• Editor

Pria Belanda Ini Beruntung Miliki Motor Factory Custom Pertama Harley-Davidson


Bennie Haverkort, pemilik Twin Performance di Ommen, Belanda mendapat FX Super Glide 1971. Motor factory custom pertama produksi Harley-Davidson ini didesain sendiri oleh Willie G. Davidson, cucu pendiri pabrikan motor di Milwaukee, USA ini. Bagaimanakah konsep factory custom ini tercetuskan? Simak liputan eksklusif kontributor OTOPLUS-ONLINE, Onno Wieringa.

Di akhir 70-an atau di awal 80-an, Harley-Davidson ingin merespon keinginan pasar akan motor chopper yang semakin populer. Dan saat itu, motor custom beli jadi masih belum ada. Ini menjadi peluang tersendiri bagi Harley-Davidson yang kecolongan di segmen super bike yang telah dibanjiri produk Jepang maupun Inggris.

Dibuat dengan konsep factory custom, komponen Super Glide menggabungkan komponen, seperti fork dan pelek depan 19 inci dari Sportster, serta lampu depan comotan dari Sportster XLH.


Adalah Willie Godfrey Davidson, seorang desainer, putra mantan Presiden Harley-Davidson, William H. Davidson, dan juga cucu dari salah satu pendiri Harley-Davidson, William A. Davidson. Willie G. membidani kelahiran FX Super Glide sebagai motor custom pertama buatan pabrikan di Milwaukee, Amerika Serikat ini, bersama model lain seperti Fat Bob, Low Rider, FXWG Wide Glide dan Sturgis. Semua motor-motor ini menggunakan frame dan mesin yang sama.

Banyak komponen Electra Glide yang dipakai, seperti rangka, mesin 1200cc, transmisi, dan lain-lain.


Menurut cerita, ide membuat factory custom ini muncul secara tidak sengaja. Suatu ketika Willie G. melihat seseorang mengangkut Electra Glide tanpa fork depan lewat pabrik Harley. Tiba-tiba dari arah berlawanan datang seseorang mengendarai Sportster yang tampak sporty, dan mereka hampir saja bertabrakan. Willie G. melihat peristiwa itu, dan langsung muncul di benaknya, Electra Glide dengan memakai fork depan Sportster!

AMF (American Machine and Foundry) sebagai bagian dari H-D saat itu juga adalah manufaktur kereta golf yang terbuat dari polyester, dan untuk mempercepat proses produksi, AMF turut memproduksi komponen bodi dari bahan yang sama. Termasuk fender Boattail.


Perpaduan desain dan saling kanibal komponen menjadi konsep dasar factory custom Harley-Davidson yang pertama ini. Nama "Super" diambil dari Super bike, dan penambahan nama "Glide" berasal dari mesin kapasitas besar 1200cc milik Electra Glides. Sementara kode FX di depan nama Super Glide menunjukkan bahwa motor ini merupakan gabungan desain FLH Electra Glide, dan seri X Sporster seperti XL dan XLH. Namun ada juga yang menyebut, kode FX ini adalah singkatan dari Factory EXperimental.

Paling menarik dari FX Super Glide 1971 adalah dipasangnya sepatbor belakang optional milik Sportster. Meski terkesan aneh, namun dari sinilah kesan custom muncul sangat kuat.


Termasuk ketika Willie G. iseng memasang buritan belakang optional Sportster, berupa sepatbor belakang panjang dari bahan polyester pada FX Super Glide edisi perdana tersebut. Dari sinilah julukan "Boattail" itu muncul.

Fender belakang ‘Boattail’ ini hanya berumur singkat karena bentuknya yang nyeleneh. Satu tahun kemudian, digantikan sepatbor model lain yang lebih standar dan diterima pasar.


Namun demikian, awal kehadiran FX Super Glide 1971 ini tidak diterima oleh pasar. Terutama karena fender belakang yang menyatu sadel dengan lampu bulatnya yang nyeleneh, dan bobotnya sangat berat karena bahan polyester. Namun karena langka, kini komponen ini justru menjadi kebanggan tersendiri bagi pemilik FX Super Glide 1971. Termasuk knalpot, logo No. 1 pada strip tangki, logo Super Glide pada lampu depan, termasuk fork kurus diameter 35 mm yang mengapit rem teromol.

Komponen langka FX Super Glide yang awalnya tidak disuka justru kini banyak dicari,


Namun demikian, Super Glide punya pengaruh kuat di pasaran kala itu, dan itu masih terlihat sampai sekarang. Model Super Glide yang dibuat dari tahun 1970-an sampai 1980-an menjadi ikon dunia motor custom, persis yang diharapkan Harley-Davidson.

FX Super Glide 1971 memberikan pengaruh yang kuat akan munculnya fashion, gaya hidup dan movement budaya custom.


Sejak saat itu, motor custom menjadi seperti fashion. Banyak movement bermunculan di mana-mana, seperti gaya Retro dan Bobber, yang menjadi sangat ngetren saat itu terutama di Eropa. Nama Willie G langsung bersinar terang. Dia kemudian dipromosikan memegang peranan penting, terutama dalam hal desain, yakni sebagai Vice President of Styling di Harley-Davidson Motor Company tahun 1978.

Diperkenalkan pertama kali akhir 1970, seri FX Super Glide diproduksi 4.700 unit hanya pada tahun ketika muncul dengan fender boattail tahun 1971.


Dan siapa sangka kalau ternyata awalnya nama resmi yang diberikan H-D pada Super Glide ini adalah Night Train, sebelum julukan Boattail diberikan? Yang jelas, nama Night Train ini tidak jadi dipakai saat itu tanpa alasan yang jelas. Tapi beberapa tahun kemudian justru dipakai untuk nama line up model Softail!


H-D FX "Boattail" Super Glide 1971 Bennie Haverkort

FX "Boattail" Super Glide 1971 milik Bennie Haverkort, pemilik Twin Performance di Ommen, Belanda.


Adalah pasutri pecinta Harley klasik, Bennie Haverkort dan istrinya, Ella yang beruntung bisa mendapatkan Super Glide 1971 dari teman yang ada di Belgia. Memang ketika kita lihat dari dekat, motor ini tidak 100% orisinal.

Crankcase menggunakan Super Glide 1974 yang sudah dilengkapi electric starter (atas). Meskipun demikian, nomor mesin masih asli bawaan motor (bawah).


Crankcase misalnya, memang tidak terlalu tampak, tapi sudah diganti meskipun masih tetap mempertahankan nomor mesin aslinya. Crankcase pengganti ini kemudian ditandai oleh H-D di bagian kiri, bukannya di sebelah kanan depan. Muncul dugaan, penggantian ini dilakukan karena pemilik lama ingin memasang electric starter yang muncul pada Super Glide edisi 1974.

Cover aki tidak orisinal lagi.


Begitu juga dengan cover aki, dan beberapa komponen yang sudah usang seperti aki, ban dan lainnya, sudah diganti baru, dan ini lumrah dilakukan.


Teks & Foto: Onno “Berserk” Wieringa (madnessphotography.nl)

Spesifikasi

Model: H-D Super Glide 1200 FX 1971

Pemilik: Bennie Haverkort (Twin Performance Ommen)

Mesin: Shovelhead 1200 cc

Bendix carburettor with oval air filter

Knalpot: 2: 1 exhaust system

Pelek: 19 inci (depan), 16 inci (belakang)

Fork depan: Hydraulic XLH front fork

Tangki: Fat Bob kapasitas 3.5 gallon

Display: Electra Glide dashboard &counter

Sepatbor belakang: Boattail rear fender / saddle combination


© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.