika 2021 yang berlangsung selama 6 hari (18-23 November 2021).


Bagi kami, kesempatan ini bisa kami jadikan kesempatan untuk menuliskan panduan turing ke Mandalika yang dibagi dalam tahapan 4 etape, yaitu Surabaya-Denpasar, Denpasar-Lombok, Lombok-Denpasar dan Denpasar-Surabaya.

Perwakilan dari berbagai komunitas Kawasaki di Jawa Timur


Panduan ini dapat digunakan sebagai acuan buat kalian yang ingin berkunjung ke Lombok, khususnya ke sirkuit Mandalika.


Apalagi tahun 2022 mendatang, tepatnya pada Februari 2022, Mandalika International Circuit akan kembali menggelar event balap internasional yang lebih heboh lagi, yakni MotoGP. Atau mungkin kalian bersiap menyaksikan kejuaraan balap Superbike pada 11-13 November 2022 mendatang?


Let's roll...

Etape 1, Surabaya-Denpasar

Road To Mandalika 2021 dimulai!


Start tepat pukul 06.00. Pada etape ini rombongan berhenti tiga kali, di Tongas, Probolinggo, SPBU Utama Raya yang terletak di perbatasan kabupaten Probolinggo dan Situbondo, Jawa Timur dan terakhir di Negara, Bali.


Kondisi lalu lintas yang harus diwaspadai di Jawa Timur adalah di ruas Probolinggo-Kraksaan, Kraksaan-Besuki, Besuki-Situbondo dan Situbondo-Panarukan sampai memasuki kawasan hutan Baluran, Banyuwangi.


Selain padat dengan truk berbagai ukuran, beberapa ruas sedang diperbaiki yang terkadang sampai menyebabkan antrean panjang.

Serunya riding bareng Kawasaki Surabaya-Banyuwangi


Memasuki kawasan hutan Baluran, pengendara akan dipuaskan dengan jalanan berkelok ringan beraspal mulus namun tetap waspada karena banyak kelompok monyet yang berjejer di tepi jalan yang terkadang nyebrang seenaknya.

Tiba di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi


Tarif penyeberangan Ketapang-Gilimanuk yang ditetapkan PT ASDP Indonesia untuk motor dibawah 500 cc adalah Rp 27.000 dan Rp 39.000 untuk sepeda motor diatas 500 cc.


Memasuki pulau Bali, rute yang harus diwaspadai yakni rute Negara-Tabanan bukan hanya karena jalurnya berkelok dengan kontur naik turun tapi lebih pada keberadaan truk-truk pengangkut barang yang berjalan sangat lambat.

Setibanya di Bali, selanjutnya riding melintas rute Gilimanuk, Negara, Tabanan, Denpasar


Selanjutnya rute Tabanan-Denpasar, yang kini terasa semakin padat arus lalu lintasnya. Apabila berangkat berombongan dan tanpa pengawalan, sebaiknya jangan memaksakan melaju bersama dalam kelompok besar, akan lebih mudah berjalan terpisah lalu berkumpul kembali di meeting point yang sudah ditentukan sebelum memasuki kota Denpasar.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Surapita Unitrans, Duta Intika