• Editor

Pasang AC Rumahan Merek Gree Pada Camper Van Tak Hanguskan Garansi

AC Gree tetap berlakukan garansi penuh, meski residential AC diaplikasikan ke kendaraan jenis camper van.

Suzuki XL7 Camper Van saat dipamerkan di IIMS 2022 (Foto: SIS)


OTOPLUS-ONLINE I Modifikasi ala camper van semakin menjamur di Tanah Air. Diikuti dengan pengaplikasian air conditioner (AC) di luar standar bawaan kendaraan itu sendiri. Tujuannya untuk mendaptkan hawa dingin bagi penumpang.


Jika melihat beberapa ubahan camper van di Indonesia, banyak yang menggunakan AC rumahan alias residential AC untuk mendapatkan udara dingin dan sejuk yang maksimal.


"Bisa menggunakan residential AC mulai yang 1/2 PK hingga lebih, tergantung kebutuhan camper van tersebut. Asalkan dibuatkan dudukan yang kuat untuk menopang mesin outdoornya," terang Mochtar Chudori, Service Supervisor PT Gree Electric Appliances Indonesia di sela-sela Grand Opening Gree Training Center Surabaya yang berlokasi di Surabaya Branch Office, Jl. Klampis Jaya No. A22-23 Klampis Ngasem, Sukolilo pada Rabu, 29 Juni 2022.


Baca juga: Suzuki XL7 Camper Van, New Carry Surf Truck, dan New Carry Coffee Truck di IIMS 2022


Nah menariknya, jika beberapa merek AC tidak berlaku garansinya apabila digunakan di tempat yang tidak semestinya, justru AC Gree tetap memberlakukan garansi penuh, meskipun residential AC diaplikasikan ke kendaraan jenis camper van.

Gree Indonesia sediakan berbagai pilihan AC rumahan hemat energi dan ramah lingkungan


"Garansi tetap berlaku penuh karena pemasangan AC rumahan di kendaraan jenis camper van masih dianggap normal dan wajar. Lain cerita kalau dipasang di atas kapal laut garansi langsung hangus," terang Chudori.


Baca juga: Mercedes-Benz Tawarkan Mobil Serba Bisa, New Sprinter 415 CDI A3


Garansi dari Gree sendiri adalah kerusakan jika sudah 1 tahun maka akan diganti dengan AC baru. Sementara garansi 5 tahun berlaku untuk sparepart dan servis, hingga 10 tahun garansi ganti kompresor.


Teks: D. Dewantoro

Foto: Dok. Otoplus-Online