top of page
  • Gambar penulisEditor

Penyebab Rem Berdecit Saat Hujan

Konsumen wajib memperhatikan kondisi kendaraannya terutama rem terlebih saat musim hujan agar performa tetap maksimal.


OTOPLUS-ONLINE I Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada motor di saat musim hujan adalah rem berbunyi atau berdecit.


Meski tetap pakem, namun bunyi berdecit ini sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.


Oleh karena itu, konsumen wajib mengetahui, apa penyebab rem berdecit saat hujan, dan bagaimana cara mengatasinya.


Menurut Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), konsumen wajib memperhatikan kondisi kendaraannya terlebih saat musim hujan. Perawatan ekstra harus diberikan untuk menunjang performa motor yang maksimal.


"Bagi konsumen yang pernah mengalami kondisi rem motor berdecit seperti ini, tidak perlu panik, karena permasalahan ini dapat diatasi dengan cepat,” ungkap Ilham.


Ia mengatakan, salah satu penyebab bunyi berdecit pada kendaraan adalah penumpukan kotoran yang ada di kampas rem.


Kotoran berupa debu atau pasir yang menempel dapat menyebabkan bunyi decitan ketika motor sedang melewati genangan air.


Oleh karena itu, konsumen wajib untuk membersihkan motor terutama membersihkan kaliper dan piringan cakram pada motor.


Selain itu konsumen juga bisa memberikan menggunakan angin bertekanan atau bensin agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan dengan mudah.


Pengecekan pada bagian kampas rem juga penting dilakukan untuk memastikan, apakah kampas rem dalam kondisi aus atau tidak.


Hal ini dapat dirasakan ketika cengkraman rem sudah tidak kuat seperti sebelumnya. Apabila kondisi tersebut terjadi pada kendaraan konsumen, segera ganti kampas rem dengan yang baru. Sehingga rem berfungsi sesuai dengan sedia kala.


“Hal lainnya yang dapat mempengaruhi bunyi decitan pada kendaraan yaitu cakram tersebut terkena air. Ketika cakram dibersihkan dari kotoran, cakram akan menjadi kesat dan dapat menyebabkan bunyi decit pada kendaraan. Tapi tidak perlu khawatir karena suara ini akan hilang ketika cakram sudah tidak basah lagi,” tambah Ilham.


Konsumen dapat melakukan perawatan sepeda motor kesayangan melalui bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) terdekat dari areanya masing-masing.


Kunjungi website resmi Yamaha www.yamaha-stsj.com untuk informasi lebih lanjut terkait bengkel resmi Yamaha. Konsumen juga bisa menghubungi CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.


Teks: Indramawan

Foto" STSJ

Comments


bottom of page