• Editor

Peringati Hari Pers Nasional, MPM Ajak Jurnalis Menjadi Agent #Cari_Aman


  • Training Safety Riding For Media dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional digelar PT. MPM Distributor di MPM Safety Riding Center Sedati, Sidoarjo (19/02/2020) (Foto: MPM).

Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional pada bulan Februari ini, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT mengadakan pelatihan safety riding untuk jurnalis bertempat di MPM Safety Riding Center Sedati, Sidoarjo (19/02/2020).

  • Vinensia Kenanga selaku Corporate Secretary Head MPM.

Menurut Vinensia Kenanga selaku Corporate Secretary Head MPM, hal ini penting untuk dilakukan karena jurnalis memiliki peran penting dalam menyukseskan kampanye safety riding yang dilakukan MPM sejak 2002 sampai sekarang.

  • Sesi teori dasar ketrampilan diberikan kepada awak media yang hadir (Foto: MPM).

“Dengan tulisannya, Jurnalis mampu menggerakkan hati dan pikiran masyarakat terutama ke arah yang lebih baik. Harapan kami setelah mengikuti pelatihan ini, para jurnalis pengguna sepeda motor senantiasa #Cari_Aman di jalan, dan bisa sekaligus menyuarakan betapa pentingnya berkendara yang aman dan nyaman di jalan baik di publik, tempat kerja maupun keluarga," kata Vinensia.

  • Hari Setiawan, Safety Riding Coordinator PT MPM.

Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian PT MPM terhadap keselamatan berkendara yang terus dibutuhkan mengingat jumlah kecelakaan yang masih tinggi.

  • Data korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Menurut data yang disampaikan PT MPM, setiap jam rata-rata 3 orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia. “Dari jumlah itu, 61% disebabkan oleh faktor manusia, 30% faktor prasarana, dan 6% faktor kendaraan,” tutur Hari Setiawan, Safety Riding Coordinator PT MPM saat memberikan teori dasar ketrampilan kepada awak media yang hadir.

  • Data jumlah sepeda motor yang beredar di Indonesia.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas ini berbanding lurus dengan jumlah sepeda motor yang beredar di Indonesia yang telah mencapai 113.030.793 unit (Data Badan Pusat Statistik).

  • Data kecelakaan berdasarkan usia.

“Paling memprihatinkan karena angka tertinggi kecelakaan lalu lintas adalah di rentang usia 15 – 29 tahun, yang mana merupakan usia produktif,” lanjut Hari Setiawan.

  • Sesi praktik berkendara di Safety Riding Course milik MPM yang ada di Sedati, Sidoarjo.

Setelah sesi teori dasar-dasar ketrampilan diberikan, selanjutnya peserta pelatihan safety riding diajak untuk praktik berkendara. Bertempat di Safety Riding Course milik MPM ini peserta diajarkan teknik berkendara yang meliputi teknik menikung melalui slalom course, pengereman (braking), dan keseimbangan melewati narrow plank (papan titian).

  • Teknik menikung melalui slalom course, pengereman (braking), dan keseimbangan melewati narrow plank (papan titian).

Setelah mengikuti pelatihan safety riding ini, MPM mengajak jurnalis untuk mensosialisasikan safety riding ke masyarakat dengan menjadi Agent #Cari_Aman.

  • Peserta dengan waktu tercepat saat melewati narrow plank menerima hadiah berupa helm.

Agent ini diharapkan secara aktif berperan sebagai penyelenggara kegiatan safety riding di lingkungan sekitar baik itu lingkungan kerja, rumah, maupun lokasi lain seperti sekolah, komunitas dan instansi.

  • Awak media yang hadir (termasuk OTOPLUS-ONLINE) diajak aktif mensosialisasikan safety riding ke masyarakat dengan menjadi Agent #Cari_Aman (Foto: MPM).

“Agent ini kemudian mengangkat sebuah masalah tentang keselamatan berkendara dalam bentuk artikel, dan kemudian memberikan solusi bersama dengan Instruktur Safety Riding pada saat melakukan Edukasi Safety Riding di lingkungan sekitar,” jelas Nur Azizah selaku Corporate Communication MPM.


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan/MPM

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online