top of page
  • Gambar penulisEditor

Pastikan Lingkar dalam Helm Lebih dari 1 Cm Sebelum Membelinya

Salah satu tips memilih helm yang tepat dari Yamaha STSJ. Lainnya?



OTOPLUS-ONLINE I PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku distributor sepeda motor dan suku cadang Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara memberikan beberapa tips bagi pengendara dalam memilih helm.


Hal ini penting karena helm adalah salah satu perlengkapan berkendara yang tidak boleh dilewatkan.

Baik ketika berkendara jarak dekat maupun jarak jauh, pengendara wajib menggunakan helm untuk menjaga keselamatan.


Tips yang pertama adalah memperhatikan kualitas helm yang hendak digunakan agar sesuai dengan standar yang telah diterapkan di Indonesia, yakni SNI (Standar Nasional Indonesia).


“Tidak harus mahal dalam memilih helm, yang penting sudah memenuhi standar sesuai dengan anjuran dari pemerintah yaitu SNI. Saat ini juga tidak sulit untuk mencari helm yang sesuai dengan standarnya, bisa ditemui di toko online maupun offline. Pilihannya juga beragam, jadi sudah tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak mengenakan helm ketika berkendara,” komentar William Saputra, Manager Promosi PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).


Berikutnya adalah sesuaikan helm dengan bentuk kepala pengendara. Pastikan lingkar dalam helm lebih dari 1 cm agar penggunaan lebih nyaman.


Ukuran helm yang terlalu besar atau terlalu sempit tentu mengakibatkan ketidaknyamanan ketika helm dikenakan.


Hal ini dapat berpengaruh pada fokus pengendara selama dijalan raya. Pastikan agar helm yang dipilih terasa nyaman dan sirkulasi udara tetap terjaga.


Pilihlah helm yang bisa melindungi seluruh kepala pengendara. Terlebih bagi pengendara dengan hobi touring jarak jauh.


Penggunaan helm full face menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi pengendara selama berada di jalan.


Selain itu, pengendara juga bisa mempertimbangkan penggunaan helm half face apabila digunakan untuk mobilitas sehari-hari.


Untuk menjaga penglihatan selama berkendara, pengendara bisa memilih menggunakan kaca bening untuk berkendara pada malam hari, dan kaca hitam untuk menghalau sinar matahari ketika siang hari.


Pengendara wajib memeriksa kualitas dari tali pengikat pada helm. Hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa helm telah terpasang dengan kuat dan nyaman. Sehingga berkendara lebih aman dan tidak mengganggu.


Tak ada salahnya juga mengonsultasikan helm yang tepat ini dengan para expert atau pakar.


Tips dan trik lainnya dapat dilihat melalui instagram resmi @Yamahafriends.


Teks: Indramawan

Foto: Yamaha STSJ

Comentarios


bottom of page