• Editor

Pasar Mobkas Premium Surabaya Tak Terpengaruh COVID-19

“Mobil-mobil itu tidak pernah terpajang lama di showroom. Beberapa kali kondisinya, pagi dipajang, sore sudah terjual.” (Reyda - Marcom KK Mobil)

OTOPLUS-ONLINE I Pasar mobil bekas (mobkas) premium di Surabaya rupanya tidak terpengaruh pandemi Covid-19, “Sepanjang pandemi dalam kurun waktu setahun ini penjualan kami stabil per bulannya seperti sebelum pandemi,” kata Reyda, Marcom KK Mobil, showroom mobkas premium di Mayjen Yono Suwoyo No.1, Surabaya.


Serunya rata-rata konsumen melakukan pembayaran secara kontan. “Bulan lalu (Januari) hanya beberapa yang lewat leasing, lainnya cash keras,” tukas lelaki bertubuh besar ini.

  • Segmen mobil hobi seperti Mini ada saja konsumennya

  • Rolls Royce Phantom Coupe

KK Mobil memang fokus menggarap segmen mobkas premium. Mobil-mobil terpajang mayoritas ada di kisaran harga Rp 300 juta - 1 milyar. Bahkan di ruang pamer utama terpajang Rolls Royce Phantom Coupe warna putih. “Kalau yang itu ditawarkan dengan harga Rp 7,5 milyar,” bisik Reyda.

  • Alphard produksi 2016 ke atas salah satu incaran konsumen

Sementara, “Mobil yang paling dicari adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Alphard produksi 2016 ke atas. Mobil-mobil itu tidak pernah terpajang lama di showroom. Beberapa kali kondisinya pagi dipajang, sore sudah terjual,” tutur Reyda yang punya pelanggan sampai ke Solo, Kudus bahkan luar pulau seperti pulau Rote di NTT.

  • Selalu ada permintaan untuk Toyota Camry

Selain Fortuner, Pajero dan Alphard, konsumen juga banyak yang mencari Toyota Camry dan mobil-mobil jenis double cabin. “Permintaan kendaraan double cabin seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton selalu ada,” ucap pria berkepala pelontos ini sambil menunjukkan salah satu double cabin berpelat BG yang siap dipajang.


“Untuk urusan surat-surat, harga yang disepakati sudah atas nama pembeli, jadi konsumen tidak perlu repot mengurus proses balik nama, pokoknya tahu beres,” terangnya.


Sekilas mengintip pasar mobkas reguler Toni penggawang Cahaya Motor di jalan Kertajaya 154 - 156 Surabaya menuturkan, “Selama Covid, di tempat kami permintaan mobkas khususnya model MPV dengan harga di bawah Rp 150 juta paling ramai. Permintaannya masih didominasi merek Toyota seperti Avanza dan Calya disusul Honda Mobilio.”

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto