• Editor

Peugeot Itu Tak Hanya Mobil


“Dengan pengalaman lebih dari 120 tahun di bidang desain otomotif, Peugeot dapat menciptakan terobosan desain-desain berbasis pengalaman lebih dari ratusan tahun.”

Bagi Peugeot, mobil itu bak karya seni. Selain nyaman dan aman dikendarai sesuai kodratnya, ia juga harus indah untuk dipandang dan dinikmati. Peugeot memiliki keahlian lebih dari 120 tahun mendesain produk otomotif.

  • Desain dasbor Peugeot New 3008 Allure Plus, selain terlihat estetis juga sarat mengedepankan aspek fungsionalitas.

Selain otomotif, pabrikan asal Sochaux ini juga berpengalaman lebih dari 2 abad merancang dan mendesain produk-produk industri seperti perkakas, peralatan kelistrikan, penggiling kopi sampai perahu.

  • Peugeot Design Lab Coffee Grinder offers a modern and practical twist on this classic design.

  • Desain konsep Power Boat yang disodorkan Peugeot Design Lab.

Keahlian industrial Peugeot dalam menciptakan produk-produk di luar sektor otomotif yang mendorong kelahiran Peugeot Design Lab pada 2012.

  • Kereta cepat Bombardier.

“Keahlian Peugeot Design Lab menjadi incaran untuk memunculkan proyek-proyek canggih. Studio ini memiliki kelincahan dan kreatifitas sebuah usaha start-up dan dikombinasikan dengan kekuatan grup PSA yang beranggotakan sekitar 12.000 insinyur dan desainer. Dengan pengalaman lebih dari 120 tahun di bidang desain otomotif, Peugeot dapat menciptakan terobosan desain-desain berbasis pengalaman lebih dari ratusan tahun,” kata Cathal Loughnane, Peugeot Design Lab Manager.

  • Desain stasiun pengisian listrik untuk mobil listrik.

Peugeot Design Lab memiliki jangkauan klien internasional luas dari berbagai sektor berbeda yang mengakses keahlian desain dan industrial dari studio yang bermarkas di Velizy, Perancis ini.

  • Rancangan desain pesawat penumpang untuk Dassault.

Selain dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan klien internal dan eksternal, Peugeot Design Lab juga mengawasi desain produk Peugeot Cycles (sepeda) dan Peugeot Lifestyle (perkakas dan peralatan rumah). Klien mereka di antaranya, PSA, Micro, Dassault Aviation, Alstom, Bombardier, Airbus Helicopters, Expliseat, AirFrance, SEB Groupe, E.Leclerc, Pecqueur, Quechua.


Studio desain bermarkas di Peugeot Design Center Velizy yang berkolaborasi dengan desainer dari studio Peugeot lain di Shanghai, Sao Paolo dan San Francisco sehingga beranggotakan desainer-desainer multikultural.

  • Hasil desain Peugeot Design Lab pada jam tangan Pecqueur Conceptuals dengan konsep lentur dan elegan.

  • Desain grand piano Pleyel di masa depan, buah rancangan Peugeot Design Lab yang terinspirasi kapal layar yang aerodinamis.

  • Bangku pesawat didesain tak hanya ergonomis namun juga kuat dan memiliki durabilitas tinggi karena terbuat dari bahan serat karbon dan titanium.

  • Trem di kota Strasbourg merupakan desain dari Peugeot Design Lab.

  • Helikopter H160 pesanan Airbus juga karya desain Peugeot Design Lab.

Buah rancang desain mereka merambah ke berbagai produk seperti hiasan meja, lampu gantung, koper, jam tangan, perhiasan, pakaian, mainan, piano, jok pesawat, trem sampai helikopter.

  • Peugeot Bistrot du Lion food truck yang didesain khusus untuk Gillardeau Oysters House.

Peugeot Design Lab juga dipercaya untuk mendesain sebuah kabin kapal dari perusahaan jasa transportasi laut mewah Bourbon Mobility. Mereka pernah mendesain sebuah foodtruck yang dinamai “Le Bistrot du Lion” juga mendesain sebuah bagian bar untuk Gillardeau Oyster House.

  • Peugeot juga masih membuat sepeda hingga saat ini.

Saat ini, Peugeot Design Lab dipercaya oleh Le Marquier yang merupakan produsen peralatan memasak mewah di Perancis untuk mendesain produk-produk terbaru mereka.


Keindahan desain produk yang dihasilkan Peugeot Design Lab tampak dari desain Plancha atau mesin panggang unggul pada aspek fungsionalitas namun juga dari segi desain.


Desain ergonomis memberikan sang pengguna Plancha kemudahan dan kenikmatan saat menggunakannya.


Bagian garis yang melengkung pada bibir nampan memberi gambaran seni. Konsep ini menggambarkan aliran air di samudra atlantis, dua buah tuas pengontrol membentuk mempertegas desain yang indah namun fungsional.

  • Plancha (atas-bawah), mesin panggang yang didesain Peugeot Design Lab.

“Kami mendesain dengan bentuk yang menarik, indah, dan feminim dengan hasil yang terlihat modern. Sudut-sudut dan tuas dibuat sedemikian rupa agar memenuhi karakteristik Plancha yang sangat menarik,” ucap Celine Venet. Product Designer Peugeot Design Lab.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Peugeot

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.